4 Penyebab PCOS yang Sering Terjadi pada Wanita

Penyebab PCOS atau Polycystic ovary syndrome hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas. Namun, beberapa kondisi kesehatan berpengaruh besar pada gangguan hormonal pada wanita.

Gangguan ini menyebabkan fungsi ovarium tidak bisa berjalan dengan baik sehingga ovulasi jarang atau tidak bisa terjadi.

Penyebab PCOS pada Wanita

Mengenali penyebab PCOS sejak dini akan membantu seorang wanita mendapatkan perawatan yang tepat.

Dengan begitu, peluang mendapatkan keturunan akan besar dan wanita tidak mengalami masalah kesehatan lainnya.

1. Produksi Insulin yang Berlebihan

 Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengizinkan sel tubuh menggunakan gula darah sebagai energi.  Kalau tubuh mengalami resistensi insulin, gula darah akan meningkat dengan cepat. Efeknya, produksi insulin di dalam tubuh ikut meningkat dengan cepat.

Naiknya insulin secara berlebihan di dalam tubuh bisa memicu kondisi diabetes. Selain itu, hormon androgen juga ikut naik. Wanita yang kadar androgennya naik akan memiliki siklus menstruasi yang kacau. Ovulasi akan sulit terjadi, meski sel telur di ovarium jumlahnya banyak.

2. Mengalami Inflamasi

Seorang wanita yang memiliki PCOS biasanya ada gangguan inflamasi pada tubuhnya. Inflamasi dalam tingkatan rendah ini terlihat dari banyaknya sel darah putih diproduksi dan memicu kondisi panas pada tubuh.

Inflamasi rendah menstimulasi tubuh menghasilkan androgen. Seperti yang dikatakan sebelumnya, androgen membuat ovulasi mengalami gangguan. Selain itu, inflamasi ini memicu masalah pada jantung dan juga pembuluh darah.

3. Keturunan

Beberapa riset mengatakan kalau keturunan atau hereditas juga memegang kunci seorang wanita mengalami PCOS atau tidak. Kondisi ini muncul karena ada beberapa gen yang membawa kelainan dan diturunkan ke beberapa wanita.

Gen ini bisa dominan atau resesif. Jadi, bisa saja seorang wanita memiliki gen ini tapi tetap bisa hamil dan tidak mengalami masalah dengan siklus menstruasinya.

4. Kelebihan Androgen

Pada kondisi tertentu, ovarium mampu menghasilkan banyak androgen dengan sendirinya. Kelebihan androgen ini tanpa disertai masalah lain seperti kelebihan insulin atau adanya inflamasi ringan di tubuh. Gejala ringan biasanya muncul dan tidak berpengaruh besar pada fungsi tubuh.

Tanda PCOS yang Mudah Dikenali

Tidak semua wanita sadar kalau tubuhnya mengalami kelainan hormonal yang memicu PCOS. Oleh karena itu, kenali tanda di bawah ini agar bisa waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut tanda umum PCOS.

  • Mengalami gangguan menstruasi. Normalnya, seorang wanita mengalami menstruasi setiap 28-35 hari sekali. Namun, kalau mengalami PCOS, siklus menstruasinya bisa lebih dari 35 hari sekali atau 8-9 kali saja dalam setahun.
  • Muncul gejala fisik yang identik sekali dengan pria. Gejala itu bisa dalam bentuk rambut halus di sekitar wajah sampai mengalami kebotakan.
  • Ditemukan banyak kantong atau kista di dalam sel telur. Kantung atau kista ini menyebabkan sel telur tidak bisa matang dan akhirnya dilepas ke tuba falopi. Beberapa sel telur sudah mati sebelum matang sempurna.
  • Muncul banyak jerawat di wajah. Jerawat ini agak sulit untuk diatasi meski menggunakan obat apa pun karena jenisnya jerawat hormonal.
  • Wanita yang mengalami PCOS juga cenderung memiliki kulit yang gelap. Bagian kulit yang gelap akan muncul di lipatan tubuh baik itu di kaki, tangan, leher, selangkangan, sampai di bawah payudara.

Memahami penyebab PCOS dan tanya sangat penting untuk wanita. Apalagi mereka masih dalam masa subur dan berkeinginan untuk mendapatkan keturunan.

Jadi, saat terdeteksi ada gangguan, penanganan dini bisa dilakukan.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan