Kesuburan pasangan sangat penting untuk menentukan apakah mereka cepat mendapatkan keturunan atau tidak.

Kalau fertilitasnya mengalami penurunan atau memang rendah, pasangan harus meningkatkan kesuburan bersama-sama.

Baca Juga: Menyiasati Infertilitas pada Pria Setelah Operasi Kanker Prostat

Mengapa harus dilakukan secara bersama-sama? Karena masalah kehamilan tidak hanya disebabkan oleh kondisi wanita saja. Terkadang pria juga ikut menyumbang hal itu sehingga kehamilan jadi sulit terjadi.

Pasangan yang sama-sama meningkatkan kesuburan bisa dengan mudah memperoleh keturunan. Kalau Anda termasuk pasangan yang sulit mendapatkan keturunan simak ulasan di bawah ini.

Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Pasangan

Normalnya, pasangan yang baru menikah dan berusia muda, bisa mendapatkan keturunan setelah setahun menikah. Dengan aktivitas seks yang intens, mereka bisa mendapatkan keturunan dengan cepat.

Namun, kalau pasangan menikah lebih dari setahun dan tidak kunjung mendapatkan keturunan, berarti ada yang salah dengan dirinya dan pasangan. Pemeriksaan dini bisa dilakukan atau menggunakan cara di bawah ini.

1. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan

Mengonsumsi makanan yang kaya dengan antioksidan akan membuat kualitas sperma yang dimiliki oleh pria meningkat. Baik jumlah atau motilitasnya naik sehingga peluang terjadi pembuahan akan tinggi.

Pada wanita, mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah dan sayur bisa meningkatkan implantasi. Dampaknya, janin yang terpenuhi bisa segera menempel di rahim dan tumbuh dengan sehat.

2. Sarapan dengan porsi yang tepat

Wanita yang sarapan di pagi hari lebih banyak cenderung memiliki insulin 8% lebih sedikit dan testosteron 50% lebih rendah. Efeknya, kondisi PCOS yang dialami oleh wanita tidak akan semakin parah sehingga peluang mendapatkan keturunan besar.

3. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Membatasi konsumsi karbohidrat akan membantu seorang wanita dengan PCOS mengendalikan berat badannya. Dampak dari hal ini adalah normalnya menstruasi yang menjadi tanda kalau kesuburannya masih terjaga baik.

4. Mengonsumsi serat yang banyak

Memenuhi kebutuhan serat tidak hanya membuat tubuh jadi lebih sehat. Pada wanita, serat cukup bisa mengikat estrogen di usus dan membawanya keluar. Jadi, kelebihan hormon yang memicu gangguan evolusi itu bisa ditangani dengan baik.

5. Mengubah sumber protein tubuh

Mengonsumsi terlalu banyak protein yang berasal dari sumber hewani ternyata tidak baik untuk kesuburan. Dari studi yang sudah dilakukan, mengonsumsi protein hewani bisa menurunkan infertilitas sampai 50%.

Penggantian daging dengan ikan juga cukup direkomendasikan. Namun, pastikan ikan yang dikonsumsi rendah kandungan merkuri, ya. Dengan begitu kebaikan proteinnya bisa dirasakan dengan maksimal.

6. Aktif berolahraga dan menjaga berat badan

Dengan aktif melakukan olahraga, tubuh akan menjadi aktif sehingga kalori yang berlebihan bisa segera digunakan. Peluang mengalami obesitas akan rendah karena berat badan yang dimiliki cenderung normal.

Lakukan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Misal Anda hanya mampu jalan santai atau joging saja, lakukan secara rutin. Selain itu, kalau Anda bisa melakukan angkat beban, kondisi tubuh akan semakin membaik.

7. Istirahat yang cukup dan menghindari kafein

Istirahat yang cukup juga sangat penting. Dalam satu hari pastikan untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam. Setelah malam hari, ada baiknya menghindari konsumsi kafein sehingga tubuh bisa beristirahat dengan baik.

****

Meningkatkan kesuburan ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh pasangan asal mereka mau konsisten.

Sembari melakukan beberapa cara di atas, Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk mendapatkan arahan dan prosedural yang tepat.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!