Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang sering sekali diabaikan oleh banyak orang. Padahal, olahraga yang terbilang ringan ini mampu memberikan dampak yang sangat besar.

Bahkan, bisa mencegah datangnya penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh obesitas.

Nah, kalau Anda sedang mengalami Diabetes Melitus dengan kondisi apa pun, dapat melakukan olahraga ringan salah satunya yaitu jalan kaki secara rutin.

Baca Juga: Serangan Jantung: Penyebab, Gejala, dan Penanganan

Bagi penderita diabetes, hal ini sangat penting karena berat badan yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit lainnya.

Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes Melitus

Penderita diabetes melitus kalau ingin hidup secara normal harus bisa menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Paling tidak daya tahan tubuh dijaga dan melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti jalan kaki.

Nah, apa manfaat jalan kaki?

1. Mampu mengontrol gula darah

Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada penderita diabetes adalah kenaikan gula darah. Setelah makan sesuatu khususnya yang mengandung gula, gula darah akan naik dengan cepat dan menimbulkan efek yang buruk pada tubuh.

Kalau penderita diabetes melitus memutuskan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, gula darah di dalam tubuh akan diserap otot. Efeknya, penumpukan tidak akan terjadi sehingga kadar gula darah di tubuh cenderung normal.

Semakin banyak aktivitas dilakukan, gula darah yang berlebihan akan menurun dengan sendirinya. Sayangnya, tidak semua penderita diabetes mampu melakukan olahraga secara intens.

2. Kesehatan jantung bisa meningkat

Menurut World Heart Foundation, seorang penderita diabetes memiliki risiko yang besar terkena penyakit jantung. Itulah kenapa penderita diabetes disarankan untuk melakukan olahraga yang mampu menguat jantung.

Lakukan jalan kaki secara rutin setiap harinya agar jantung bisa kuat. Selain itu, konsumsi juga makanan atau suplemen yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan aman dengan kondisi diabetes.

3. Mengendalikan berat badan

Bagi penderita diabetes melitus, memiliki berat badan yang stabil akan membuat mereka jauh lebih sehat. Apalagi berat badan yang normal juga identik dengan pola makan yang baik dan juga risiko terkena penyakit lain semakin kecil.

Saat melakukan olahraga, gula darah di dalam tubuh akan dipakai dalam jumlah banyak. Energi yang awalnya menumpuk dan dikonversi jadi lemak jadi tidak ada. Efeknya, berat badan akan stabil atau menurun untuk mereka yang obesitas.

4. Meningkatkan kualitas tidur dan menurunkan stres

Jalan kaki setiap hari baik pagi atau sore hari bisa membuat penderita diabetes tidak mengalami stres dan diabetes. Bahkan, kondisi mood bisa terjaga dengan baik sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Kualitas tidur juga akan meningkat dengan sendiri. Kalau seseorang memiliki kualitas tidur yang baik, kemungkinan besar gula darahnya bisa dikontrol dengan baik. Tidur juga menurunkan kortisol yang memicu stres dan inflamasi.

5. Menurunkan risiko komplikasi

Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik bisa memicu komplikasi pada jantung, ginjal, dan saraf. Kondisi ini kalau dibiarkan akan sangat berbahaya dan menurunkan kondisi tubuh dengan cepat.

Jalan kaki secara rutin akan membuat kondisi diabetes melitus lebih terkontrol. Efeknya, tubuh akan mengalami peningkatan kualitas. Komplikasi yang berbahaya tidak akan muncul.

Setelah membaca ulasan di atas, terlihat dengan jelas kalau jalan kaki bisa meningkatkan kondisi tubuh dengan baik. Bahkan, meski jalan kakinya dengan intensitas yang rendah sekali pun tetap memberikan efek.

Biasakan untuk melakukan jalan kaki secara rutin setiap harinya. Anda bisa jalan kali secara rutin setiap hari selama 15-30 menit.

Kalau kondisi tubuh sudah semakin kuat, Anda bisa meningkatkan durasi atau intensitasnya.

***

Untuk menghindari hal-hal yang lebih buruk terjadi yang disebabkan oleh Diabetes, anda dapat Konsultasi dengan Dokter Spesialis Endokrin di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre, Malaysia.

Pengalaman & keahlian dari Spesialis Penyakit Dalam & Endokrin di RS Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospitals telah menjadikan kami menjadi salah satu pusat rujukan di Malaysia.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!