MahkotaRegency.id – Kanker yang dialami oleh seorang penderita biasanya memiliki stadium yang berbeda-beda mulai dari Stadium I sampai IV.

Stadium ini menentukan berapa ukuran tumor sampai tingkat penyebarannya.

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menentukan stage atau stadium itu sendiri? Lalu apa saja yang bisa memicu kondisi kanker bisa naik stadiumnya? Simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Stadium pada Kanker

Secara umum ada empat stadium dari kanker yang dialami oleh seseorang. Masing-masing stadium memiliki kriteria khusus yang harus dilihat dengan metode tertentu.

Berikut beberapa tingkatan / Stage dari kanker.

  • Stadium 0 – Belum ada kanker yang muncul, tapi sudah ada sel abnormal (karsinoma) yang tumbuh. Sel ini bisa berubah jadi kanker jika dibiarkan
  • Stadium I – Sel kanker sudah tumbuh dan ukurannya masih kecil, kanker ini hanya tumbuh di satu area saja dalam tubuh
  • Stadium II – Ukuran kanker sudah membesar dari tahap awal, tapi masih belum menyebar ke mana-mana.
  • Stadium III – Ukuran kanker sudah mulai membesar dari ukuran sebelumnya dan sudah mulai menyebar ke jaringan yang ada di sekitarnya.
  • Stadium IV – Sel kanker sudah menyebar ke sebagian besar jaringan yang ada di tubuh. Pada fase ini penyakit dikatakan mengalami kanker metastatik.

Cara Mengetahui Stadium Kanker

Untuk menentukan stadium dari kanker, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh seperti fisik, darah, dan juga scan atau pindai tubuh dengan memakai CT Scan, MRI, dan PET Scan.

Pemeriksaan di atas akan mengetahui seberapa besar ukuran dari kanker, lokasinya, dan penanganan yang bisa dilakukan. PET Scan adalah salah satu alat yang paling sering digunakan karena hasilnya akurat.

Baca Juga: Mengenal PET Scan dan Manfaatnya untuk Diagnosis Kanker

Cara lain untuk mengetahui adanya kanker di tubuh adalah Biopsi. Dokter akan mengambil sampel kecil dari kanker yang nantinya akan dipakai untuk melakukan diagnosis.

Faktor yang Memicu Stadium Kanker

Stadium kanker yang dialami oleh seseorang juga ditentukan oleh beberapa variabel di bawah ini.

  • Grade sel kanker. Terkadang ada kanker yang selnya terlihat normal. Namun, tidak sedikit juga yang selnya sangat abnormal dan berkembang dengan cepat. Grade menentukan keganasan dari kanker.
  • Lokasi. Lokasi dari kanker akan menentukan peluang kesembuhan dari penyakit itu. Penanganan kanker yang terjadi di payudara tentu berbeda dengan kanker yang terjadi di otak.
  • Tanda lain yang dikeluarkan tubuh. Substansi tertentu di dalam darah atau urine biasa akan meningkat kalau memiliki jenis kanker tertentu dan tingkat keparahan tertentu.
  • Genetik. Dokter akan menggunakan metode TNM (Tumor-Node-Metastasis) untuk mengetahui DNA dari sel kanker. Cara ini bermanfaat untuk memberikan pengobatan yang sesuai.

Mengetahui stadium kanker dan jenis kanker sangat penting dalam penanganan pertama pasien. Dengan mengetahui detail itu, dokter bisa dengan mudah menentukan metode pengobatan terbaik yang bisa dilakukan.

Kalau pengobatan yang dilakukan bisa tepat sasaran, kemungkinan mendapatkan kesembuhan akan lebih besar. Bahkan, kanker yang cukup parah bisa hilang dari tubuh dan kesembuhan total di dapatkan.

***

Saat ini teknologi kedokteran nuklir sudah cukup maju untuk mendeteksi kanker dan stadiumnya. Salah satu alat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia khususnya di negara maju adalah PET Scan.

Dengan menggunakan PET Scan, analisis terhadap stadium dari kanker akan terlihat dengan jelas. Bahkan, lokasi dari tumbuhnya kanker itu sendiri bisa diketahui dengan akurat.

Dari sini pengobatan yang tepat sasaran bisa dilakukan.

Saat ini PET Scan sudah dipakai di beberapa rumah sakit, salah satunya adalah Mahkota Medical Centre yang terletak di Melaka. Alat scan di rumah sakit ini yang terbaru dan terbaik di kawasan Asia.

Kalau Anda memiliki masalah dengan kanker dan ingin mendapatkan penanganan yang akurat, ada baiknya untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre, Malaysia.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit 8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!