86 / 100

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat ke Malaysia?

Meskipun lockdown di Malaysia diperpanjang hingga batas waktu yang tidak ditentukan (Wacana Diperpanjang sampai 31 Maret 2021 atau 31 Agustus 2021), Saat ini pasien dari Indonesia sudah bisa berobat ke Malaysia dengan mengikuti Syarat & Ketentuan yang telah diatur oleh Pemerintah Malaysia.

Hubungi Tim Perwakilan kami untuk info lebih lanjut.

Apa saat ini sudah bisa berobat ke Malaysia?

Syarat & Ketentuan Berobat ke Malaysia

Saat ini berobat ke Malaysia memang sudah bisa dilakukan oleh pasien dari Indonesia, namun ada Syarat dan Ketentuan Khusus yang harus dipatuhi.

Jika Anda memiliki rencana berobat ke Malaysia, Silahkan menghubungi tim perwakilan kami dan mengirimkan hasil medis ter-update untuk pengurusan ijin masuk berobat ke Malaysia. 

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 1

Kondisi Pasien

Ada 2 kondisi pasien yang diijinkan. Pertama pasien kondisi kritis & butuh penanganan darurat seperti operasi. Kedua, Pasien yang mendapatkan pengobatan di Malaysia tahun lalu dan harus meneruskannya tahun ini. Contoh penyakit jantung dan kanker.

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 2

Ijin Masuk Berobat ke Malaysia (MHTC)

Pasien dari Indonesia perlu mengirimkan hasil medis ter-update dan surat permohonan berobat ke Malaysia (untuk Rumah Sakit) pada Perwakilan kami untuk mendapatkan persetujuan dari MHTC.

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 3

Transportasi Berobat Ke Malaysia

Dengan hasil PCR Negatif, pasien & pendamping dapat memasuki Malaysia hanya dengan 2 pilihan transportasi. Pertama air ambulance /jet charter/charter flight (biaya start RM 12.000 USD bergantung posisi penjemputan) dan kedua via private/charter ferry jalur laut tujuan Batam-Johor Bahru atau Dumai-Melaka (Biaya start Rp 16,5 Juta bergantung posisi keberangkatan & tipe sharing kapal).

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 4

Pendamping Pasien

Hanya 1 Pendamping yang diperkenankan untuk pasien dewasa. Untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun (Kasus Pediatrik), diperbolehkan maksimal 2 pendamping.

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 5

Melakukan PCR Covid-19

Setelah mendapatkan perijinan dari MHTC, pasien & pendamping perlu melakukan PCR 3 hari sebelum berobat ke Malaysia. Total ada 3x PCR yakni:

  • 3 Hari sebelum berangkat ke Malaysia (di Indonesia)
  • Setiba di Rumah Sakit Malaysia
  • Hari ke-13 di Rumah Sakit Malaysia
Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 6

Karantina & Deposit

Pasien & Pendamping harus diisolasi 7-14 hari di RS Malaysia yang dituju. Jika hasil PCR negatif sewaktu tiba di RS, dalam 2-3 hari kedepan pasien sudah dapat perawatan hanya saja tak boleh keluar RS. Ada 3 deposit yang harus dibayarkan sebelum memasuki Malaysia pertama deposit karantina (RM 10.000), kedua deposit rawatan (bergantung tindakan medis yang akan dilakukan), dan ketiga biaya transportasi.

Telekonsultasi dengan Dokter Terbaik Malaysia sebelum berobat ke Malaysia

Telekonsultasi Sebelum Berobat ke Malaysia

Sebelum berobat ke Malaysia, Anda bisa melakukan Telekonsultasi Berbayar dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia untuk mendapatkan second opinion yang independen dan terpecaya. Anda bisa mendapatkan saranan medis mengenai tindakan medis apa nantinya yang akan dilakukan saat berobat ke Malaysia , berapa biaya yang diperlukan, apakah kondisi pasien memungkinkan untuk terbang atau naik kapal ke Malaysia, dan masih banyak lagi.

Berobat ke Malaysia via Air Ambulance/Charter Flight/Jet Charter

Salah satu transportasi yang diijinkan memasuki Malaysia untuk keperluan berobat adalah  air ambulance, jet charter, ataupun charter flight.

Sebagai Perwakilan Resmi Rumah Sakit Malaysia, kami dapat membantu Anda untuk pengurusan atau koordinasi evakuasi medis (medivac) untuk berobat ke Malaysia seperti air ambulance, jet charter, ataupun charter flight yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pasien. 

Silahkan hubungi tim kami disini untuk informasi detail mengenai rate harganya.

 

Saat ini berobat ke Malaysia bisa via Jet Charter dengan Harga hemat & Terjangkau
Berobat ke Malaysia sudah bisa pakai Ferry

Berobat ke Malaysia via Private/Charter Ferry (Jalur Laut)

Transportasi kedua yang diijinkan memasuki Malaysia untuk keperluan berobat adalah private atau charter Ferry (jalur laut) dengan tujuan Batam – Johor Bahru dan Dumai – Melaka.

Untuk saat ini, lebih direkomendasikan untuk mengambil opsi charter Ferry dengan tujuan Batam – Johor Bahru dikarenakan harga yang lebih hemat dan terjangkau, Namun tentunya syarat dan ketentuan khusus diatas harus tetap diikuti.

Tim Perwakilan kami juga akan membantu untuk pengurusan atau koordinasi charter Ferry, sehingga pasien tidak perlu direpotkan dan tinggal berangkat saja tanpa harus mengurus soal transportasi ataupun masalah administrasi lainnya. 

Untuk detail harga charter Ferry bisa diakses disini atau Anda bisa menghubungi tim perwakilan kami via WhatsApp.

Biaya Berobat ke Malaysia Saat Ini

Rincian biaya saat ini jika akan berobat ke Malaysia, yakni :

  • Biaya Karantina untuk 1 pasien & 1 pendamping adalah RM 10.000
  • Deposit rawatan medis di Rumah Sakit Malaysia, biaya bergantung kondisi dan tindakan medis yang dibutuhkan pasien. Nominal deposit rawatan medis akan keluar setelah pasien mendapatkan perijinan berobat ke Malaysia dari pihak MHTC
  • Biaya transportasi. Untuk jet charter start RM 12.000 USD (bergantung posisi penjemputan & perlengkapan medis yang diperlukan), sedangkan untuk ferry charter start di Rp 16,5 Juta (Bergantung posisi keberangkatan dan tipe sharing)

Biaya diatas dibayarkan H-1 sebelum keberangkatan ke Malaysia

Biaya Berobat ke Malaysia Saat ini

FAQ

Banyak pertanyaan yang masuk ke dalam sistem kami mengenai “Apa sudah bisa berobat ke Malaysia Saat ini?”

Berikut kami rangkum pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan pasien ataupun calon pasiem yang akan berobat ke Malaysia

Apa saat ini sudah bisa berobat ke Malaysia?

Saat ini sudah bisa berobat ke Malaysia dengan mematuhi syarat dan ketentuan khusus yang ditetapkan Pemerintah Malaysia. 

Silahkan hubungi tim kami untuk informasi lebih detailnya

Saya Berencana Berobat ke Malaysia, Apa yg Harus Saya lakukan lebih dulu?

Anda bisa mengirimkan hasil medis ter-update kepada tim perwakilan kami untuk pengurusan ijin MHTC. Jika case  disetujui pasien bisa berangkat untuk berobat ke Malaysia

Berapa lama pengurusan Ijin Berobat ke Malaysia (MHTC)?

Pengurusan ijin berobat ke Malaysia (MHTC) membutuhkan waktu 5-7 hari kerja (hari sabtu, minggu, dan libur Nasional Malaysia tidak dihitung)

Apa sudah bisa menggunakan Pesawat Komersial untuk berobat ke Malaysia?

Masih belum bisa. Saat ini hanya ada 2 transportasi yang diijinkan memasuki Malaysia untuk keperluan berobat. Pertama air ambulance/charter flight/jet charter. Kedua via private/charter ferry (jalur laut).

Apa Saya Harus Karantina 7-14 hari Setiba di Rumah Sakit Malaysia?

Pasien & pendamping harus menjalani karantina minimal 7 hari di Rumah Sakit. Setiba di Rumah Sakit Malaysia pasien & pendamping akan menjalani PCR Covid-19. Jika hasil negatif, dalam waktu 2-3 hari kedepan, pasien sudah bisa mendapatkan rawatan medis, hanya saja tidak boleh ke luar area Rumah Sakit selama kurun waktu karantina.

Jika Rawatan Medis saya sudah selesai sebelum 7 atau 14 hari, apa sudah bisa pulang ke Indonesia?

Pasien & pendamping tetap harus menyelesaikan karantina selama 7-14 hari di Rumah Sakit. 

Jika rawatan medis pasien lebih dari 7 atau 14 hari, pasien & pendamping boleh untuk tinggal di area apartemen atau hotel dekat Rumah Sakit.

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 5

Gratis Pengurusan Ijin Berobat Ke Malaysia

Di tengah situasi pandemi Covid-19, komitmen kami masih sama untuk tetap memberikan kemudahan bagi pasien yang akan berobat ke Malaysia, Salah satunya adalah membantu pengurusan ijin berobat ke Malaysia (MHTC) secara GRATIS

Apa Saat Ini Sudah Bisa Berobat Ke Malaysia? 1

Pengurusan Transportasi Berobat ke Malaysia

Sebagai perwakilan resmi Rumah Sakit Malaysia, kami juga membantu menyediakan layanan evakuasi medis untuk kondisi urgent maupun tidak urgent menggunakan air ambulance, charter flight, jet charter, dan private atau charter ferry dengan harga hemat dan terjangkau.

Berencana Berobat Ke Malaysia?

Hubungi tim perwakilan kami untuk perjalanan wisata medis ke Malaysia yang lebih mudah!

Konsultasi Sekarang!