Saat kita mengonsumsi makanan yang manis, zat gula akan menempel di sana dalam waktu yang lama. Zat itu akan hilang jika Anda minum atau menggosok gigi dan gigi kembali bersih seperti semula.

Baca Juga: 7 Pantangan yang Harus Dihindari agar Maag Akut Tidak Kambuh

Kalau kita tidak menggosok gigi, zat itu akan menempel dalam waktu lama dan menjadi asam. Efeknya, gigi berlubang akan muncul akibat ada bakteri yang menempel dan membuat email pada gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Secara umum gigi berlubang terjadi karena beberapa faktor di bawah ini:

  • Kekurangan mineral yang cukup parah pada tubuh. Mineral yang wajib terpenuhi kalau ingin mendapatkan gigi yang sehat adalah kalsium, fosfor, dam magnesium.
  • Kekurangan beberapa vitamin larut lemak terutama vitamin D. Vitamin lain yang juga dibutuhkan adalah A, E, dan K.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya dengan asam fitat.
  • Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula.

Cara Menangani Gigi Berlubang

Gigi berlubang kalau ditangani dengan baik bisa tidak parah. Untuk itu, lakukan beberapa hal di bawah ini kalau terindikasi punya gigi berlubang.

1. Mengonsumsi makanan dengan vitamin K

Vitamin K sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Dengan mengonsumsi sayur dengan warna hijau, kebutuhan vitamin K bisa terpenuhi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan suplemen.

2. Menyuplai banyak vitamin D di tubuh

Vitamin D bermanfaat untuk membangun kekuatan gigi. Kekurangan vitamin D akan membuat gigi mudah keropos dan akhirnya berlubang. Penuhi kebutuhan vitamin D dari makanan, suplemen, atau berjemur saat pagi.

3. Menghindari makanan yang memicu gigi berlubang

Hindari makanan yang memicu pengeroposan seperti gula, asam fitat, karbohidrat, makanan cepat sakit yang banyak minyak trans, dan makanan yang terlalu panas. Makanan sesuatu yang aman saja agar segera sikat gigi kalau terlanjur.

4. Melakukan terapi oil pulling

Metode ini dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Cara yang bisa dilakukan adalah berkumur dengan satu sendok minyak selama 20 menit. Pengobatan Ayurveda ini dipercaya mampu mengatasi masalah gigi sampai sakit kepala dan diabetes.

5. Minum air dengan kandungan basa

Gigi yang habis dipakai mengonsumsi makanan tertentu akan menjadi sangat asam. Kondisi ini mengalami pengeroposan yang memicu gigi berlubang. Solusi dari kandungan asam adalah membuatnya kembali normal.

Cara mengatasi hal ini adalah mengonsumsi minum atau berkumur dengan zat yang bersifat basa. Kandungan basa yang tinggi kalau dicampur dengan asam akan menjadi netral sehingga pengeroposan tidak terjadi.

Baca Juga: Cara Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis dari Malaysia

Gigi berlubang umumnya terjadi secara tidak sadar akibat ada pengeroposan sedikit demi sedikit. Lubang kecil terjadi karena permukaan gigi mengecil akibat bakteri yang menempel dalam jumlah yang banyak.

Kalau kondisi ini terus dibiarkan, kemungkinan besar bakteri akan membuat gigi keropos dan lama-lama jadi berlubang.

Gigi berlubang lama-lama akan menimbulkan rasa sakit dan gangguan lain di sekitar gigi dan rongga mulut.

***

Masalah gigi berlubang akan memicu banyak masalah yang lebih besar. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gigi di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre maupun Regency Specialist Hospitals.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!