Mengatasi Nyeri Kepala Saat Mengalami Pilek yang Parah

Salah satu tanda dari pilek yang paling umum terjadi adalah nyeri kepala. Kondisi sakit kepala ini menyebabkan perasaan tidak nyaman. Bahkan, beberapa orang tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Osteoporosis yang Efektif

Meski Nyeri Kepala saat sedang pilek akan sembuh dengan sendirinya, gangguan ini bisa muncul selama beberapa hari. Untuk mengatasi gangguan yang sudah semakin parah, ada baiknya untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

Mengatasi Nyeri Kepala Saat Pilek Berat

Sakit kepala yang disebabkan oleh pilek umumnya tidak akan parah dan berakhir dalam beberapa hari saja. Namun, kalau dibiarkan saja akan sangat mengganggu aktivitas harian. Gunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Melakukan kompres dengan air dingin dan hangat

Saat sedang pusing cukup parah, cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan kompres. Gunakan air dingin kalau tubuh bagian atas sangat panas. Lalu gunakan air hangat kalau tubuh terlalu dingin.

Kompres bisa dilakukan dengan handuk tipis lalu direndam dalam air hangat atau dingin. Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit baru selanjutnya diangkat kalau sudah mengering.

2. Jangan bergerak mendadak

Hindari melakukan pergerakan terlalu cepat, kalau Anda melakukannya, rasa pusing akan sangat besar. Lakukan perlahan-lahan saja, kalau mendadak merasa pusing lebih baik berhenti sejenak.

3. Mencoba menggunakan humidifier

Coba gunakan humidifier yang di dalamnya diisi dengan minyak esensial. Minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini adalah lavender. Gunakan untuk membuat tubuh jadi relaks sehingga rasa pusing di tubuh menurun.

4. Bisa menggunakan nasal spray

Gunakan nasal spray yang bisa mengencerkan ingus di dalam saluran pernapasan. Biasanya hidung yang tersumbat menyebabkan rasa pusing semakin parah. Bahkan, tubuh tidak akan nyaman dan lemas.

5. Minum rebusan herbal

Anda bisa menggunakan rebusan herbal yang bisa melegakan tenggorokan dan juga membuat tubuh jadi nyaman. Anda bisa membuat rebusan dari jahe yang dicampur dengan gula merah. Selain itu bisa buah teh dengan irisan jeruk nipis?

6. Istirahat cukup dan minum air yang cukup

Kalau sudah mengalami pusing dan sulit melakukan aktivitas dengan baik, ada baiknya untuk melakukan istirahat. Dalam satu hari kita disarankan untuk tidur selama 7-9 jam agar tubuh bisa mendapatkan energi yang maksimal.

Selanjutnya penuhi juga kebutuhan cairan yang dibutuhkan. Dalam satu hari kita wajib mengonsumsi sekitar 8 gelas air. Apalagi dalam kondisi flu, kemungkinan besar akan terjadi kondisi dehidrasi yang cukup parah.

7. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat ini akan membuat tubuh jadi lebih relaks. Dengan begitu, rasa lelah di tubuh akan hilang dengan sendirinya. Rasa pusing juga akan hilang dengan sendirinya.

Sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pilek akan hilang dalam jangka waktu seminggu.

Baca Juga: 5 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Penderita Diabetes Melitus

Namun, kalau rasa pusing yang Anda alami masih berlanjut semakin parah, berarti sedang ada masalah pada tubuh khususnya pada saluran napas atau kepala.

****

Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama yang berhubungan dengan pernapasan.

Pengalaman & keahlian dari spesialis Penyakit Dalam & Pernapasan di RS Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospitals telah menjadikan kami menjadi salah satu pusat rujukan di Malaysia.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan