Kanker Lambung : Penyebab, Gejala, & Pengobatan Di Malaysia

Kanker lambung atau kanker perut terjadi ketika adanya pertumbuhan sel abnormal pada area lambung. Sel-sel tersebut dapat berkembang perlahan selama bertahun-tahun dan menjadi tumor.

Pada stadium awal, kanker lambung jarang menunjukkan gejala yang spesifik, hal ini mengakibatkan sulitnya deteksi Kanker lambung secara dini yang tentunya akan mempengaruhi tingkat kesembuhan penderitanya.

Untuk itu, Anda disarankan untuk melakukan medical check up rutin mulai usia 18 tahun sebagai langkah awal deteksi dini penyakit. Semakin cepat terdeteksi, maka peluang kesembuhannya pun akan semakin tinggi.

Apa yang Anda cari?

Gejala Kanker Lambung

Tanda dan gejala kanker lambung yang sering dialami penderitanya :

  • Kesulitan menelan
  • Merasa kembung setelah makan
  • Merasa kenyang setelah makan makanan dalam jumlah sedikit
  • Maag
  • Gangguan pencernaan
  • Mual
    Sakit perut
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Sering muntah

Jika Anda memiliki tanda dan gejala diatas, segera konsultasi dengan dokter spesialis gastroentrology (pencernaan). Dokter akan membantu menyelidiki penyebab yang lebih umum dari tanda dan gejala yang Anda alami.

Diagnosis Kanker Lambung

Ada beberapa prosedur yang bisa digunakan untuk mendiagnosis kanker lambung, diantaranya:

  • Endoskopi Atas (Gastroskopi). Sebuah tabung tipis berisi kamera kecil  akan dimasukkan melalui tenggorokan Anda dan untuk mencapai lambung. Endoskopi digunakan untuk mencari tanda-tanda kanker lambung.
  • Biopsi. Jika ada area mencurigakan yang ditemukan selama endoskopi, dokter akan mengambil sampel jaringan tersebut dengan sebuah alat khusus untuk diteliti lebih lanjut.
  • CT-Scan.  Digunakan untuk mencari letak kanker lambung.

Pengobatan Kanker Lambung Di Malaysia

Pilihan pengobatan untuk kanker lambung tergantung pada lokasi kanker, stadium dan agresivitasnya. Dokter juga akan mempertimbangkan kesehatan pasien secara keseluruhan dan preferensi pasien saat membuat rencana perawatan.

Operasi

Tujuan dari operasi adalah untuk mengangkat semua kanker yang berada di area lambung dan beberapa jaringan sehat di sekitarnya. Ada beberapa jenis operasi yang digunakan untuk menangani kanker lambung, diantaranya :

  • Operasi dengan prosedur endoskopi. Prosedur ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kanker dari lapisan lambung pada stadium awal menggunakan alat khusus yang dimasukkan ke dalam lambung melalui prosedur endoskopi.
  • Gastrektomi Sub Total (Pengangkatan sebagian lambung). Operasi ini dapat menjadi pilihan jika kanker lambung terletak di bagian perut/lambung yang paling dekat dengan usus kecil.
  •  Gastrektomi Total (Pengangkatan seluruh lambung). Gastrektomi total melibatkan pengangkatan seluruh lambung dan beberapa jaringan di sekitarnya. Prosedur ini paling sering digunakan untuk kanker lambung yang mempengaruhi tubuh lambung dan kanker yang terletak di persimpangan gastroesofageal.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel kanker.  Kemoterapi biasanya diberikan sebelum operasi untuk membantu mengecilkan kanker sehingga dapat lebih mudah diangkat. Kemoterapi juga digunakan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang mungkin masih ada di dalam tubuh. Kemoterapi sering dikombinasikan dengan terapi radiasi.

Terapi Radiasi

Untuk kanker lambung, terapi radiasi dapat digunakan sebelum operasi untuk mengecilkan kanker sehingga lebih mudah diangkat. Terapi radiasi juga dapat digunakan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang mungkin tersisa. Terapi radiasi sering dikombinasikan dengan kemoterapi.
 

Di Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia, telah tersedia alat tercanggih untuk terapi radiasi yakni Tomotheraphy Radixact . Tomotheraphy Radixact generasi terbaru ini memiliki tingkat presisi penyinaran yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga radiasi yang dipancarkan sangat minimum mengenai jaringan sehat yang berdekatan dengan tumor/kanker dan durasi prosesnya jauh lebih singkat sehingga dinilai lebih efisien, lebih efektif, hasil penyinaran lebih memuaskan, dan lebih nyaman bagi pasien penderita tumor/kanker.

Tomotheraphy Radixact : Sistem Radiasi Rawatan Kanker Ter-Update & Pertama di Malaysia

Pertanyaan Seputar Pengobatan Kanker Lambung Di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis onkologi/kanker di Malaysia mulai dari RM 100 - 300 atau sekitar Rp 300 ribuan - 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis bedah terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Catatan : Untuk case kanker lambung Anda disarankan untuk jumpa dengan spesialis gastroentrologi/pencernaan & spesialis onkologi/kanker. Silahkan menghubungi MahkotaRegency.id sebelumnya karena tidak semua dokter mau menerima pasien

Ada beberapa dokter spesialis pengobatan kanker lambung terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya, diantaranya :

1. Dr Chong Kwang Jeat, spesialis onkologi/kanker, RS Mahkota Medical Centre

Dokter Chong Kwang Jeat

2.Dr Hayani Binti Abdul Wahid, spesialis kanker/onkologi RS Mahkota Medical Centre

Dr Hayani Binti Abdul Wahid​

3. Dr Shum Weng Yoon, Spesialis onkologi/kanker RS Mahkota Medical Centre

Dr Shum Weng Yoon

4. Dr Sanjeev Chandra Joshi, Spesialis onkologi/kanker RS Mahkota Medical Centre

Dr Sanjeev Chandra Joshi

Catatan :

Tidak semua dokter spesialis di Malaysia dapat menerima case Anda, Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis bedah yang sesuai dengan kondisi medis Anda

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan kanker lambung di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest
Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan