Tahukah Anda kalau bagian pinggang yang menyatu dengan tulang belakang bawah melakukan pekerjaan yang sangat berat. Selama sehari penuh, area ini menerima berat bagian atas tubuh yang sangat besar.

Karena sering menerima tekanan yang besar, risiko mengalami gangguan seperti terasa nyeri juga besar. Bahkan, cedera dan infeksi juga bisa terjadi dan membuat kondisi semakin parah.

Dari berbagai nyeri di pinggang yang muncul, umumnya area sebelah kanan bawah sering nyeri. Nah, kira-kira apa saja penyebab nyeri di pinggang bawah? Apakah ada yang kronis sehingga butuh penanganan sesegera mungkin.

Penyebab Nyeri di Pinggang Sebelah Kanan

Nyeri di pinggang sebelah kanan bisa disebabkan oleh banyak kondisi medis mulai yang ringan sampai yang berbahaya. Berikut beberapa penyebab yang harus benar-benar diperhatikan.

1. Aktivitas yang berat

Aktivitas yang berat juga bisa menyebabkan gangguan di pinggang bagian bawah khususnya sebelah kanan. Maksud dari aktivitas yang berat ini adalah bekerja di sawah, mengangkat benda yang berat, dan menggendong sesuatu yang besar.

Kondisi ini menyebabkan perasaan sakit di punggung karena otot akan tertarik dan mengalami kerusakan. Ligamen di sekitar tangan dan tulang belakang juga bisa mengalami robek.

2. Penyempitan ruang tulang belakang

Tulang belakang memiliki ruangan di bagian dalamnya. Ruangan ini digunakan untuk melindungi sumsum, pembuluh darah, dan jaringan saraf. Kalau bagian itu mengalami penyempitan, rasa nyeri yang intens bisa terjadi.

Tekanan yang besar bisa memicu inflamasi dan juga kekakuan. Nyeri di tulang belakang ini biasanya menyebar ke salah satu pinggang, semua pinggang, bokong, sampai menjalar ke kaki.

3. Gangguan ginjal

Nyeri di pinggang bawah baik sebelah kanan atau kiri ada hubungan dengan gangguan yang terjadi di ginjal. Kalau ginjal mengalami infeksi, rasa nyerinya akan menjalar sampai ke pinggang.

Selain infeksi yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih berulang, batu ginjal juga bisa memicu masalah. Batu ginjal akan menyumbat saluran air ke kandung kemih dan menyebabkan nyeri di sekitar pinggang.

4. Infeksi usus buntu

Kalau sering mengalami nyeri di perut bagian kanan dan juga gangguan pencernaan lain seperti diare. Kemungkinan besar bisa disebabkan oleh infeksi yang terjadi di usus buntu atau appendix.

Infeksi ini membuat usus buntu mengalami peradangan dan bisa menyebar ke organ lain yang ada di dekatnya. Biasanya prosedur operasi dibutuhkan kalau kondisi peradangan semakin parah.

5. Kolitis ulseratif

Kondisi ini menyebabkan gangguan di lapisan usus besar. Lapisan ini biasanya mengalami luka, bernanah, dan kadang mengalami perdarahan. Kondisi ini menyebabkan nyeri di salah satu bagian pinggang.

6. Endometriosis

Endometriosis adalah munculnya sel abnormal endometrium ke jaringan di luar rahim. Misal tumbuh di serviks, tuba falopi, sampai ke ovarium. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri hebat di pinggang.

Nyeri yang terjadi bisa terjadi kapan saja atau saat akan mendekati waktu menstruasi. Darah yang keluar jadi lebih banyak sehingga wanita semakin lemas dan kadang mengalami mual muntah.

7. Miom

Miom sering disebut tumor rahim atau uterine fibroid. Sel ini tidak menyebabkan kanker meski ukurannya bisa sangat besar. Meski demikian, miom bisa menyebabkan perdarahan dan juga kesulitan mendapatkan keturunan.

Gejala lain yang bisa terjadi adalah nyeri di pinggang bagian bawah baik kiri, kanan, atau merata. Kaki sering nyeri, sembelit, sampai ada tekanan di bawah perut yang memicu wanita mudah buang air kecil.

8. Penyakit peradangan panggul

Peradangan yang terjadi di panggul biasanya muncul akibat infeksi penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia. Saat penyakit ini menular, kemungkinan besar patogennya bisa menyebar sampai ke rahim, ovarium, atau tuba falopi.

Wanita dengan gangguan ini biasanya juga mengalami demam, menggigil, mual muntah, nyeri saat berhubungan badan, dan keluar cairan abnormal dari vagina. Nyeri di perut bawah yang menjalar ke pinggang juga kerap terjadi.

9. Efek dari hamil

Wanita yang sedang hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat cepat. Kondisi ini memicu fungsi dari tulang di pinggang untuk menyangga jadi turun. Dampaknya rasa sakit akan semakin terjadi.

Belum lagi ada tekanan dari janin yang terus membesar di bawah perut. Kondisi inilah yang membuat wanita kadang sulit untuk berdiri cukup lama. Bahkan tidur atau duduk pun harus diberi ganjalan.

10. Torsio testis

Testis yang dimiliki oleh pria memiliki saluran untuk menyalurkan sperma dan juga arus lalu-lintas darah. Kalau seorang pria mengalami torsio testis, saluran akan berputar-putar dan menyebabkan penyumbatan pembuluh.

Penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah ini bisa menyebabkan organ mengalami mati. Selain itu, rasa nyeri yang terjadi tidak hanya berada di selangkangan saja, tapi bisa menjalar sampai ke pinggang kanan atau kiri.

Kapan Harus Memeriksakan Diri ke Dokter?

Nyeri di pinggang bagian kanan bawah bisa disebabkan oleh banyak hal seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kalau dengan obat pereda nyeri ringan dan kompres sakitnya hilang, artinya tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, kalau beberapa kondisi di bawah ini sudah muncul, ada baiknya segera menghubungi dokter.

  • Rasa nyeri yang terjadi semakin intens dan tidak bisa diatasi dengan mudah. Kalau sudah sembuh akan muncul lagi dengan rasa yang sangat kuat. Kondisi ini bisa membuat penderita sulit melakukan aktivitas harian.
  • Otot di bagian punggung mengalami kram dan kaku sehingga sulit dipakai untuk berjalan dan aktivitas yang membutuhkan tenaga besar.
  • Mengalami mual, demam, dan kadang terasa ingin muntah. Pada kondisi yang parah bisa mengalami diare.
  • Muncul darah di urine dan saat berkemih terasa sangat mengganggu.
  • Tubuh terasa lemas setiap hari sehingga tidak bisa melakukan aktivitas apa pun.

***

Gangguan yang terjadi di pinggang bawah sebelah kanan bisa disebabkan oleh masalah tulang belakang, saluran cerna, dan masalah ginjal.

Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, pemeriksaan harus dilakukan sesegera mungkin. Dengan pemeriksaan yang tepat, pemicu dari nyeri bisa diketahui dengan jelas.

Dr Koh Eng Thye merupakan Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre Melaka, Malaysia

Beliau menyelesaikan Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah di Universitas Mangalore, India dan spesialisasi di National University Of Singapore.

Dr Koh Eng Thye

Spesialis Urologi

Dr Cheng Kok Hong, Michael merupakan Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre Melaka, Malaysia

Beliau menyelesaikan Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah di Universitas Mangalore, India dan spesialisasi di National University Of Singapore.

Dr Cheng Kok Hong, Michael

Spesialis Urologi

Dr Koh Joo Lee merupakan Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre Melaka, Malaysia

Beliau menyelesaikan Sarjana Kedokteran di National Yang Ming University & pendidikan spesialisasi di Chi Mei Medical Center, Taiwan.

Dr Koh Joo Lee

Spesialis Urologi

Dr Han Pei Kwong merupakan Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre Melaka, Malaysia

Beliau menyelesaikan Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah di University of Malaya & pendidikan spesialisasi di Geelong Hospital, Victoria, Australia.

Dr Han Pei Kwong

Spesialis Urologi

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!