Manfaat Medical Check Up –  Sebagai langkah pencegahan, kita perlu melakukan medical check up secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi suatu penyakit sejak dini.

Semakin cepat suatu penyakit terdeteksi, maka semakin cepat pula penanganan medis yang dapat diberikan, alhasil, peluang kesembuhan menjadi jauh lebih meningkat.

Medical Check up lengkap yang melibatkan pemeriksaan X-Ray atau MRI dapat dilakukan setiap setahun sekali.

Dalam kasus-kasus penyakit kritis seperti Kanker atau Jantung, diagnosis sejak dini dapat mencegah penyakit berlanjut ke tahap yang serius dan sekaligus mencegah rawatan yang lebih kompleks.

konsultasi online dengan dokter di mahkota medical centre

Pentingnya Melakukan Medical Check Up

Medical Check Up secara rutin dapat membantu mengevaluasi keadaan kesehatan Anda serta membantu mendiagnosis potensi penyakit / masalah lain yang mungkin muncul dimasa depan.

Medical check-up  diperlukan oleh setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan, usia muda maupun lanjut usia.

Dengan melakukan medical check up rutin, Anda turut serta mengambil langkah-langkah yang membantu kesempatan Anda untuk hidup lebih lama dan hidup sehat.

Usia Anda, kesehatan dan riwayat keluarga, pilihan gaya hidup (misalnya apa yang Anda makan, seberapa aktif anda, apakah Anda merokok), adalah merupakan faktor-faktor penting yang menentukan seberapa penting Anda memerlukan medical check up.

Secara umum, berikut ini bisa menjadi daftar hal-hal yang diperiksa melalui medical check-up untuk orang dewasa

Penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker seringkali dapat ditemukan pada tahap awal saat melakukan medical check up, sehingga jalannya pengobatan menjadi lebih berhasil.

Ketika Anda berencana melakukan Medical Check Up, dokter akan menjelaskan mengenai riwayat kesehatan Anda, riwayat penyakit keluarga Anda dan gaya hidup Anda.

Pola makan, berat badan, seberapa banyak Anda berolahraga, dan apakah Anda merokok dan minum alkohol atau minum obat terlarang juga akan dibahas.

Jika Anda memiliki faktor risiko tinggi, seperti riwayat keluarga dengan suatu riwayat penyakit tertentu, kemungkinan besar Anda akan terserang penyakit yang sama juga. 

Medical Check Up rutin dapat membantu dokter Anda mendapatkan tanda-tanda peringatan dini.

Ini adalah beberapa pemeriksaan umum saat medical check up tetapi dokter Anda dapat merekomendasikan pemeriksaan yang lain sesuai dengan kondisi Anda.

Pemeriksaan Kesehatan untuk Jantung Anda

Pemeriksaan kesehatan untuk risiko penyakit jantung meliputi:

  • Tekanan darah – periksa tekanan darah Anda setiap dua tahun sekali apabila tekanan darah normal, usia Anda di bawah 40 tahun, dan tidak ada riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi. Namun, jika Anda berusia diatas 40 tahun, tekanan darah Anda tinggi, dan ada keluarga dengan riwayat tekanan darah tinggi, stroke/jantung, lakukan pemeriksaan tekanan darah setiap minimal setahun sekali.
  • Tes darah – periksa kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.  Jika Anda berusia di atas 45 tahun, Anda harus melakukan tes darah ini setiap lima tahun sekali. Jika Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan keluarga memiliki riwayat penyakit tersebut, Anda harus melakukannya setiap tahun sejak usia 40 tahun.
  • Electrocardiogram (ECG) – ini adalah tes medis non-invasif dan tidak menyakitkan yang mendeteksi kelainan jantung dengan mengukur aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung saat berkontraksi.
  • Tes obesitas – kelebihan berat badan merupakan faktor risiko yang signifikan untuk banyak kondisi kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Pemeriksaan Kesehatan untuk Diabetes

Pemeriksaan untuk diabetes termasuk tes kadar gula darah puasa, yang mengukur jumlah glukosa dalam darah setelah puasa (tidak makan selama beberapa waktu). Ini biasanya dilakukan sebelum Anda sarapan. Tergantung pada tingkat risiko Anda, Anda harus diuji setiap tahun atau setiap tiga tahun sekali.

Pemeriksaan Kesehatan untuk Tulang Anda

Usia lanjut adalah faktor risiko signifikan untuk osteoporosis pada pria dan wanita. Pemeriksaankepadatan tulang membantu menentukan kesehatan tulang Anda. Secara umum, orang yang berusia di atas 50 harus melakukan pemeriksaan kepadatan tulang.

Pemeriksaan Kesehatan untuk Wanita

Agar tetap sehat dan mengidentifikasi kemungkinan masalah kesehatan pada tahap awal, penting bagi perempuan untuk melakukan medical check up secara teratur. Ada sejumlah pemeriksaan khusus yang harus Anda lakukan sebagai bagian dari rutinitas rutin Anda.

  • Pemeriksaan kanker payudara – Dianjurkan agar wanita berusia antara 50-69 tahun melakukan pemeriksaan mammogram.
  • Pemeriksaan Serviks – Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smear selama 1 tahun sekali. Bahkan meskipun Anda telah melakukan vaksinasi HPV, Anda harus terus melakukan pemeriksaan secara teratur karena vaksin tersebut tidak melindungi terhadap semua jenis infeksi HPV yang diketahui menyebabkan kanker serviks.
  • Kehamilan – Anda harus melakukan pemeriksaan umum sebelum hamil untuk membahas risiko kesehatan selama kehamilan. Setelah Anda hamil, pemeriksaan antenatal teratur membantu memantau perkembangan bayi Anda, mengambil kelainan dan menilai kesehatan Anda.

Pemeriksaan Kesehatan untuk Pria

Merupakan ide bagus untuk menjadikan medical check up rutin sebagai bagian dari rutinitas kebiasaan Anda. Ini akan membantu Anda tetap sehat dan mengambil potensi masalah sejak dini.

  • Pemeriksaan kesehatan untuk kanker prostat – Tidak direkomendasikan bahwa semua pria secara rutin diuji untuk kanker prostat. Anda perlu mempertimbangkan manfaat, risiko, dan ketidakpastian pengujian, serta risiko terserang penyakit ini. Anda dapat menghubungi dokter Anda atau Tim Perwakilan kami untuk dibantu rekomendasi paket pemeriksaan yang paling sesuai untuk Anda.

Medical Check Up untuk Lansia

Seiring bertambahnya usia, menjaga kesehatan Anda menjadi lebih penting. Berikut beberapa paket pemeriksaan yang perlu Anda ambil saat melakukan medical check up :

  • Pemeriksaan tekanan darah – setiap tahun. Jika Anda memiliki diabetes, penyakit jantung, masalah ginjal, atau kondisi tertentu lainnya, Anda perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah lebih sering.
  • Pemeriksaan kanker usus – tes sederhana untuk tanda-tanda kanker usus dianjurkan setiap dua tahun sekali jika Anda berusia di atas 50 tahun
    penapisan kolesterol dan pencegahan penyakit jantung – setiap lima tahun jika kadarnya normal. Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, masalah ginjal atau kondisi lain tertentu, Anda mungkin perlu diperiksa lebih sering.
  • Pemeriksaan diabetes – Jika Anda kelebihan berat badan dan memiliki faktor risiko lain untuk diabetes, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus medical check up lebih sering atau tidak.
  • Pemeriksaan kanker paru-paru – untuk perokok saat ini dan mereka yang telah berhenti dalam 15 tahun terakhir
  • Pemeriksaan osteoporosis – jika Anda memiliki faktor risiko osteoporosis, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda tentang pemeriksaan apa saja yang perlu dilakukan. Faktor risiko dapat mencakup penggunaan steroid jangka panjang, berat badan rendah, merokok, penggunaan alkohol berat atau riwayat keluarga dengan osteoporosis
    pemeriksaan fisik – setiap tahun atau sesuai anjuran dokter.
  • pemeriksaan gigi – setiap tahun atau lebih, atau lebih sering jika direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.
  • Pemeriksaan mata – setiap satu atau dua tahun jika Anda memiliki masalah penglihatan atau risiko glaukoma
  • Pemeriksaan pendengaran – jika Anda memiliki gejala gangguan pendengaran.
medical check up malaysia

Manfaat Medical Check-Up yang Perlu Anda Tahu

Pemeriksaan rutin dapat membantu menemukan potensi masalah kesehatan sebelum menjadi masalah yang lebih besar. Deteksi dini memberi Anda peluang terbaik untuk mendapatkan perawatan yang tepat dengan cepat, serta menghindari komplikasi.

Dengan mendapatkan layanan kesehatan, pemeriksaan, dan perawatan yang benar, Anda mengambil langkah-langkah penting untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

1. Menghemat Biaya Kesehatan di Masa Depan

Kita sering tidak pergi ke dokter karena masalahkeuangan dan waktu dan cenderung tidak mempertimbangkan implikasi biaya dari penyakit serius.

Banyak kondisi medis yang serius dapat didiagnosis selama Medical Check Up rutin dan kemudian dirawat dan dikelola dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada membiarkan suatu kondisi tidak terdiagnosis hingga menjadi lebih parah dan kemudian memerlukan lebih banyak biaya untuk perawatan.

2. Mendeteksi Masalah Kesehatan sedini Mungkin

Pemeriksaan kesehatan rutin membantu para dokter mendiagnosis penyakit sebelum berkembang menjadi proporsi yang lebih besar.

Dokter dapat menyarankan berbagai tes dan skrining pencegahan untuk membantu mendeteksi risiko apa pun kepada pasien seperti hipertensi, tekanan darah tinggi, Gangguan Penglihatan, Gangguan Pendengaran, Diabetes Melitus, Kelainan Lemak darah, Penyakit Darah dll.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Saat kualitas hidup terbilang rendah, maka tak heran jika anda menjadi gampang sakit dan rentan terhadap paparan penyakit dan virus. Untuk itu, tindakan pencegahan terbaik adalah dengan mengubah kebiasaan hidup yang buruk menjadi gaya hidup yang lebih sehat agar kualitas hidup semakin meningkat.

Akan tetapi kebanyakan dari kita tidak sadar pentingnya menjaga Kualitas hidup karena kurangnya kesadaran akan kesehatan yang begitu mahal.

Nah, dengan menjalani Medical Check Up, dokter dapat mengetahui apa saja resiko penyakit yang ada dalam diri anda sehingga dapat memberi saran terbaik untuk apapun yang boleh & tidak boleh anda konsumsi.

4. Mencegah Penyakit yang Telah Terdeteksi tidak Semakin Parah

Menemukan masalah sejak dini berarti akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat dengan lebih cepat.

Banyak faktor seperti usia, kesehatan, riwayat keluarga, dan pilihan gaya hidup Anda berdampak pada seberapa sering Anda perlu melakukan pemeriksaan sehingga pengobatan dapat dilakukan.

5. Apabila Hasilnya Normal Akan Membuat Pikiran Tenang

Jika hari ini anda masih terbayang-bayang akan kondisi kesehatan seiring bertambahnya umur, maka anda wajib melakukan pemeriksaan secara rutin minimal 1 tahun sekali untuk memastikan kondisi kesehatan anda.

Jika hasilnya normal dan tidak ditemukan resiko suatu penyakit, anda dapat melanjutkan produktifitas seperti biasa dan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

6. Masalah Terkait Stres

Saat ini banyak kasus medis yang ditemui dokter bermula dari tingkat Stress yang tinggi.

Peningkatan tingkat stres dapat menyebabkan banyak masalah mental dan fisik yang parah seperti tekanan darah tinggi dan hipertensi, gangguan mental, masalah berat badan, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, diabetes, depresi, masalah pencernaan, dan asma.

Pemeriksaan kesehatan secara teratur dapat mendiagnosis masalah ini sebelum menjadi parah dan penyedia layanan kesehatan Anda dapat membantu Anda mengelola dan memerangi penyakit terkait stres secara efektif.

Jadi, Medical Check Up rutin secara menyeluruh, tidak hanya masuk akal dari sudut pandang kesehatan tetapi juga dari segi keuangan. Berusahalah setidaknya dua kali setahun untuk melakukan medical check up rutin dan dengan demikian Anda dapat merasa tenang bahwa tidak ada hal atau penyakit serius yang akan mengejutkan Anda di masa depan.

kanker sumsum tulang

Alternatif Medical Check Up di Rumah Sakit Malaysia

Sebagai Destinasi Medical Tourism paling populer di kawasan Asia Tenggara, ternyata Malaysia juga menjadi alternatif terbaik bagi anda untuk melakukan Pemeriksaan Kesehatan yang tak kalah bagusnya.

Tidak hanya menyediakan pengobatan terhadap penyakit kronis seperti Kanker, Pengobatan DiabetesPengobatan Jantung, dll, rumah sakit di Malaysia turut menyediakan layanan Medical Check-Up yang berkualitas oleh dokter & tenaga medis berpengalaman.

Salah satu Rumah Sakit Tujuan Medical Check Up paling populer yaitu RS. Mahkota Medical Centre di Melaka dan juga Regency Specialist Hospital di Johor Baru, Malaysia.

Ada sejumlah alasan yang mendorong Pasien Indonesia untuk melakukan medical check up ke Malaysia, seperti Akses yang Mudah Menuju Rumah Sakit, Paket Pemeriksaan yang Terjangkau, serta Didukung oleh Tenaga Medis Berpengalaman. 

Keuntungan Menjalani Medical Check up di Rumah Sakit Malaysia

  • Harga Hemat dengan pemeriksaan yang lengkap
  • Hasil Medical Check Up bisa didapat pada hari yang sama
  • Konsultasi sebelum dan selepas medical check up
  • Tim spesialis dan perawat yang profesional dan berpengalaman
  • One Stop Service.
  • Disesuaikan berdasarkan umur, jenis kelamin, faktor risiko dan gaya hidup

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Pemesanan obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!