Kanker Pankreas : Gejala, Diagnosis, & Pengobatannya Di Malaysia

Kanker pankreas dimulai di jaringan pankreas. Pankreas merupakan organ di perut yang terletak di belakang bagian bawah perut yang membantu pencernaan dan menghasilkan hormon yang membantu mengelola gula darah.

Beberapa jenis pertumbuhan abnormal jaringan dapat terjadi di pankreas, baik yang sifatnya kanker maupun non-kanker. Jenis kanker paling umum yang terbentuk di pankreas dimulai di sel-sel yang melapisi saluran yang membawa enzim pencernaan keluar dari pankreas (adenokarsinoma duktus pankreas).

Kanker pankreas jarang terdeteksi pada tahap awal karena sering tidak menimbulkan gejala sampai setelah menyebar ke organ lain.

Baca Juga : Rumah Sakit Kanker Terbaik Malaysia

Jenis Kanker Pankreas

  • Eksokrin – terjadi di bagian pankreas yang menghasilkan enzim pencernaan. Enzim pencernaan membantu memecah makanan sehingga dapat diserap ke dalam tubuh.
  • Endokrin – terjadi di bagian pankreas yang menghasilkan hormon. Hormon seperti insulin membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Apa yang Anda Cari?

Gejala Kanker Pankreas

Kanker pankreas tidak mudah dideteksi pada stadium awal karena kebanyakan tidak menunjukkan gejala.

Gejala kanker pankreas diantaranya :

  • Sakit perut yang menjalar ke punggung
  • Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)
  • Kotoran berwarna terang
  • Urin berwarna gelap
  • Kulit yang gatal
  • Mudah lelah

Baca Juga: Pengobatan Kanker Payudara Di Malaysia

Diagnosis

Dokter spesialis bedah pankreas akan melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa adanya benjolan di area perut. Dokter juga akan memeriksa apakah adanya indikasi penyakit kuning pada pasien. Jika dokter mencurigai kanker pankreas, tes lebih lanjut dapat dilakukan, termasuk :

Tes pencitraan: CT Scan, PET-Scan atau MRI mungkin akan dianjurkan oleh dokter untuk memastikan diagnosis dugaan kanker pankreas. Tes pencitraan akan membantu dokter untuk memutuskan apakah akan mengangkat tumor melalui pembedahan atau tidak.

EUS (USG endoskopik) untuk menunjukkan gambar/kondisi pankreas pasien dengan menggunakan perangkat ultrasound. Perangkat dilewatkan melalui endoskopi-tabung fleksibel tipis-turun ke kerongkongan dan ke perut untuk mendapatkan gambar. Biopsi juga dapat dilakukan selama USG endoskopi.

Tes Darah: Satu tes penanda tumor yang digunakan pada kanker pankreas disebut CA19-9. Tes ini biasanya dapat membantu dalam memahami bagaimana kanker merespons pengobatan. 

Biopsi: Biopsi adalah prosedur yang digunakan untuk mengambil sampel kecil jaringan untuk pemeriksaan lebih lanjut di bawah mikroskop. 

Baca Juga: Pengobatan Kanker Paru-Paru Di Rumah Sakit Malaysia

Cara Dokter Malaysia Mengobati Kanker Pankreas

Pengobatan untuk kanker pankreas bergantung pada stadium dan lokasi kanker serta pada kesehatan dan preferensi pribadi pasien secara keseluruhan. 

Berikut adalah beberapa cara dokter di Malaysia mengobati kanker pankreas.

Operasi/Pembedahan

Operasi yang digunakan pasien dengan kanker pankreas meliputi:

  • Pembedahan untuk tumor di kepala pankreas. Jika kanker Anda terletak di kepala pankreas, pasien dapat mempertimbangkan operasi yang disebut prosedur Whipple (pancreaticoduodenectomy).
  • Pembedahan untuk tumor di tubuh dan ekor pankreas. Pembedahan untuk mengangkat sisi kiri (tubuh dan ekor) pankreas disebut pankreatektomi distal. Dokter bedah Anda mungkin juga perlu mengangkat limpa Anda.
  • Pembedahan untuk mengangkat seluruh pankreas. Pada beberapa pasien, seluruh pankreas mungkin perlu diangkat. Pasien dapat hidup relatif normal tanpa pankreas tetapi membutuhkan insulin seumur hidup dan penggantian enzim.

