Kanker serviks adalah kanker kedua yang paling umum terjadi pada wanita setelah payudara. Kanker ini menginfeksi banyak wanita di seluruh dunia.

Bahkan, dalam satu tahun ada sekitar 20 ribu wanita meninggal akibat kondisi ini.

Mengingat belum ada obat dari kanker yang mampu melakukan intervensi dan menyembuhkan sempurna, pencegahan harus dilakukan dengan baik.

Kalau Anda bisa melakukan pencegahan, kemungkinan mengalami kanker akan kecil.

Penyebab Kanker Serviks yang Umum Terjadi

Kanker serviks tidak muncul begitu saja tanpa sebab. Penyakit ini bisa muncul akibat ada abnormalitas di serviks. Sel karsinogenik tumbuh dan sulit dikendalikan dan memicu terjadinya inflamasi yang berlebihan.

Salah satu penyebab paling umum dari kanker serviks adalah infeksi dari virus HPV. Virus ini ditularkan dari aktivitas seksual yang tidak sehat.

Baca Juga: 5 Cara Termudah Mengatasi Infeksi Saluran Kemih secara Alami

Pasangan yang salah satunya terinfeksi bisa menularkan HPV dengan mudah.

HPV yang menular melalui seks tidak hanya terdiri dari jenis strain saja. HPV strain tertentu menyebabkan kutil kelamin yang bisa tumbuh cepat. Selanjutnya, strain lain bisa menyebabkan kanker serviks.

Makanan yang Mencegah Kanker Serviks

Mencegah kondisi kanker akan lebih baik daripada mengobatinya, apalagi dalam kondisi yang parah. Nah salah satu cara untuk mencegah kanker serviks adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

1. Makanan Kaya Folat

Folat atau salah satu vitamin B yang mampu menekan terjadinya infeksi dari HPV. Jadi, saat terjadi infeksi HPV baru, tubuh bisa bertahan dengan baik dan peluang terjadi kanker sangat kecil. Makanan kaya folat terdiri: jeruk, stroberi, dan buncis.

2. Makanan Kaya Flavonoid

Flavonoid adalah salah satu antioksidan yang sangat kuat dan mampu melawan aneka jenis kanker termasuk yang ada di serviks. Makanan yang mengandung flavonoid terdiri dari apel, asparagus kol, dan bawang putih.

3. Makanan Kaya Karotenoid

Karotenoid adalah sumber Vitamin A yang tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan mata saja. Zat itu juga mampu mencegah terjadinya kanker serviks yang berbahaya.

Makanan yang mengandung karotenoid ada banyak. Beberapa yang bisa Anda konsumsi terdiri dari: wortel. labu kuning, ubi, dan jeruk.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu herbal yang sangat bermanfaat untuk tubuh karena mengandung banyak curcumin. Kandungan curcumin ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar kebal dari berbagai jenis penyakit.

Curcumin yang terkandung dalam kunyit dan kerabatnya juga mampu menonaktifkan HPV di dalam tubuh. Kalau virus nonaktif, peluang menginfeksi akan kecil.

5. Makanan Mengandung Asam Ellagic

Zat bernama asam ellagic ini menyebabkan pemicu kanker serviks tidak bisa bekerja  dengan maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya untuk banyak mengonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan asam ellagic.

Makanan yang mengandung asam ellagic terdiri dari buah yang memiliki warna merah. Anda bisa mengonsumsi beri seperti raspberry atau jenis beri lain yang mengandung vitamin C.

Kanker serviks memang berbahaya, tapi bukan berarti tidak bisa dicegah sedini mungkin. Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan di atas secara rutin. Kombinasikan dengan bahan makanan lain dan masukkan diet.

Selain itu, perbaiki juga aktivitas seks yang sedang dilakukan. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab dari kanker serviks adalah virus HPV. Virus ini menyebar dari aktivitas seksual yang tidak aman dan sembarangan.

Pengecekan secara rutin pada serviks juga harus dilakukan. Pengecekan dilakukan dengan cara Pap Smear. Pemerintah menyediakan pemeriksaan ini secara berkala.

Anda bisa mengikutinya atau melakukannya secara mandiri di RS.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit 8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!