Bagaimana Dokter Di Malaysia Mengobati Glaukoma?

Glaukoma merupakan penyakit mata yang merusak saraf optik/mata. Glaukoma menjadi salah satu penyebab utama kebutaan bagi orang yang berusia di atas 60 tahun. Sebenarnya, glaukoma dapat menyerang berbagai rentang usia, namun lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.
 
Pada banyak kasus, glaukoma tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu. Efeknya bertahap sehingga pasien mungkin tidak sadar adanya perubahan penglihatan sampai kondisinya parah.
 

Karena kehilangan penglihatan akibat glaukoma tidak dapat dipulihkan, penting untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur yang mencakup pengukuran tekanan mata sehingga bisa dideteksi sejak dini dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga :

Prosedur Berobat Ke Malaysia Saat Ini

Apa yang Anda Cari?

Jenis Glaukoma

Ada dua jenis utama glaukoma, yakni :

  • Glaukoma sudut terbuka- Disebabkan oleh adanya tekanan pada mata yang meningkat secara bertahap, sehingga merusak saraf mata. Glaukoma jenis ini sangat lambat perkembangannya sehingga penderitanya mungkin kehilangan penglihatan bahkan sebelum menyadari gejalanya
  • Glaukoma sudut tertutup- Disebabkan oleh cairan mata yang tidak dapat mengalir seperti seharusnya karena ruang pembuangan antara iris dan kornea terlalu sempit. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan tekanan tiba-tiba di mata Anda. Glaukoma sudut tertutup dapat terjadi secara tiba-tiba (glaukoma sudut tertutup akut) atau secara bertahap (glaukoma sudut tertutup kronis). 

Gejala Glaukoma

Kebanyakan penderita glaukoma sudut terbuka tidak memiliki gejala khusus. Namun, jika gejalanya mulai berkembang, biasanya penyakitnya sudah memburuk. Gejala utama biasanya adalah hilangnya penglihatan di salah satu sisi, atau perifer.

Sedangkan untuk glaukoma sudut tertutup, biasanya menunjukkan gejala yang spesifik dan muncul lebih cepat. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, segera cari rawatan medis secepatnya :

  • Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Kehilangan penglihatan
  • Muncul kemerahan di mata
  • Penglihatan terlihat kabur
  • Sakit mata

Kapan Harus Jumpa Dokter?

Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata (ophtalmology), jika Anda mengalami beberapa gejala glaukoma sudut tertutup akut, seperti sakit kepala parah, sakit mata dan penglihatan kabur.

Cara Dokter Malaysia Mengobati Glaukoma

Kerusakan yang disebabkan oleh glaukoma tidak dapat dipulihkan. Tetapi pengobatan dan pemeriksaan rutin dapat membantu memperlambat atau mencegah kehilangan penglihatan, terutama jika glaukoma bisa dideteksi sejak awal.

Ada beberapa pilihan pengobatan yang sering digunakan oleh dokter spesialis mata (ophtalmology) di Malaysia untuk mengobati glaukoma, diantaranya :

Prosedur Laser untuk Glaukoma

Prosedur laser dapat sedikit meningkatkan aliran cairan dari mata jika pasien menderita glaukoma sudut terbuka. Prosedur ini juga dapat menghentikan penyumbatan cairan jika pasien memiliki glaukoma sudut tertutup.

Operasi Glaukoma

Dalam prosedur operasi yang dikenal dengan trabekulektomi, dokter spesialis mata akan membuat saluran baru untuk mengalirkan cairan dan mengurangi tekanan mata. Bentuk operasi ini mungkin perlu dilakukan lebih dari sekali bergantung dengan kondisi dan keparahan penyakit pasien.

Glaukoma sudut terbuka paling sering diobati dengan kombinasi obat tetes mata, laser, dan operasi. Sedangkan untuk glaukoma sudut tertutup akut biasanya akan diobati dengan prosedur laser.

Pertanyaan Seputar Berobat GLAUKOMA Di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis mata di Malaysia mulai dari RM 100 - 300 atau sekitar Rp 300 ribuan - 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis mata terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Catatan : Untuk case Glaukoma Anda disarankan untuk jumpa dengan spesialis mata/ophtalmology. Silahkan menghubungi MahkotaRegency.id sebelumnya karena tidak semua dokter mau menerima pasien

Ada beberapa dokter spesialis pengobatan Glaukoma terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya, diantaranya :

1. Dr Hah Moon Heng, Spesialis Mata, RS Mahkota Medical Centre

Dokter Hah Moon Heng

2.Dr Sendhil Kumar Somasundaram, spesialis mata, RS Mahkota Medical Centre

Dr Sendhil Kumar Somasundaram

3. Dr Ting Siew Leng, Spesialis Mata, RS Regency Specialist Hospital

Dr Ting Siew Leng spesialis mata Johor Malaysia

Dokter Spesialis Mata Di Melaka

Dokter Spesialis Mata Di Johor

Catatan :

Tidak semua dokter spesialis di Malaysia dapat menerima case Anda, Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis bedah yang sesuai dengan kondisi medis Anda

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan Glaukoma di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest
Leave a comment
Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan