HIFU : Pengobatan Miom & Adenomiosis Tanpa Operasi Di Malaysia

Fibroid uterus (miom rahim) dan adenomiosis merupakan  dua tumor jinak ginekologi yang umumnya berdampak negatif terhadap kesehatan wanita. Kedua kondisi tersebut dapat meyebabkan gejala seperti nyeri panggul, pendarahan haid yang berat, nyeri saat berhubungan seksual, dan frekuensi buang air kecil yang meningkat.

Pengobatan untuk miom rahim dan adenomiosis dapat bervariasi bergantung pada gejala yang dialami, usia, rencana keluarga ke depannya (berencana untuk hamil atau tidak), dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Daftar Isi

HIFU : Solusi Pengobatan Miom & Adenomiosis Tanpa Operasi

HIFU atau High-Intensity Focused Ultrasound adalah salah satu teknologi non-invasif yang digunakan untuk mengobati miom rahim dan adenomiosis tanpa operasi ataupun perlu pengangkatan rahim. Saat ini, Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia merupakan satu-satunya rumah sakit di Malaysia yang menyediakan terapi HIFU, solusi terbaik bagi Anda yang ingin berobat miom rahim ataupun adenomiosis, namun takut operasi atau yang ingin program hamil dalam waktu dekat.

Bagaimana HIFU Bisa Membantu Pasien Hamil, Jika Pasien Memiliki Adenomiosis ?

Keunggulan HIFU dibandingkan dengan operasi miom dan adenomiosis konvensional adalah tidak ada luka terbuka, tidak ada pendarahan, tidak ada potensi risiko anestesi dengan manajemen nyeri yang tepat, tidak ada potensi risiko/komplikasi dari operasi konvensional, seperti perlengketan, cedera saluran kemih, bekas luka keloid, dll. Dan melalui terapi HIFU ini, hanya membutuhkan waktu persiapan yang lebih singkat untuk merencanakan kehamilan selanjutnya.

HIFU untuk rawatan fibroid & adenomiosis

Penyakit Apa Saja Yang Bisa Dirawat Oleh HIFU ?

Prosedur HIFU (High-Intensity Focused Ultrasound) pada kandungan dapat digunakan untuk mengobati beberapa kondisi medis, termasuk:

  • Miom Rahim.  HIFU dapat digunakan untuk mengurangi ukuran miom atau bahkan menghancurkannya secara non-invasif tanpa melalui operasi
  • Adenomiosis. HIFU juga dapat digunakan untuk mengobati adenomiosis, yaitu kondisi di mana jaringan endometrium tumbuh ke dalam dinding otot rahim. Prosedur ini dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri haid dan perdarahan berlebihan.
  • Kanker Rahim. HIFU juga sedang diteliti untuk penggunaannya dalam pengobatan kanker rahim, terutama untuk pasien dengan stadium awal atau yang tidak dapat dioperasi.

Bagaimana Cara Kerja HIFU ?

High intensity focused ultrasound (HIFU) atau juga dikenal sebagai operasi ultrasound terfokus, yakni suatu teknologi yang menggunakan energi suara terfokus untuk memanaskan dan menghancurkan jaringan dalam pengobatan berbagai kondisi medis. Di bawah panduan pencitraan yang tepat, sel jaringan yang difokuskan (miom & adenomiosis) akan terbunuh tanpa merusak jaringan yang ada di sekitarnya .

Pasien yang akan menggunakan rawatan HIFU dianjurkan untuk diet rendah serat diikuti dengan diet cair 4 hari sebelum tindakan. Enema akan diberikan dan pasien harus berpuasa selama 12 jam sebelum prosedur.

HIFU dilakukan dengan sedasi ringan . Setelah perawatan, aliran darah ke jaringan  yang dirawat akan diperiksa menggunakan ultrasonografi dengan kontras yang ditingkatkan (misalnya Sonovue) . Setelah prosedur, pasien akan dipantau selama beberapa jam sebelum diijinkan pulang.

Mengapa Memilih HIFU Untuk Pengobatan Miom & Adenomiosis?

