Image Guided Radiation Theraphy (IGRT) – Terapi Radiasi Kanker (Onkologi)

Apa itu Image Guided Radiation Theraphy (IGRT) ?

IGRT atau Image Guided Radiation Therapy, merupakan the next step dalam terapi radiasi pengobatan kanker, yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi penempatan medan radiasi dan menurunkan dosis radiasi ke jaringan kecil.

IGRT merupakan salah satu bentuk terapi radiasi kanker yang paling canggih, dimana IGRT dapat meminimalisir efek samping dan meningkatkan hasil pengobatan/ kesembuhan kanker.

Image Guided Radiation Theraphy (IGRT) - Terapi Radiasi Kanker (Onkologi) 1

Bagaimana Cara Kerja Image Guided radiation Theraphy (IGRT) ?

Sebelum pancaran radiasi IGRT diaktifkan, dokter spesialis radioterapi & onkologi, akan menggunakan alat pencitraan untuk menentukan lokasi tumor secara tepat. Pencitraan memungkinkan bidang radiasi yang lebih kecil dicapai, memaksimalkan radiasi ke tumor dan meminimalkan kerusakan radiasi pada jaringan normal.

Keuntungan utama dari IGRT adalah ketepatannya dalam penyinaran radiasi ke sel tumor / kanker. Hal ini memungkinkan untuk :

  • Menggunakan dosis radiasi yang lebih tinggi untuk membunuh kanker
  • Menhindari kerusakan pada jaringan sehat
  • Meminimalkan efek samping radiasi

Berapa Banyak Rawatan Kanker Yang Dibutuhkan Menggunakan IGRT ?

Terapi radiasi menggunakan IGRT membutuhkan beberapa sesi. Biasanya, Anda akan menjalani IGRT lima kali seminggu selama beberapa minggu ke depan. Jumlah total perawatan yang Anda terima bergantung pada beberapa faktor, diantaranya jenis kanker yang Anda derita dan ukuran serta lokasi tumor.

IGRT sering digunakan untuk tumor yang terletak dekat dengan struktur dan organ sensitif di dalam tubuh. Terapi radiasi menggunakan IGRT juga berguna untuk tumor yang cenderung berpindah selama pengobatan atau di antara perawatan, seperti tumor paru-paru, yang dapat dipengaruhi oleh pernapasan.

Jenis Kanker Apa Saja Yang Bisa Diobati Menggunakan IGRT ?

IGRT paling sering digunakan untuk mengobati kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker otak, kanker tulang belakang, kanker kandung kemih, kanker kerongkongan, kanker hati, dan kanker tulang, serta untuk limfoma.

Kabar baiknya, Rumah Sakit Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia menyediakan layanan terapi radiasi menggunakan IGRT.

Dokter spesialis onkologi & radioterapi Mahkota Medical Centre sangat berpengalaman dalam menggunakan teknologi pencitraan untuk menargetkan jaringan yang mengandung sel kanker dengan lebih tepat dan aman dan menghindari kerusakan jaringan yang sehat.

Hal ini sebagai upaya dari Mahkota Medical Centre untuk memberikan perawatan seakurat mungkin kepada setiap pasien dan menawarkan hasil terbaik untuk mempercepat tingkat kesembuhan.

Biaya terapi radiasi kanker menggunakan IGRT di RS Malaysia bergantung dari jenis kanker, pemeriksaan, dan rawatan medis lanjutan yang dibutuhkan oleh pasien.

Untuk konsultasi awal dengan dokter onkologi/kanker di RS Malaysia umumnya berkisar antara RM 100 – 300 atau sekitar Rp 350 ribu – 1 jutaan, biaya konsultasi tesebut belum termasuk biaya pemeriksaan/skrining penunjang dan biaya rawatan medis.

Untuk informasi detail mengenai estimasi biaya pengobatan kanker di Malaysia, silahkan hubungi kami disini

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

This Post Has One Comment

Comments are closed.