Gejala, Diagnosis, & Pengobatan di Malaysia

Kanker Payudara

informasi

Apa Itu Kanker Payudara?

Kanker payudara  terjadi ketika sel-sel di lobulus atau saluran menjadi abnormal dan membelah tak terkendali; Sel-sel ini kemudian menyerang jaringan payudara di sekitarnya dan akhirnya menyebar melalui pembuluh darah dan saluran limfatik ke kelenjar getah bening, paru-paru, tulang, otak, dan liver.

kanker payudara

Penyebab Kanker Payudara

  • Usia – Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita berusia 50 tahun ke atas rentan terkena kanker payudara.
  • Mutasi Genetik – Wanita yang mewarisi perubahan gen tertentu, seperti BRCA1 dan BRCA2, memiliki risiko lebih tinggi.
  • Riwayat Reproduksi – Periode menstruasi dini sebelum usia 12 tahun dan menopause setelah usia 55 tahun membuat wanita terpapar hormon lebih lama, yang mengarah pada risiko kanker payudara yang lebih besar.
  • Riwayat Pribadi Kanker Payudara atau Penyakit Payudara Non-kanker Tertentu – Wanita yang pernah menderita kanker payudara kemungkinan besar akan mengalami kekambuhan. Penyakit payudara non-kanker seperti hiperplasia atipikal atau karsinoma lobular in situ, juga berisiko lebih tinggi.
  • Riwayat Keluarga Kanker Payudara – Jika ibu, saudara perempuan, atau anak perempuan (kerabat tingkat pertama) atau banyak anggota keluarga baik dari pihak ibu atau ayah dari keluarga yang pernah menderita kanker payudara berada di resiko yang lebih besar.

 

Faktor Resiko Yang Dapat Anda Ubah Adalah :

  • Tidak Aktif Secara Fisik – Wanita yang tidak aktif secara fisik memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.
  • Kegemukan atau Obesitas Setelah Menopause – Wanita lebih tua yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan rata-rata.
  • Mengambil Hormon – Bentuk terapi penggantian hormon tertentu yang dilakukan selama menopause dapat meningkatkan risiko kanker payudara jika dilakukan lebih dari lima tahun.
  • Riwayat Reproduksi – Memiliki kehamilan pertama setelah usia 30 tahun, tidak menyusui, dan tidak pernah hamil  dapat meningkatkan faktor risiko kanker payudara.
  • Konsumsi alkohol – Risiko wanita terkena kanker payudara meningkat dengan konsumsi alkohol.

Bagaimana Gejala Kanker Payudara?

Gejala kanker payudara tidak pernah sama di antara wanita. Beberapa mungkin tidak menunjukkan tanda atau gejala sama sekali. Tanda-tanda peringatan umum kanker payudara adalah:

  • Benjolan baru di payudara atau ketiak
  • Iritasi atau lesung pipi pada kulit payudara
  • Kemerahan atau kulit terkelupas di area puting atau payudara
  • Nyeri di area puting
  • Keluarnya cairan dari puting selain ASI, termasuk darah

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Payudara?

Pengobatan kanker payudara di Malaysia

Tujuan pemeriksaan adalah untuk deteksi dini kanker payudara. Deteksi dini berarti menerapkan strategi yang menghasilkan diagnosis dan pengobatan kanker payudara. Kanker payudara yang terdeteksi karena gejala yang timbul cenderung relatif lebih luas dan mungkin telah menyebar ke luar payudara, sedangkan kanker payudara yang ditemukan selama pemeriksaan cenderung berukuran kecil dan terbatas pada payudara.

Menjadi sadar pentingnya kesehatan adalah kunci untuk mengalahkan kanker payudara, dan deteksi dini kanker payudara meliputi pemeriksaan payudara sendiri dan skrining mammogram.

Wanita di atas usia 40 tahun harus berkonsultasi dengan dokter tentang kapan harus memulai dan seberapa sering mereka harus mendapatkan mammogram.

 

Pengobatan Kanker Payudara Di Malaysia

Pilihan pengobatan tergantung pada jenis kanker, stadium, grade, penanda genetik, kesehatan pasien secara keseluruhan, adanya mutasi dan status menopause pasien.

  • Pembedahan: Pembedahan adalah pilihan yang baik untuk kanker payudara stadium kecil dan awal. Pilihan bedah termasuk lumpektomi, yang merupakan pengangkatan kanker bersama dengan jaringan sehat kecil bebas kanker di sekitarnya atau mastektomi di mana seluruh payudara diangkat. Biopsi atau diseksi kelenjar getah bening juga dilakukan bersamaan dengan pembedahan untuk mengetahui penyebaran kanker dan rencana tindakan lebih lanjut. Setelah mastektomi, operasi rekonstruktif dilakukan untuk membuat bentuk payudara.
  • Radioterapi: Radioterapi menggunakan sinar-x energi tinggi atau partikel lain untuk membunuh sel kanker. Ini dapat diberikan sebelum atau sesudah operasi dan diberikan dalam siklus selama beberapa minggu.
  • Kemoterapi: Kemoterapi menggunakan obat-obatan kuat yang membantu menghancurkan sel-sel kanker. Ini diberikan dalam siklus selama beberapa minggu dan biasanya melibatkan kombinasi dua atau lebih obat.
  • Terapi hormonal atau terapi endokrin: Sangat membantu dalam kasus kanker payudara yang positif untuk reseptor estrogen atau progesteron. Terapi hormonal digunakan untuk kanker payudara stadium awal dan metastatik.
Pengobatan Kanker Payudara Di Malaysia 1

Teknologi Update Pengobatan Kanker Paru-Paru Di Malaysia

Mendiagnosis dan mengobati kanker adalah urusan yang rumit. Itulah mengapa Rumah Sakit di Malaysia menawarkan perawatan medis dengan teknologi ter-update seperti skrining awal, diagnostik presisi, dan perawatan yang menjanjikan untuk pengobatan kanker

Rumah Sakit Kanker Terbaik Malaysia

Mahkota Medical Centre

Didirikan pada tahun 1994, Mahkota Medical Centre (“Mahkota”) merupakan Rumah Sakit Terbaik di Malaysia dan di Melaka yang menyediakan pusat rawatan medis lengkap dan menyeluruh (tak terkecuali untuk rawatan kanker) serta berkualitas internasional dengan biaya yang sangat terjangkau.

Mahkota Medical Centre

Dokter Kanker Payudara Di Malaysia

Pilihan Dokter Kanker Terbaik

Buat Temu Janji Konsultasi Gratis

Dapatkan pengobatan yang tepat untuk diagnosis yang tepat pada waktu yang tepat. Saatnya mengalahkan kanker! Mulailah perjalanan kanker Anda bersama MahkotaRegency.id di Rumah Sakit Terbaik Malaysia.

Kini Tersedia layanan Telekonsultasi Berbayar dengan dokter spesialis terbaik di Malaysia

Tinggalkan Balasan