Ada beberapa alasan mengapa HIFU menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengobati miom dan adenomiosis, diantaranya :

  • Tidak memerlukan anestesi / pembiusan penuh
  • Tidak meninggalkan bekas luka
  • Penyembuhan lebih cepat
  • Biasanya hanya dilakukan dalam satu sesi kecuali dalam kasus fibroid ganda atau yang berukuran besar
  • Minim pendarahan
  • Tidak perlu rawat inap, diijinkan pulang pada hari yang sama saat selesai tindakan HIFU
  • Wanita yang berencana untuk memiliki anak bisa melakukannya setelah beberapa bulan dan tidak perlu tunggu sampai rahim benar-benar sembuh
Apakah Pasien Dengan Miom Kandungan Bisa Memilih HIFU Untuk Menghindari Operasi Pengangkatan Rahim (Histerektomi) ?

Secara teoritis, 80% pasien dengan miom ataupun adenomiosis cocok untuk menggunakan HIFU. Namun pertama-tama, untuk memastikan apakah pasien cocok atau tidak, pasien perlu melakukan MRI untuk mengetahui lokasi, ukuran dan suplai darah dari lesi dan untuk melihat apakah jalur akustik yang aman dapat dibuat. Di antara pasien yang disarankan sebelumnya untuk menjalani histerektomi (operasi angkat rahim), ada pula yang cocok untuk menggunakan HIFU sehingga dapat mempertahankan rahimnya.

Bagi pasien yang sebelumnya disarankan melakukan histerektomi hanya karena miomnya banyak, bisa mencoba opsi pengobatan menggunakan HIFU untuk menilai lebih lanjut kondisi terupdate guna mengetahui apakah pasien cocok untuk HIFU; jika ya, maka pasien dapat menerima pengobatan HIFU dan menghindari operasi pengangkatan rahimnya. Sila hubungi kami disini untuk info lanjut pengobatan HIFU ini.

Apakah HIFU Aman ?

Ya, HIFU adalah prosedur medis yang aman dalam mengobati miom & Adenomiosis. Bahkan, HIFU ini memiliki tingkat komplikasi 1000x lebih rendah jika dibandingkan dengan laparoskopi ginekologi.

Pilihan pengobatan yang tepat akan bergantung pada kondisi masing-masing pasien, oleh karena itu penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk menentukan opsi pengobatan terbaik.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang HIFU atau perawatan miom dan adenomiosis lainnya, jangan ragu untuk bertanya dan menghubungi kami disini.

Dokter Spesialis Kandungan Di Melaka

Dokter Spesialis Kandungan Di Johor

HIFU Vs Operasi Konvensional

HIFU vs Operasi Konvensional

Biaya Pengobatan HIFU Di Malaysia

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya HIFU untuk Pengobatan miom & Adenomisosis di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Rekomendasi Rumah Sakit Pengobatan Miom Kandungan & Adenomiosis Terbaik Malaysia

Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia

mahkota medical centre melaka malaysia

Mahkota Medical Centre merupakan salah satu Rumah Sakit Swasta di Melaka yang menawarkan berbagai layanan untuk kesehatan dan kesejahteraan wanita dan anak-anak. Pusat ini didukung oleh tim tenaga kesehatan berpengalaman dan lulusan terbaik di bidangnya.

Dengan pengalaman bertahun-tahun menangani penyakit umum pada wanita, pusat kesehatan Wanita & Anak Mahkota Medical Centre ini berkomitmen untuk mendukung pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas tentang operasi laparoskopi dalam bidang Ginekologi. Mengingat peran ganda wanita, pasien wanita kami perlu diberdayakan
dengan kesadaran akan operasi laparoskopi sebagai pilihan pengobatan yang menyediakan waktu pemulihan lebih singkat, risiko infeksi lebih rendah dan lebih sedikit rasa sakit.

Mau Berobat Ke malaysia atau tanya lebih lanjut mengenai pengobatan Mioma Tanpa Operasi & Biayanya di Rumah Sakit malaysia?

Silahkan isi form berikut jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan penyakit terkait berobat ke Malaysia. MahkotaRegency.id akan segera menghubungi Anda kembali.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan