Pola tidur yang baik akan memengaruhi kesehatan tubuh. Kalau pola tidur yang Anda miliki buruk, kemungkinan mengalami sakit baik secara fisik atau mental akan besar.

Itulah kenapa Anda disarankan untuk bisa tidur dengan baik dengan durasi 7-9 jam. Kalau waktu tidur Anda kurang dari itu atau mengalami insomnia, tubuh akan terpengaruh.

Efek Insomnia pada Tubuh

Insomnia menyebabkan gangguan yang cukup beragam pada tubuh. Kalau Anda mengalaminya, efek di bawah ini kemungkinan besar muncul:

  • Tubuh akan sering mengalami lemas dan sering mengantuk di siang hari.
  • Mengalami stres dan gangguan mental lain baik ringan atau berat
  • Meningkatkan nafsu makan dan memicu terjadinya obesitas
  • Konsentrasi tidak bisa maksimal dalam melakukan apa pun
  • Mengalami gangguan pada fungsi beberapa organ tubuh
  • Penurunan fungsi seksual baik pada pria atau wanita
  • Berpotensi mengalami penyakit berbahaya termasuk kanker.

Makanan dan Minuman untuk Kurangi Insomnia

Kalau mengalami insomnia, ada baiknya untuk menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang sehat, seperti:

1. Ikan

Ikan memberikan cukup banyak Vitamin B6 pada tubuh. Vitamin ini bermanfaat untuk membentuk melatonin yang bermanfaat untuk membantu seseorang tidur.

Melatonin akan mulai bekerja saat hari mulai petang. Untuk itu, coba konsumsi ikan dalam bentuk apa pun saat menjelang tidur agak kondisi kantuk muncul.

2. Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang yang bermanfaat untuk membantu tidur. Rutin mengonsumsi almond akan membuat tubuh dapat suplai melatonin dan magnesium.

Mineral magnesium bermanfaat untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Mineral ini akan membantu mengurangi kadar kortisol yang merupakan pemicu stres dan gangguan tidur.

3. Daging Ayam

Daging ayam adalah salah satu sumber protein terbaik yang bisa membantu mengatasi masalah itu. Daging ini mengandung asam amino bernama triptofan.

Asam amino ini bermanfaat dalam menghasilkan serotonin di dalam tubuh. Seperti yang sudah kita tahu, serotonin bekerja untuk memberikan rasa relaks dan mood baik.

Kalau tubuh sudah merasa tenang dan nyaman, untuk mencapai kondisi tidur akan mudah. Untuk itu, makanlah daging ayam dengan porsi cukup di sore hari.

4. Buah-buahan

Beberapa buah mengandung cukup banyak kandungan melatonin. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis buah seperti kiwi, jeruk, atau nanas jelang sore hari.

Selain membantu seseorang untuk tidur, buah di atas juga meningkatkan durasi tidur. Jadi, Anda bisa tidur lebih dari 6 jam setiap harinya.

5. Madu

Otak kita menghasilkan orexin dalam jumlah banyak saat terjaga. Kalau Anda ingin bisa tidur dengan nyenyak, kurangi kadarnya dengan cara mengonsumsi madu jenis apa pun.

6. Susu Hangat

Kalau Anda merasa sulit tidur, buatlah susu kesukaan dengan air hangat. Selanjutnya minum sampai habis. Biasanya rasa kantuk akan muncul dengan sendirinya setelah beberapa jam.

7. Sumber Karbohidrat

Mengonsumsi makanan sumber karbohidrat seperti nasi atau oatmeal bisa membuat tidur datang cepat dan durasinya lama.

Hal ini terjadi karena tubuh lebih kenyang dan gula darah naik. Untuk itu makan secukupnya saja asal bisa memberikan rasa nyaman dan kenyang.

Insomnia yang sangat parah akan menyebabkan tubuh jadi lemas dan memicu gangguan fisik lainnya. Beberapa orang banyak mengalami gangguan yang kronis dan sulit diatasi.

Untuk itu, perbaiki pola tidur dengan mengonsumsi makanan di atas. Selain itu terapkan gaya hidup sehat lain seperti berolahraga, tidur lebih awal, dan melakukan meditasi.

Nah, di antara makanan di atas, mana yang sering Anda konsumsi?

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!