Pengobatan Diabetes Di Malaysia

Apa sih itu Diabetes ?

Diabetes adalah suatu kondisi medis dimana terjadinya peningkatan pada level gula darah. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak dapat memanfaatkan gula, baik karena berkurangnya kepekaan terhadap aksi insulin atau kurangnya produksi insulin. Hal ini menyebabkan hiperglikemia (level gula darah tinggi) yang dapat menyebabkan masalah akut dan jangka panjang.

Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) 2019, setidaknya terdapat 463 juta penderita diabetes di dunia dan diperkirakan akan bertambah menjadi 700 juta pada tahun 2045. Di Indonesia sendiri pada tahun 2019, terdapat lebih dari 10 juta penderita diabetes . Dalam jumlah tersebut diketahui ada 1 dari 16 orang dewasa berusia 20-79 tahun menderita diabetes. Jumlah tersebut bukanlah jumlah keseluruhan, masih sebagian besar penduduk Indonesia yang belum terdiagnosis, terutama golongan muda. Faktor tertinggi penyebab seseorang menderita diabetes adalah pola hidup yang tidak sehat.

Terdapat 3 jenis utama diabetes yang perlu Anda ketahui :

  • Tipe 1 – terjadi ketika tubuh sudah tidak dapat memproduksi insulin (diabetes ketergantungan insulin). Hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan sel pankreas oleh antibodi tubuh sendiri. Proses ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan gejala hanya muncul ketika 80-90% sel rusak. Diabetes melitus tipe 1 umum terjadi pada anak-anak dan dewasa muda.
  • Tipe 2 – terjadi ketika insulin bekerja secara tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh adanya resistensi terhadap insulin, yang menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin. Namun seiring waktu, pankreas tidak mampu mempertahankan peningkatan permintaan dan akhirnya menyebabkan kekurangan insulin. Resistensi insulin kemungkinan besar disebabkan oleh beberapa kelainan pada pensinyalan insulin. Diabetes tipe 2 biasanya dipengaruhi oleh faktor risiko seperti riwayat keturunan/genetik, obesitas/kelebihan berat badan, dan kurang gerak (mager)
  • Diabetes gestasional – Wanita didiagnosis menderita diabetes mellitus gestasional ketika intoleransi glukosa berkembang pada trimester ke-2 dan ke-3 kehamilan. Sebagian besar wanita dengan diabetes gestasional akan kembali ke kadar glukosa normal setelah melahirkan, tetapi memiliki risiko (35-60%) terkena diabetes melitus dalam 10-20 tahun ke depan.

Selain faktor diatas, ada beberapa penyebab lain diabetes, diantaranya adalah kelainan genetik, obat-obatan, dan adanya infeksi tertentu.

Gejala diabetes yang paling umum dirasakan oleh penderitanya adalah :

  • Sering merasa haus meskipun sudah banyak minum
  • Sering buang air kecil
  • Sering merasa lapar & kecenderungan untuk makan banyak
  • Sering mengalami lelah dan lemas
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Penglihatan kabur.

Jika dokter mencurigai bahwa Anda menderita diabetes , mereka pertama-tama akan memeriksa tanda-tandanya dalam kadar gula darah Anda.

Anda dinyatakan menderita diabetes, jika :

  • Kadar glukosa darah puasa lebih dari 7.0mmol / L.
  • Tingkat tantangan glukosa pasca 2 jam lebih dari 11.1mmol / L
  • Level HbA1c lebih dari 6,3%

Ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes, diantaranya :

  • Riwayat keluarga
  • Obesitas
  • Pola makan yang tidak sehat
  • Kurang olahraga,
  • Bertambahnya usia
  • Tekanan darah tinggi dan
  • Merokok.

Jika diabetes tidak dikelola dengan baik dan terdeteksi sejak dini, maka Anda akan mengalami komplikasi serius.

  • Makrovaskular – Penyakit kardiovaskular (jantung), serebrovaskular (penyakit pembuluh darah di otak), vaskular perifer (penyempitan pembuluh nadi di jantung & otak)
  • Mikrovaskular – Retinopati, Nefropati, Neuropati

Tidak ada obat permanen untuk diabetes. Rawatan secara keseluruhan adalah meningkatkan kualitas hidup, mengurangi komplikasi dan mencegah kematian dini. Rawatan diabetes melibatkan edukasi diabetes, kontrol diet (rendah lemak, rendah gula, rendah garam dan tinggi serat) olahraga dan obat-obatan.

  • Terapi Diabetes Tipe 1 – mencakup pemberian suntikan insulin setiap hari
  • Terapi Diabetes Tipe 2 – mencakup perubahan pola hidup mulai dari pola makan, berat badan, olahraga teratur. Dalam beberapa kasus, dokter juga akan memberikan obat untuk  mengontrol glukosa dalam darah agar tetap stabil

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan diabetes di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

Diabetes adalah masalah seumur hidup. Jika terdeteksi sejak dini dan dikelola dengan baik, Anda tetap bisa menjalani hidup seperti normal. Lakukan pemeriksaan diabetes untuk diri Anda dan orang yang Anda tersayang mulai dari sekarang.

***

Artikel ini ditulis ulang dari penjelasan Dr Nagappan S/O N.Sekar, Medical Officer, Rumah Sakit Regency Specialist Hospital, Johor Bahru, Malaysia.
Dr Nagappan S/O N.Sekar
Dr Nagappan S/O N.SekarMedical Officer Regency Specialist Hospital
Read More
Dr Nagappan S/O N.Sekar merupakan medical officer yang praktik di Rumah Sakit Regency Specialist Hospital. Beliau merupakan lulusan kedokteran dari India.
perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan