Traditional Chinese Medicine atau TCM adalah kumpulan prosedur pengobatan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu, Tiongkok.

Pengobatan ini mulai muncul sejak 3500 tahun lalu dan masih tetap dipertahankan dan eksis sampai sekarang di tengah pengobatan modern dengan teknologi canggih serta Dokter & Tenaga Medis Berpengalaman

Bagi masyarakat Tiongkok sendiri, TCM merupakan salah satu sumber pengobatan yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Tidak mengherankan jika  TCM terus disempurnakan hingga saat ini.

Konsep dari Traditional Chinese Medicine

Yang membedakan TCM dengan pengobatan modern adalah konsepnya.

Jika pengobatan atau praktik medis modern menganggap tubuh sebagai sistem yang harus diperbaiki bagiannya yang rusak agar bisa bekerja dengan maksimal, pada TCM hal itu sedikit berbeda.

Fokus pada pengobatan TCM adalah keseimbangan atau harmonisasi energi yang ada di tubuh. Dalam TCM kita akan mengenal Qi atau energi yang berada di tubuh dan memegang peran vital dalam kesehatan.

Selain itu ada juga konsep yin dan yang akan menjelaskan kualitas dari Qi itu sendiri. Keseimbangan dari Yin dan Yang akan membuat tubuh jadi sehat dan tidak mengalami gangguan.

Beberapa prosedur pengobatan baik yang invasif atau dengan ramuan obat diberikan bukan untuk mengobati penyakit. Tapi menyeimbangkan Qi di beberapa bagian tubuh yang terganggu atau ada penyumbatan.

Jenis Traditional Chinese Medicine

Jenis Traditional Chinese Medicine

Traditional Chinese Medicine terbagi menjadi beberapa jenis pengobatan. Biasanya seorang praktisi TCM akan menguasai beberapa atau hanya satu prosedur pengobatan.

1. Akupunktur

Akupunktur adalah salah TCM yang paling terkenal dan banyak digunakan di Tiongkok dan negara lain termasuk negara barat. Prosedur ini dilakukan dengan menusukkan semacam jarum kecil ke titik tertentu di tubuh.

Penusukan jarum ini dilakukan untuk melancarkan atau memanipulasi Qi. Efeknya, beberapa gangguan pada tubuh seperti nyeri atau masalah pada organ bisa membaik seiring dengan berjalannya waktu.

2. Akupresur

Berbeda dengan akupunktur yang menggunakan jarum, akupresur menggunakan ujung jari atau benda tumpul. Titik tubuh dan meridian akan ditekan dengan kekuatan tertentu untuk mengurangi gejala dari penyakit tertentu. 

3. Bekam

Bekam dilakukan dengan menggunakan cup atau mangkuk. Mangkuk akan diberi pemanas atau diletakkan di atas api untuk sementara. Setelah panas, langsung diaplikasikan ke kulit sehingga ada efek menyerap.

Saat menyerap, kulit akan terangkat dan pembuluh darah bereaksi. Itulah kenapa kulit jadi kemerahan. Setelah tekanan di kulit dianggap cukup, cup akan dilepas. Biasanya bagian tubuh yang sering diberi prosedur ini adalah punggung.

4. Gua Sha

Gua sha adalah prosedur memberikan tekanan ke punggung. Tekanan ini diberikan dengan menggunakan benda tumpul semisal batu. Tekanan yang diberikan biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan agar aliran darah di dalam tubuh lancar.

5. Obat Herbal

Obat herbal dibuat dengan menggunakan satu atau beberapa bahan yang dianggap mampu menyembuhkan penyakit. Obat dibuat dengan panduan TCM yang sudah dibuat oleh para ahli sejak ribuan tahun silam.

Di era modern, obat yang digunakan untuk TCM tidak hanya berdasarkan pseudoscience saja. Penelitian dilakukan agar obat herbal yang digunakan lebih saintifik dan minim efek samping.

6. Tuina

Tuina adalah pijat tradisional yang digunakan untuk mengatasi masalah Qi yang terhambat. Setelah prosedur, Qi akan lancar dan gejala yang mengganggu di tubuh akan membaik dengan sendirinya. Biasanya Tuina dilakukan bersamaan dengan akupresur. 

7. Tai Chi

Tai chi adalah kombinasi antara gerakan dan juga tarikan napas. Bela diri ini dilakukan untuk menstabilkan kembali kondisi tubuh yang kaku. Selain itu, praktik ini juga bisa menurunkan stres dan risiko diabetes.

