Gejala, Diagnosis, & Pengobatan di Malaysia

Kanker Paru-Paru

informasi

Apa Itu Kanker Paru-Paru?

kanker paru-paru adalah jenis kanker yang dimulai di paru-paru dan terjadi ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali.

Ada dua jenis kanker paru-paru yaitu kanker paru-paru primer dan sekunder. Kanker paru-paru primer adalah kanker yang dimulai di paru-paru. Sedangkan kanker yang menyebar dari paru-paru ke bagian tubuh lain dikenal sebagai kanker paru-paru sekunder.

kanker paru

Penyebab Kanker Paru-Paru

Sebagian besar kanker paru-paru disebabkan oleh merokok, yang menyumbang 90% dari semua penyebab kanker paru-paru, termasuk perokok aktif dan pasif. Risiko kanker paru-paru meningkat seiring waktu, dan jumlah rokok yang dihisap.

Gejala Kanker Paru-Paru

Biasanya tidak ada tanda atau gejala pada tahap awal kanker paru-paru. Akhirnya, gejala berkembang menjadi :

  • Batuk baru yang tidak kunjung sembuh
  • Batuk berdahak bercampur darah atau batuk mengeluarkan darah
  • Sesak napas
  • Sakit dada
  • suara serak
  • Penurunan Berat Badan secara signifikan
  • Sakit tulang
  • Sakit kepala

 

Bagaimana Cara Diagnosis Kanker Paru-Paru?

Pengobatan kanker kolorektal di Malaysia
  • Rontgen dada (X-Ray).  Pemeriksaan pertama yang digunakan untuk mendiagnosis kanker paru-paru. Namun, rontgen dada tidak dapat memberikan diagnosis yang pasti karena tidak dapat membedakan antara kanker dan kondisi medis lainnya seperti abses paru-paru.
  • CT scan . Biasanya dilakukan setelah rontgen dada.
  • PET-CT Scan . Dilakukan jika hasil CT scan menunjukkan Anda menderita kanker paru stadium awal. Pemindaian PET-CT membantu diagnosis dan pengobatan karena dapat menunjukkan di mana ada sel kanker aktif.
  • Bronkoskopi dan Biopsi . Bronkoskopi adalah prosedur yang memungkinkan dokter untuk mengambil sample kecil sel dari paru-paru Anda. Alat medis yang disebut bronkoskop digunakan untuk melakukan biopsi. Biopsi adalah sample jaringan yang diambil dari tubuh untuk diperiksa lebih dekat.

Pengobatan Kanker Paru - Paru Di Malaysia

Prosedur pengobatan utama kanker paru-paru diantaranya adalah pembedahan, radioterapi, dan kemoterapi

 

  • Radioterapi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Seberapa intensif radioterapi, tergantung pada seberapa lanjut kanker paru-paru Anda. Radiasi biasanya dilakukan sebelum operasi, untuk mengecilkan tumor agar lebih mudah diangkat, atau setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang tertinggal.
  • Kemoterapi yakni menggunakan obat pembunuh kanker yang kuat untuk mengobati kanker paru-paru dalam siklus.  Beberapa obat kemoterapi disuntikkan ke pembuluh darah, sementara yang lain diminum.
  • Pembedahan atau Operasi , dilakukan dengan membuat sayatan di dada atau samping dan mengangkat sebagian atau seluruh paru-paru yang terkena. Kelenjar getah bening di dekatnya juga dapat diangkat jika ada kemungkinan kanker telah menyebar ke sana.
Pengobatan Kanker Paru-Paru Di Rumah Sakit Malaysia 1

Teknologi Update Pengobatan Kanker Paru-Paru Di Malaysia

Mendiagnosis dan mengobati kanker adalah urusan yang rumit. Itulah mengapa Rumah Sakit di Malaysia menawarkan perawatan medis dengan teknologi ter-update seperti skrining awal, diagnostik presisi, dan perawatan yang menjanjikan untuk pengobatan kanker

Rumah Sakit Kanker Terbaik Malaysia

Mahkota Medical Centre

Didirikan pada tahun 1994, Mahkota Medical Centre (“Mahkota”) merupakan Rumah Sakit Terbaik di Malaysia dan di Melaka yang menyediakan pusat rawatan medis lengkap dan menyeluruh (tak terkecuali untuk rawatan kanker) serta berkualitas internasional dengan biaya yang sangat terjangkau.

Mahkota Medical Centre

Dokter Kanker Paru-Paru Di Malaysia

Pilihan Dokter Kanker Terbaik

Buat Temu Janji Konsultasi Gratis

Dapatkan pengobatan yang tepat untuk diagnosis yang tepat pada waktu yang tepat. Saatnya mengalahkan kanker! Mulailah perjalanan kanker Anda bersama MahkotaRegency.id di Rumah Sakit Terbaik Malaysia.

Kini Tersedia layanan Telekonsultasi Berbayar dengan dokter spesialis terbaik di Malaysia

Tinggalkan Balasan