Penyakit batu ginjal adalah gangguan rasa nyeri yang sangat intens di bagian perut bagian bawah.

Gangguan ini bisa muncul akibat ada penumpukan mineral di dalam ginjal yang akhirnya membentuk kristal atau batu yang cenderung keras.

Ukuran dari batu ginjal yang terbentuk bisa kecil seperti kristal dari gula pasir. Namun, kalau sudah menumpuk dalam jangka waktu lama, kemungkinan besar bisa menjadi sebesar bola pingpong.

Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi perlahan-lahan seiring dengan berjalannya waktu. Pada kondisi awal kemunculannya praktis tidak akan ada masalah yang akan terjadi. Namun, seiring dengan membesarnya baru, gejala batu ginjal di bawah ini akan muncul.

  • Rasa nyeri cukup intens yang terjadi di perut, punggung, dan area selangkangan.
  • Rasa nyeri yang cukup tajam dan terus muncul saat berkemih.
  • Urine yang keluar dari tubuh sering berwarna kemerahan karena ada kandungan darah di sana.
  • Saat berkemih, urine yang keluar sering sekali berbusa dan baunya lebih pekat dari sebelumnya.
  • Demam dan kadang menggigil kalau di area ginjal sudah mulai terjadi infeksi.
  • Gampang mengalami anyang-anyangan atau perasaan ingin berkemih padahal saat berkemih tidak keluar dalam jumlah banyak.
  • Sering mengalami mual dan ingin muntah.

Penyebab Batu Ginjal

Ada banyak penyebab dari batu ginjal dan masing-masing pemicu bisa membuat kondisi semakin memburuk. Secara umum beberapa hal di bawah ini bisa jadi penyebab batu ginjal terbentuk:

  • Kondisi medis tertentu yang menyebabkan urine jadi lebih terkonsentrasi di ginjal.
  • Konsumsi makanan dan minuman tertentu yang substansinya susah larut dan perlahan-lahan mengalami pengendapan.
  • Kebiasaan minum yang tidak cukup setiap harinya.

Faktor Risiko

Pada kondisi tertentu, seseorang dengan kondisi atau faktor di bawah ini bisa mengalami masalah batu ginjal lebih cepat.

  • Sering dehidrasi

Dalam satu hari penuh, seorang pria atau wanita dewasa membutuhkan 8 gelas air penuh atau kurang lebih 2 liter air putih. Kalau kebutuhan air ini tidak bisa dipenuhi, kemungkinan terjadi batu ginjal akan besar.

Selain minum air putih yang kurang, seseorang dengan kondisi dehidrasi juga bisa dengan mudah mengalami masalah dengan batu ginjal. Apalagi tinggal di kawasan yang panas dan sering sekali berkeringat.

  • Memiliki riwayat dari keluarga

Riwayat keluarga juga sangat menentukan apakah seseorang mudah mengalami batu ginjal atau tidak. Kalau ada keluarga seperti ayah atau ibu yang mengalaminya, peluang terkena akan jauh lebih besar.

  • Obesitas

Seseorang bisa mengalami batu ginjal kalau mereka memiliki BMI yang tinggi. BMI yang tinggi identik dengan obesitas dan gangguan kesehatan lain seperti masalah kardiovaskular.

Obesitas akan menyebabkan tubuh sedikit terbebani akibat adanya lemak. Akibatnya beberapa organ yang ada di dalamnya termasuk ginjal tidak bisa bekerja dengan maksimal dan memicu penurunan kemampuan menyaring.

Kalau ginjal tidak bisa melakukan penyaringan dengan baik, sisa dari mineral bisa bertahan di sana. Akhirnya, pengkristalan tidak bisa dihindari dan memicu batu ginjal.

  • Mengalami kondisi kesehatan tertentu

Kondisi kesehatan tertentu seperti inflammatory bowel disease (IBD) dan diare kronis biasanya memengaruhi penyerapan kalsium di dalam air. Efeknya, kalsium yang diserap di dalam tubuh menumpuk di ginjal.

Lebih lanjut, kondisi kesehatan seperti infeksi saluran kemih yang terus berulah bisa memicu gangguan di ginjal. Dampaknya, masalah pada ginjal bisa muncul.

  • Menjalani diet khusus

Pola makan yang dilakukan oleh seseorang bisa menyebabkan penumpukan mineral. Beberapa diet yang cukup berisiko dengan masalah ini adalah tinggi protein, gula, dan garam.

Tiga komponen itu bermanfaat untuk tubuh sebagai sumber energi dan menjaga kadar air. Namun, kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa memengaruhi fungsi ginjal dalam jangka panjang.

  • Konsumsi obat atau suplemen tertentu yang berlebihan

Beberapa jenis obat dan suplemen bisa memicu pembentukan batu ginjal. Beberapa obat atau suplemen pemicu pembentukan batu ginjal terdiri dari: vitamin C, suplemen laksatif, dan obat maag dengan bahan kalsium.