8. Moxibustion

Cara ini dilakukan dengan membakar semacam herbal yang sudah dikeringkan. Herbal ini akan diletakkan di beberapa titik akupunktur. Panas dari bakaran dan zat dari herbal akan menstabilkan energi tubuh.

Keamanan Traditional Chinese Medicine

Traditional Chinese Medicine aman digunakan untuk beberapa jenis prosedur. Kalau Anda melakukan akupunktur, tai chi, bekam, atau moxibustion umumnya tidak akan menyebabkan apa pun. Yang penting praktisinya berpengaman.

Selanjutnya untuk jenis obat herbal harus dilihat dahulu. Kalau obatnya sudah teruji secara klinis dan kandungannya minim risiko, penggunaan bisa dilakukan. Itulah kenapa memilih praktisi TCM sangat penting.

Efektivitas Traditional Chinese Medicine

Sebenarnya masalah efektif atau tidaknya tergantung dengan kondisi medis dari pasien, kemampuan praktisi TCM, dan juga prosedurnya. Kalau cocok bisa manjur untuk mengurangi gejala sampai menyembuhkan.

Beberapa jenis TCM yang banyak digunakan di dunia medis modern terdiri dari:

  • Akupunktur digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dan efek samping dari kemoterapi
  • Beberapa jenis herbal sudah teruji klinis untuk mengatasi masalah tidur sampai gejala dari menopause.
  • Penderita penyakit Parkinson bisa menggunakan tai chi untuk menjaga keseimbangan tubuhnya.

Siapa yang Bisa Menggunakan Traditional Chinese Medicine?

Semua orang bisa menggunakan prosedur ini, tapi mereka yang cukup direkomendasikan terdiri dari:

  • Orang yang memiliki banyak gejala penyakit, tapi penyebabnya tidak jelas.
  • Ingin mencegah munculnya penyakit berbahaya.
  • Sudah sering menggunakan obat modern dan tidak ada habis.
  • Tidak mau mendapatkan efek samping dari penggunaan obat kimia.

Meski demikian, orang yang sudah sangat tua, sedang hamil, menyusui, dan akan dioperasi tidak disarankan melakukannya. Selain itu, hindari menggunakan obat modern bersamaan dengan prosedur TCM.

Traditional Chinese Medicine di Malaysia

Traditional Chinese Medicine sudah diakui oleh Kementerian Kesehatan Malaysia. Bahkan, sejak tahun 2016 aturannya sudah keluar dan resmi. Aturan ini memberikan perlindungan pada praktisi TCM dan membuat mereka gabung jadi satu organisasi.

Karena sudah diakui pemerintah, sertifikasi akhirnya diberlakukan. Dengan sertifikasi ini, pengobatan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan terjamin. Jadi, praktisi TCM harus memiliki kemampuan yang baik baru diakui.

Mengenal Jenis dan Manfaat Traditional Chinese Medicine (TCM) 1

Traditional Chinese Medicine Regency Hospital

Menggabungkan TCM dengan pengobatan modern memang tidak mudah. Namun, Regency Specialist Hospital bisa melakukannya dalam REN TCM.

Saat ini ada lebih dari 8 praktisi yang ahli TCM yang sudah terstandar. Mereka bisa menggunakan beberapa prosedur untuk mengendalikan gula darah, mengurangi nyeri, dan memberikan obat ramuan tradisional.

Obat yang digunakan sudah sesuai dengan standar sains, menggunakan Pengolahannya modern sehingga kandungan dari obat dapat diteliti dan mengurangi risiko atau efek samping.

****

Setiap orang memiliki preferensi sendiri-sendiri terhadap pengobatan penyakit yang dilakukan. Ada yang lebih suka obat modern dan menggunakan prosedur paling baru karena dianggap lebih aman dan sudah teruji secara klinis.

Namun, ada juga yang suka menggunakan pengobatan tradisional baik lokal atau memakai Traditional Chinese Medicine. Cara ini diambil karena bisa minim efek samping serta tidak mengalami ketergantungan dengan zat kimia.

Kalau Anda ingin mencoba TCM sembari menjalani pengobatan modern, kenapa tidak datang ke Regency Specialist Hospital? Rumah sakit terbaik di Johor Bahru ini menawarkan pusat TCM bernama REN TCM.

Di tempat ini Anda akan ditangani dengan prosedur TCM terbaik yang juga diintegrasikan dengan pengobatan modern.

Jika anda tertarik dengan Metode TCM (Traditional Chinese Medicine), anda dapat menghubungi Perwakilan Rumah Sakit Regency Specialist Hospital untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari Praktisi TCM yang ada di REN-TCM

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!