High Intensity Focused Ultrasound (HIFU)

High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) merupakan teknik pengobatan Fibroid dan adenomiosis dengan menggunakan cara non-bedah

Endometriosis merupakan salah satu penyakit umum yang mempengaruhi satu dari 10 wanita selama tahun-tahun reproduksi mereka, bahkan endometriosis juga dapat dialami oleh  wanita yang belum menikah. Endometriosis biasanya ditandai dengan gejala peradangan yang menyebabkan nyeri panggul kronis dan nyeri saat haid.

Endometriosis  sendiri merupakan penyakit di mana jaringan endometrium, atau lapisan rahim, tumbuh di luar rahim ke daerah sekitarnya dan bahkan ke bagian tubuh yang jauh.

Dalam beberapa kasus, pasien yang memiliki endometriosis akan kesulitan untuk hamil.

Pembedahan laparoskopi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi endometriosis dan mencegah kekambuhan.

Apakah Operasi Laparoskopi menjadi solusi terbaik untuk penyakit ginekologi ?

Laparoskopi ginekologi atau yang biasa dikenal dengan operasi “Key Hole”(lubang kunci), dapat digunakan untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai penyakit seperti:

  • Endometriosis
  • Penyakit radang panggul
  • Kehamilan ektopik
  • Kista ovarium
  • fibroid

Berbagai jenis operasi dapat dilakukan melalui laparoskopi. Ini termasuk mengenai tindakan medis ginekologi seperti :

  • Kistektomi – pengangkatan kista
  • Histerektomi – pengangkatan rahim
  • Oopherectomy – pengangkatan ovarium
  • Salphingectomy pengangkatan saluran tuba
  • Adhesiolysis
  • Sacrocolpopexy – perbaikan rahim yang prolaps
  • Miomektomi – pengangkatan fibroid

Namun, menurut Dr Selva, spesialis obgyn dan ginekologi Mahkota Medical Centre, ada batasan untuk laparoskopi ginekologi. Salah satu masalah dengan operasi laparoskopi adalah penyakit tertentu seperti adenomiosis tidak dapat diobati sepenuhnya dengan laparoskopi.

High Intensity Focused Ultrasound (HIFU)

High-Intensity Focused Ultrasound (HIFU) merupakan teknik non-invasif yang menggunakan gelombang ultrasonik terfokus untuk membangkitkan panas yang akan menghancurkan jaringan.

High-Intensity Focused Ultrasound (HIFU) saat ini digunakan untuk mengobati berbagai kondisi ginekologi seperti fibroid rahim dan adenomiosis. Metode HIFU dapat menjadi salah satu solusi alternatif untuk pasien yang khawatir tentang efek daripada operasi dapat berpengaruh terhadap kemampuan dalam memiliki anak atau hamil dan melahirkan.

 

Ya. Ada dua jenis High Intensity Focused Ultrasound (HIFU)  yang tersedia – HIFU berbasis MRI dan HIFU berbasis USG. Keduanya menggunakan HIFU untuk mengobati fibroid. Satu-satunya perbedaan adalah metode pencitraan yang digunakan untuk melihat jaringan.

  • Magnetic Resonance Imaging Focused Ultrasound (MRgFUS)

  High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) berbasis MRI yang memperoleh gambar rahim menggunakan MRI.

  • Focused Ultrasound Surgery (FUS)

    Menggunakan sonografi diagnostik untuk menggambarkan rahim. Meskipun gambarnya mungkin tidak sejelas di MRgFUS, prosedur ini dilakukan dalam pencitraan ultrasound secara real time sehingga lebih akurat dalam visualisasi dan pengobatan fibroid dan adenomiosis.

High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) menjadi solusi terbaik untuk pengobatan adenomiosis ataupun fibroid.

Jika Anda memilih teknik pengobatan High Intensity Focused Ultrasound (HIFU), penting untuk sebelumnya berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Obgyn Dan Ginekologi untuk memahami apakah fibroid atau adenomiosis yang Anda miliki dapat diobati dengan High Intensity Focused Ultrasound (HIFU).

Anda pertama-tama akan ditempatkan pada mesin untuk melihat apakah fibroid atau adenomiosis dapat dicapai oleh mesin.

Setelah konfirmasi, Anda diharapkan untuk:

  •  Lakukan MRI dan rencanakan operasi
  • Persiapan puasa sebelum menjalani pengobatan dengan HIFU

Pasien dapat kembali ke rumah dari tujuh hingga delapan jam setelah menjalani pengobatan dengan HIFU

High Intensity Focused Ultrasound (HIFU) memiliki tingkat komplikasi 1000x lebih rendah jika dibandingkan dengan laparoskopi ginekologi.

Untuk estimasi biaya pengobatan menggunakan High Intensity Focused Ultrasound (HIFU)  di Mahkota Medical Centre, silahkan hubungi kontak Perwakilan kami disini. Layanan 100% GRATIS.

Mau Konsultasi Atau Memiliki Pertanyaan Terkait Pengobatan Ginekologi Di Malaysia?

Silahkan isi form berikut, tim perwakilan resmi kami akan segera menghubungi Anda.

Tinggalkan Balasan