Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah menganggap perubahan di tubuh adalah hal biasa. Misal sering pusing atau nyeri di salah satu bagian tubuh.

Padahal bisa saja perubahan itu merupakan tanda penyakit berbahaya.

Gejala penyakit berbahaya sering sekali muncul begitu saja dan dianggap remeh. Padahal kalau terus diabaikan bisa memberikan dampak yang sangat buruk. Bahkan, risiko mengalami kematian bisa besar.

Baca Juga: 5 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai 

Untuk itu, coba kenali apa saja yang terjadi pada tubuh meski itu hanya kecil dan tidak signifikan. Selanjutnya, lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui seberapa besar gangguan terjadi dan apa solusinya.

Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Terabaikan

Penyakit berbahaya yang terjadi pada tubuh sering muncul dengan gejala yang biasa saja, tapi kerap berulang. Untuk itu, coba kenali dahulu apa saja gejalanya lalu lakukan pemeriksaan untuk memastikan.

1. Napas Jadi Pendek

Kalau Anda baru saja berlari atau melakukan aktivitas fisik yang berat, napas yang pendek-pendek akan terjadi. Hal seperti ini wajar dan akan membaik. Namun, kalau dalam kondisi normal mendadak napasnya pendek, sebaiknya waspada.

Napas yang pendek tanda kalau Anda mengalami gangguan asma atau penyakit paru-paru lainnya. Segera lakukan pengobatan.

2. Penurunan Berat Badan yang Abnormal

Mengalami penurunan berat badan padahal sedang tidak diet atau menjalani aktivitas berat? Bisa jadi ada gangguan metabolisme pada tubuh yang membuat nutrisi tidak terserap dengan baik.

Selain itu, gangguan kesehatan lain seperti kanker, diabetes melitus, sampai masalah pada tiroid bisa saja terjadi. Kalau tidak segera diatasi, gangguan akan semakin parah dan mengancam nyawa.

3. Nyeri Dada

Nyeri dada bisa muncul karena beberapa hal, misal saat Anda sedang lelah olahraga sampai benturan kuat di area itu. Selain itu, nyeri dada juga bisa muncul karena beberapa gangguan kronis seperti penyakit jantung.

Untuk membedakan apakah nyeri dada yang terjadi akibat jantung atau sakit biasa, coba rasakan intensitasnya. Kalau nyerinya kuat sampai ke rahang dan ke tenggorokan, kemungkinan besar gangguan jantung sedang terjadi.

4. Kaki Sering Kram

Kaki yang sering kram padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat bisa jadi tanda penyumbatan pembuluh darah. Kondisi ini harus segera diatasi sebelum ada kerusakan pada jaringan di kaki.

5. Peningkatan Lemak di Perut

Peningkatan lemak di perut harus diwaspadai dengan baik. Karena gangguan ini bisa jadi adalah tanda dari gangguan jantung koroner, gagal jantung, atau mungkin stroke yang terjadi di otak.

6. Perubahan Bentuk dan Ukuran Tubuh

Perubahan ini bisa dalam bentuk bengkak atau mungkin benjolan yang mencurigakan. Apalagi saat disentuh terasa sakit dan terus membesar, kemungkinan ada tumor atau kanker cukup besar.

7. Kulit Tubuh Sangat Kering

Kulit yang normal umumnya lembab dan juga kenyal. Namun, kalau sering terkena paparan matahari, kemungkinan kering akan besar. Selain terkena sinar matahari, kulit kering juga bisa dipicu oleh kekurangan zat seng di dalam tubuh.

Kekurangan seng dalam jumlah banyak merupakan tanda dari gangguan kelenjar tiroid atau gondok. Coba lakukan pemeriksaan dan rawat kulit yang kering dengan menggunakan lotion.

Baca Juga: Cara Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis dari Malaysia

Dengan melihat beberapa gejala penyakit berbahaya di atas, terlihat dengan jelas kalau sebenarnya tanda itu sangat biasa saja. Namun, kalau terus diabaikan bisa jadi sangat berbahaya dan membuat penyakit sulit diatasi.

Lebih baik rugi beberapa ratus ribu untuk melakukan pengecekan ke dokter dan tidak terjadi apa-apa. Daripada tidak memeriksakan diri dan mendadak terjadi masalah pada tubuh. Risiko yang besar akan didapatkan.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit 8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!