Jenis Batu Ginjal

Jenis batu ginjal yang akhirnya terbentuk ada lebih dari satu. Beberapa mineral atau zat makanan tertentu bisa memicu jenis batu atau kristal di bawah ini.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan batu atau kristal paling umum terjadi pada kondisi batu ginjal. Kalsium yang terbentuk di dalam ginjal biasanya berbentuk kalsium oksalat. Mineral ini muncul kalau kita banyak mengonsumsi makanan yang kaya oksalat.

Makanan yang mengandung banyak oksalat terdiri dari kacang, cokelat, bayam, dan buah bit. Anda bisa mengurangi makanan itu agar tidak berlebihan. Selain itu, memenuhi kebutuhan kalsium sangat penting.

  1. Asam Urat

Asam urat atau uric acid adalah salah satu pemicu batu ginjal yang banyak terjadi pada pria. Kondisi ini bisa muncul kalau kita banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin cukup banyak seperti ikan laut, kerang, dan kacang.

Purin yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi asam urat. Selanjutnya, asam itu akan diedarkan ke tubuh termasuk ginjal. Dari ginjal, asam ini akan disaring dan dibuang, tapi kalau kebanyakan bisa mengendap.

  1. Struvite

Struvite merupakan batu yang terbentuk dari adanya infeksi saluran kemih. Kondisi yang sering terjadi pada wanita ini umumnya menyebabkan infeksi di ginjal dan memicu pembentukan struvite dalam jumlah banyak.

  1. Sistin

Batu ginjal jenis ini cukup langka dan jarang sekali muncul pada pria atau wanita. Biasanya seseorang yang mengalami ini punya penyakit keturunan bernama Cystinuria.

Penyakit keturunan ini menyebabkan tubuh membentuk batu dari asam amino cystine atau sistin di ginjal, uretra, dan kandung kemih.

Pengobatan Batu Ginjal

Pengobatan batu ginjal umumnya tergantung dengan jenis batu dan juga ukurannya. Namun, secara umum bisa diatasi dengan prosedur di bawah ini:

  • Obat

Obat yang digunakan secara umum ada dua jenis, pertama adalah Alpha Blocker. Obat ini kalau dikonsumsi sesuai dengan resep dokter akan membantu relaksasi saluran uretra sehingga batu ginjal mudah keluar.

Beberapa obat juga bisa membuat batu ginjal jadi lunak dan akhirnya menjadi hancur. Terakhir, untuk mereka yang mudah mengalami kambuh, ada obat yang  bisa membantu pencegahan pembentukan batu ginjal.

  • Terapi Shock Wave

Terapi ini dilakukan dengan cara memberikan energi getar yang cukup kuat di area ginjal. Getaran yang dirasakan ini tidak akan merusak ginjal, tapi bisa menghancurkan batu ginjal menjadi berkeping-keping.

Setelah terapi ini dilakukan, batu yang sudah hancur bisa ikut terbuang bersama dengan urine. Rasa sakit yang dirasakan penderita tidak muncul kembali.

  • Ureteroskopi

Prosedur ini dilakukan dengan cara memasukkan semacam tube ke saluran kemih. Selanjutnya, dari alat itu akan muncul semacam penghancur yang akan membuat batu jadi pecah atau bisa ditarik keluar.

Apabila Anda memiliki gejala batu ginjal yang sudah kronis & perlu penanganan cepat, anda dapat melakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi.

Banyak pasien dari Asia Tenggara melakukan second opinion terutama bagi pasien yang berasal dari Indonesia untuk hasil diagnosa yang lebih tepat serta penanganan yang lebih baik.

Untuk bantuan berobat ke Rumah Sakit Terbaik di Malaysia, Anda dapat menghubungi kantor perwakilan resmi rumah sakit kami yang ada di indonesia, mulai dari proses keberangkatan hingga pengobatan selesai.

Berikut Dokter Terbaik Kami Rekomendasikan:

Dr Koh Eng Thye merupakan Dokter Spesialis Urologi terkemuka di RS. Mahkota Medical Centre.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia terutama untuk beberapa kasus yang berhubungan dengan ginjal, saluran kemih, dan uretra pada pria dan wanita.

Dr Koh Eng Thye

Spesialis Urologi

Dr Cheng Kok Hong, Michael merupakan Dokter Spesialis Urologi terkemuka di RS. Mahkota Medical Centre.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia terutama untuk beberapa kasus yang berhubungan dengan ginjal, saluran kemih, dan uretra pada pria dan wanita.

Dr Cheng Kok Hong, Michael

Spesialis Urologi

Dr Yaw Chong Hwa merupakan Dokter Spesialis Ginjal terkemuka di RS. Regency Specialist Hopsitals

Banyak rujukan pasien dari Indonesia untuk pengobatan pada penyakit Ginjal, termasuk batu ginjal, gagal ginjal, dan masalah pada tekanan darah.

Dr Yaw Chong Hwa

Spesialis Ginjal (Nefrologi)

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!