Setiap operasi ini bisa menyebabkan risiko infeksi dan pendarahan. Pasien akan rawat inap beberapa hari di rumah sakit dan kemudian pulih selama beberapa minggu di rumah.

Penelitian ekstensif menunjukkan operasi kanker pankreas cenderung menyebabkan lebih sedikit komplikasi bila dilakukan oleh dokter spesialis bedah yang sangat berpengalaman. Jangan ragu untuk bertanya kepada tim kami tentang pengalaman dokter spesialis bedah dan rumah sakit Malaysia mana dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Jika Anda memiliki keraguan, dapatkan pendapat kedua.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membantu membunuh sel kanker. Obat ini dapat disuntikkan ke pembuluh darah atau diminum. Anda mungkin menerima satu obat kemoterapi atau kombinasinya.

Kemoterapi juga dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi (kemoradiasi). Kemoradiasi biasanya digunakan untuk mengobati kanker yang belum menyebar di luar pankreas ke organ lain.

Kombinasi ini dapat digunakan sebelum operasi untuk membantu mengecilkan tumor. Kadang-kadang digunakan setelah operasi untuk mengurangi risiko kekambuhan kanker pankreas.

Radiasi

Terapi radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi untuk menghancurkan sel kanker. Pasien mungkin menerima perawatan radiasi sebelum atau sesudah operasi kanker, seringkali dalam kombinasi dengan kemoterapi. 

Di Mahkota Medical Centre, telah tersedia radioterapi terupdate & tercanggih yakni Tomotheraphy Radixact dimana tomotheraphy generasi terbaru ini memiliki tingkat presisi penyinaran yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga radiasi yang dipancarkan sangat minimum mengenai jaringan sehat yang berdekatan dengan tumor/kanker dan durasi prosesnya jauh lebih singkat sehingga dinilai lebih efisien, lebih efektif, hasil penyinaran lebih memuaskan, dan lebih nyaman bagi pasien penderita tumor/kanker.

Informasi Terkait Pengobatan Kanker Pankreas Di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis onkologi/kanker di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis onkologi/kanker di Malaysia mulai dari RM 100 – 300 atau sekitar Rp 300 ribuan – 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis bedah terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Catatan : Untuk case kanker pankreas Anda disarankan untuk jumpa dengan spesialis bedah hepato-pankreato-billiary & spesialis onkologi/kanker. Silahkan menghubungi MahkotaRegency.id sebelumnya karena tidak semua dokter mau menerima pasien

Rekomendasi Dokter spesialis pengobatan kanker pankreas terbaik di Malaysia

Ada beberapa dokter spesialis pengobatan kanker pankreas terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya, diantaranya :

1. Dr Tan Kia Sin, spesialis bedah hepato-pankreato-billiary, RS Mahkota Medical Centre

Dokter Spesialis Bedah Hati, Pankreas, dan Biliary

2. Dr Chong Kwang Jeat, spesialis onkologi/kanker, RS Mahkota Medical Centre

Dokter Chong Kwang Jeat

3.Dr Hayani Binti Abdul Wahid, spesialis kanker/onkologi RS Mahkota Medical Centre

Dr Hayani Binti Abdul Wahid​

4. Dr Shum Weng Yoon, Spesialis onkologi/kanker RS Mahkota Medical Centre

Dr Shum Weng Yoon

5. Dr Sanjeev Chandra Joshi, Spesialis onkologi/kanker RS Mahkota Medical Centre

Dr Sanjeev Chandra Joshi

Catatan :

Tidak semua dokter spesialis di Malaysia dapat menerima case Anda, Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis bedah yang sesuai dengan kondisi medis Anda

Rekomendasi RS Malaysia Terbaik Untuk Pengobatan Kanker Pankreas
perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan