7 Cara Menjalankan Hobi dengan Aman saat Kenormalan Baru

Kita tidak bisa selamanya berdiam diri di dalam rumah dan tidak melakukan aktivitas positif di luar. Namun, kalau berada di luar juga cukup berisiko sebabkan masalah kalau sampai terjadi penularan Covid-19.

Covid-19 memang cukup menyeramkan, tapi dengan melakukan protokol kesehatan yang benar, penularan tidak akan terjadi. Jadi, Anda bisa dengan mudah menjalankan aneka hobi sesuai dengan keinginan.

Cara Menjalankan Hobi yang Aman Saat New Normal

Kita memang sudah bisa keluar rumah dengan mudah saat ini. Namun, protokol kesehatan harus dijaga dengan baik agar kenormalan baru tidak menimbulkan masalah baru.

Baca Juga: Risiko Penularan Covid-19 di Kereta dan Cara Mencegahnya

Kalau Anda hendak menjalankan hobi yang sudah lama ditinggalkan, simak beberapa cara di bawah ini dengan saksama.

1. Pilih Hobi yang Tepat

Pilih hobi yang tepat dijalankan saat new normal. Kalau hobi yang Anda jalankan cukup berisiko terhadap penularan penyakit, ada baiknya untuk dihindari saja. Namun, kalau tidak berisiko, bisa langsung dilakukan.

Misal hobi yang Anda lakukan adalah bersepeda. Aktivitas ini memiliki risiko penularan yang rendah. Jadi, Anda bisa melakukan dengan baik dan secara rutin setiap harinya.

2. Hindari Kerumunan Dahulu

Apa pun jenis hobi yang sedang Anda lakukan, ada baiknya untuk menghindari kerumunan terlebih dahulu. Misal kalau bersepeda, hindari berbarengan dengan banyak orang, kalau mau bersama, harus ada jaraknya.

Hobi lain seperti yang ada di dalam ruangan, selalu pastikan jaraknya 1-1,5 meter. Dengan begitu, risiko penularan Covid-19 tidak akan tinggi.

3. Tidak Perlu Bersalaman Dahulu

Saat bertemu dengan banyak orang, ada baiknya hindari kontak fisik seperti sekadar bersalaman. Anda memang bisa menggunakan hand sanitizer, tapi risiko penularannya tetap saja tinggi.

Meski Anda sedang bertemu dengan banyak orang yang satu hobi, ada baiknya untuk tetap mau menahan diri. Dengan begitu, Anda tetap aman dan bisa menjalankan hobi dengan baik.

4. Selalu Melakukan Protokol Kesehatan

Selalu gunakan protokol kesehatan yang memang berlaku. Protokol kesehatan ini menyebabkan kita terhindar dari penularan Covid-19 meski terkadang agak merepotkan saat dilakukan.

Protokol kesehatan yang bisa dilakukan di luar rumah terdiri dari menggunakan masker, menggunakan face shield, memakai hand sanitizer, sampai menjaga jarak. Lakukan ini meski nantinya hobi yang dijalankan tidak bisa maksimal.

5. Melakukan Transaksi secara Cashless

Saat hobi yang Anda lakukan sering membeli sesuatu, ada baiknya untuk melakukan secara cashless. Dengan tanpa menggunakan uang, Anda bisa meminimalkan penularan Covid-19 dari uang yang sering dipegang banyak orang.

6. Rutin Membersihkan Diri

Rutin bersihkan diri, tidak hanya dengan menggunakan hand sanitizer saja. Kalau mau masuk rumah, ada baiknya untuk mandi sampai bersih dan semua pakaian yang digunakan diganti semuanya. Jadi, saat kembali ke rumah, tubuh jadi bersih.

7. Tidak Memaksakan Diri Saat Sakit

Jangan memaksakan diri kalau memang sedang mengalami gangguan kesehatan. Lebih baik di rumah dulu sampai sembuh. Kalau kondisi membaik, baru hobi bisa dijalankan dengan risiko penularannya kecil.

Baca Juga: 5 Efek Buruk Makan Tidak Teratur yang Sering Terjadi

Saat new normal muncul, kita bisa menjalankan hobi dengan baik setiap harinya. Namun, ada baiknya untuk tetap menggunakan protokol kesehatan dengan baik. Dengan begitu, risiko penularan tidak akan terjadi.

Selalu ingat, meski new normal kita bisa keluar ke mana saja. Namun, risiko penularan tetap saja ada. Apalagi virus tidak terlihat sehingga kita tahu apakah Anda sedang tertular atau tidak.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Tinggalkan Balasan