Salah satu penyakit ginjal yang cukup umum dan sering terjadi pada banyak orang adalah batu ginjal. Kondisi ini muncul kalau di dalam organ terdapat batu yang muncul sendiri akibat pengkristalan selama bertahun-tahun.

Pengkristalan ini memicu terbentuknya batu dengan ukuran kecil sampai besar. Ukuran kecil tidak akan menyebabkan masalah yang besar.

Namun, kalau sudah sangat besar dan terjadi pergerakan, bisa memicu rasa sakit yang besar.

Batu ginjal yang berada di ginjal bisa menyebabkan rasa sakit yang intens. Kadang, memicu perdarahan internal dan akhirnya terbawa keluar dengan urine. Jika kondisi ini dibiarkan lama kelamaan akan memicu kerusakan ginjal yang lebih serius bahkan permanen.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghancurkan batu. Jadi, batu bisa keluar bersama dengan urine dan menyebabkan masalah yang besar pada ginjal.

Cara Menghancurkan Batu Ginjal

Penanganan untuk batu ginjal ada banyak mulai dari penggunaan obat sampai ke operasi. Beberapa yang sering digunakan adalah prosedur di bawah ini.

1. Menggunakan Obat

Beberapa jenis obat digunakan untuk menangani batu ginjal agar tidak terus memicu rasa sakit. Obat yang sering digunakan ada dua. Pertama, obat yang digunakan untuk meredakan rasa nyeri.

Selain meredakan nyeri yang sangat intens, obat untuk menghancurkan batu ginjal juga bisa digunakan. Obat ini akan menghancurkan batu ginjal perlahan-lahan dan mengeluarkan bersama dengan urine.

2. Lithotripsy (ESWL)

Prosedur ini dilakukan dengan memberikan semacam getaran yang cukup besar di sekitar perut. Dengan cara ini batu ginjal yang ada di dalam ginjal bisa hancur perlahan-lahan.

Terapi ESWL sering sekali digunakan sebagai salah satu cara karena tidak membutuhkan tindakan invasif seperti pembedahan. Namun, kemungkinan menyebabkan rasa sakit di sekitar perut tetap ada sehingga anestesi lokal sering dibutuhkan.

3. Pembedahan

Kalau batu ginjal sudah menyebabkan nyeri yang sangat intens hingga infeksi, pembedahan harus dilakukan. Operasi tunnel dilakukan dengan membuat sayatan di pinggang untuk mengambil batu ginjal yang memicu nyeri sangat intens.

4. Ureteroskopi

Apabila batu ginjal akhirnya keluar dan terjebak di uterus, proses pengeluaran harus dilakukan. Cara yang bisa dilakukan adalah ureteroskopi. Dokter akan memasukkan semacam selang dengan kamera untuk mengambil batu.

Mengenal Prosedur Terapi ESWL

Prosedur ESWL menjaci cara yang cukup efektif mengatasi batu ginjal yang bahkan sudah diterapkan sejak tahun 80-an.  Pada prosedur ini dokter akan memberikan obat pereda rasa sakit, obat anti infeksi dan kadang anestesi lokal yang menghilangkan rasa sakit selama prosedur.

Saat pasien sudah siap menjalani prosedur ESWL, dokter akan memasangkan alat di dekat ginjal. Selanjutnya gelombang atau getaran akan diberikan.

Umumnya dibutuhkan sekitar 1-2 ribu getaran agar batu bisa hancur dan akhirnya terbawa bersama urine.

Prosedur ini bisa dilakukan selama 45-60 menit. Selanjutnya pasien akan diminta berada di ranjang selama kurang lebih sejam. Selanjutnya mereka diperbolehkan untuk keluar dari rumah sakit sambil diberi resep.

Mengapa Terapi ESWL Harus Dilakukan

Prosedur ESWL dilakukan karena beberapa alasan berikut:

  • Batu yang terbentuk terlalu besar atau di atas 5 mm.
  • Batu ginjal menyumbat aliran urine.
  • Batu ginjal menyebabkan perdarahan dan infeksi.
  • Obat jenis apa pun tidak efektif untuk mengatasi nyeri dan menghancurkan batu.

Efektivitas ESWL

Efektivitas dari prosedur ESWL ini cukup besar dan sekitar 3 dari 4 pasien tidak akan memiliki batu ginjal sepenuhnya. Artinya, batu ginjal akan hancur perlahan-lahan dan akhirnya ikut keluar bersama dengan urine.

Apabila prosedur ini tidak bisa berjalan dengan lancar, kemungkinan besar masih ada batu yang tersisa. Biasanya operasi seperti endoskopi harus dilakukan untuk segera mengambil batu agar tidak memicu infeksi.

Dengan tingkat keberhasilan sampai 70-75%, prosedur ini sangat disarankan untuk mereka yang ingin mengatasi batu ginjal tanpa harus menggunakan prosedur operasi.

Penyembuhan Pasca ESWL

Setelah prosedur ESWL dilakukan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pasien untuk membuat kondisi tubuhnya membaik dan tidak terasa sakit lagi di area perut bagian bawah.

1. Menghindari Makanan/Minuman yang Menghasilkan Batu

Hindari makanan dan minuman yang bisa mengembalikan batu ginjal muncul dan memicu gangguan kembali. Setelah prosedur ESWL dilakukan, batu akan keluar perlahan-lahan, tidak langsung semuanya. Biasanya sebulan akan habis.

Kalau Anda kembali mengonsumsi makanan yang bisa menumpuk kembali batu ginjal, penyembuhan akan sulit dilakukan.

2. Minum Cukup Air Putih

Air putih yang diminum setiap hari harus di atas 8 gelas penuh. Air yang diminum akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan ciaran. Selain itu, air juga membantu pengeluaran batu ginjal yang pecah pasca ESWL.

Pecahan batu ginjal akan ikut dikeluarkan dari ginjal melalui urine seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, air juga akan mengurangi jumlah darah dalam urine.

3. Melakukan Aktivitas yang Membantu Mengeluarkan Batu

Jalan santai atau aktivitas olahraga yang ringan bisa membantu mengeluarkan batu ginjal di dalam tubuh yang sudah hancur. Lakukan olahraga dengan rutin setiap saat selama kurang lebih 2 bulan pertama lalu tingkatkan.

4. Konsumsi Obat dan Pengecekan

Konsumsi semua obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Kalau diminta habiskan, lakukan sampai habis sehingga kemungkinan terjadi infeksi atau masalah lain bisa diminimalkan.

Batu ginjal yang ukurannya sangat kecil mungkin tidak menyebabkan masalah besar pada ginjal. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, rasa sakit akan muncul. Bahkan, kondisi perdarahan sampai infeksi bisa saja terjadi.

Apabila gejala dari batu ginjal seperti nyeri di perut bawah dan adanya urine di darah bisa bisa terjadi, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke Dokter Spesialis yang tepat.

Prosedur Terapi ESWL untuk Tangani Batu Ginjal 1

Banyak keuntungan bagi penderita batu ginjal jika menjalani Terapi ESWL seperti:

  • Tidak invasive / pembedahan
  • Tidak dibutuhkan anestesi karena hanya ada sedikit rasa nyeri yang tidak terlalu menyakitkan
  • Tidak dibutuhkan Rawat Inap, Jika mengalami residif (kambuh) ESWL dapat dilakukan lagi
  • Dapat digunakan pada semua usia.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, tindakan ini hanya dapat dilakukan jika Ukuran batu antara 5 – 20 mm dengan gejala yang mengganggu, serta Kondisi kesehatan pasien memenuhi syarat dari dokter spesialis.

Untuk penanganan yang lebih baik, anda dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi di Rumah Sakit Regency Specialist Hospital & Mahkota Medical Centre di Malaysia

Bahkan setiap tahunnya, Pusat Urologi Rumah Sakit Mahkota Medical Centre telah melakukan lebih dari 14.000 kasus operasi. ESWL juga dapat dilakukan kapan saja setelah melalui prosedur dari dokter.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penanganan ESWL serta konsultasi dengan dokter terbaik di Malaysia silahkan hubungi kantor Perwakilan Rumah Sakit kami di Indonesia melalui website MahkotaRegency.id

Dr Koh Eng Thye merupakan Dokter Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre.

Lulusan Sarjana Kedokteran & Sarjana Bedah di Universitas Mangalore, India dan spesialisasi di National University Of Singapore.

Dr Koh Eng Thye

Spesialis Urologi di Melaka

Dr Cheng Kok Hong, Michael merupakan Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre.

Menyelesaikan gelar Kedokteran dan Sarjana Bedah di The Queen’s University Of Belfast serta pendidikan spesialisasi di Royal College of Surgeons, Irlandia

Dr Cheng Kok Hong, Michael

Spesialis Urologi di Melaka

Dr Koh Joo Lee merupakan Dokter Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre.

Banyak rujukan pasien terutama untuk gangguan penyakit pada saluran kemih (ginjal, kandung kemih, ureter, uretra) serta masalah Urogenital.

Dr Koh Joo Lee

Spesialis Urologi di Johor Baru

Dr Koh Eng Thye merupakan Dokter Spesialis Urologi terkemuka di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre.

Beliau menyelesaikan Gelar Sarjana Kedokteran & Sarjana Bedah di Universitas Malaya serta pendidikan spesialis di Royal College of Surgeons (Urology) 

Dr Han Pei Kwong

Spesialis Urologi di Johor Baru

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!