Pengobatan Saraf Terjepit | Hernia Nukleus Pulposus (HNP) Di Malaysia

Penyakit Hernia Nukleus Pulposus (HNP) atau lebih dikenal dengan istilah saraf terjepit terjadi ketika bantalan ruas pada tulang belakang mengalami pergeseran sehingga menekan saraf tulang belakang. Ketika seseorang menderita saraf terjepit (HNP), pada umumnya mereka akan mengalami sakit, kelemahan, dan mati rasa di area leher, punggung, lengan, dan kaki. Dalam beberapa kasus gejala tersebut bisa semakin parah dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala Saraf Terjepit (HNP)

Kebanyakan penyakit Hernia Nukleus Pulposus/HNP/Saraf terjepit sering terjadi di area punggung bawah, meskipun bisa juga terjadi di leher. Tanda dan gejala bergantung pada tempat dimana bantalan tulang belakang bergeser dan seberapa banyak menekan saraf, biasanya hal tersebut hanya mempengaruhi satu sisi tubuh.

  • Jika HNP lumbal atau hernia menjepit saraf di punggung atau pinggang bawah, penderitanya biasanya akan merasakan nyeri paling hebat di area pantat, paha, dan betis. Penderitanya juga bisa merasakan sakit di bagian kaki.
  • Jika HNP lumbal atau hernia menjepit saraf di leher, penderitanya biasanya akan merasakan sakit yang intens di area bahu dan lengan. Rasa sakit tersebut akan menjalar ke lengan atau kaki saat penderitanya batuk, bersin, atau berpindah ke posisi tertentu.

Orang yang mengalami Hernia Nukleus Pulposus/HNP/Saraf terjepit seringkali juga mengalami mati rasa atau kesemutan yang menjalar pada beberapa bagian tubuh yang sarafnya tertekan/terjepit.
Dan lagi otot di sekitar saraf yang terjepit akan cenderung melemah. Hal ini dapat menyebabkan penderitanya tersandung, atau dapat memengaruhi kemampuan dalam memegang atau mengangkat barang.

Pada beberapa kasus penderita Hernia Nukleus Pulposus/HNP/Saraf terjepit tidak menimbulkan gejala atau tanda-tanda.  Penderitanya mungkin tidak akan sadar jika mengidap penyakit tersebut sampai dilakukan pemeriksaan pencitraan seperti MRI atau CT-scan.

Kapan Harus Jumpa Dokter ?

Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah tulang belakang jika nyeri leher atau punggung Anda menjalar ke lengan atau kaki, atau jika Anda mengalami mati rasa, kesemutan, atau kelemahan pada area leher dan punggung.

Diagnosis Saraf Terjepit (HNP)

Dalam banyak kasus saraf terjepit/HNP, pemeriksaan fisik dan riwayat medis adalah semua yang diperlukan untuk diagnosis. Jika dokter spesialis bedah tulang belakang mencurigai kondisi lain atau perlu melihat saraf mana yang terpengaruh, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan pemeriksaan penunjang lainnya

  • CT-scan – untuk melihat gambar penampang tulang belakang pasien dan struktur di sekitarnya.
  • MRI – digunakan untuk mengkonfirmasi lokasi HNP dan untuk melihat saraf mana yang terpengaruh.

Komplikasi Saraf Terjepit (HNP)

Saraf terjepit (HNP) yang tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dapat menimbulkan beberapa komplikasi berikut :

  • Rasa sakit, mati rasa, atau kelemahan yang meningkat sehingga menghambat aktivitas sehari-hari.
  • Disfungsi kandung kemih atau usus yang dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil bahkan dengan kandung kemih penuh.
  • Hilangnya sensasi progresif  yang dapat mempengaruhi area paha bagian dalam, belakang kaki dan area di sekitar rektum.

Pengobatan Saraf Terjepit (HNP) Di Malaysia

Sebagian besar penderita penyakit saraf terjepit (HNP) akan mulai membaik dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Dokter spesialis bedah tulang belakang mungkin juga akan menyarankan terapi fisik untuk membantu mengatasi rasa sakit yang dialami.

Namun, adakalanya beberapa penderita saraf terjepit/HNP membutuhkan operasi atau pembedahan. Dokter spesialis bedah tulang belakang akan menyarankan operasi jika perawatan konservatif gagal memperbaiki gejala setelah enam minggu, terutama jika penderitanya terus mengalami:

  • Nyeri yang tidak terkontrol
  • Mati rasa atau kelemahan
  • Kesulitan berdiri atau berjalan
  • Kehilangan kontrol kandung kemih atau usus

Operasi Endoskopi Saraf Terjepit/HNP Di Malaysia

Prosedurnya identik dengan operasi endoskopi lainnya, seperti artroskopi lutut, misalnya.  Apa yang membedakan operasi endoskopi HNP/lumbal dari yang lain adalah hanya ada satu saluran kerja untuk melakukan pembedahan.

Dengan peralatan dan teknologi yang canggih, durasi operasi endoskopi HNP/lumbal terbilang sangat cepat sekitar 1- 2 jam (jika tidak ada komplikasi & permasalahan serius). Paska operasi endoskopi HNP/lumbal, pasien sudah dapat berdiri dan buang air sendiri, dalam hitungan jam. Minimnya luka pembedahan sewaktu operasi juga dapat memepercepat pemulihan pasien, namun pasien tetap akan diminta menginap 1- 2 hari di rumah sakit untuk tetap dalam pemantauan dokter spesialis bedah tulang belakang

Di Unit Bedah Saraf Rumah Sakit Mahkota Medical Centre, Melaka & Regency Specialist Hospital, Johor Bahru, Malaysia, kami telah terbiasa dan berpengalaman dalam melakukan prosedur  operasi endoskopi HNP/lumbal dengan hasil yang luar biasa.

Penting untuk dicatat bahwa perlu tidaknya Anda menjalani operasi endoskopi HNP/lumbal adalah bergantung kepada rekomendasi dokter spesialis bedah tulang belakang mengacu pada diagnosis, kondisi dan hasil medis pasien.

Pertanyaan Seputar Pengobatan Saraf Terjepit (HNP) Di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis bedah tulang belakang di Malaysia mulai dari RM 100 - 300 atau sekitar Rp 300 ribuan - 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis bedah tulang belakang terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Ada 2 dokter spesialis pengobatan HNP terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya.

1. Dr Lee Chee Kean, Spesialis Bedah Tulang Belakang RS Mahkota Medical Centre

Dokter Spesialis Tulang Belakang Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia

2. Dr Teo Beng Tiong Spesialis bedah saraf, otak, & tulang belakang RS Regency Specialist Hospital, Johor Bahru, Malaysia

Dr Teo Beng Tiong

Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis pengobatan saraf terjepit/HNP di Malaysia

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya operasi endoskopi HNP/lumbal di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

FAQ

Most frequent questions and answers

Tinggalkan Balasan