Pengobatan Kanker Tiroid Di Malaysia

Kanker tiroid adalah jenis kanker yang terjadi pada kalenjar tiroid, kalenjar kecil di pangkal leher yang menghasilkan hormon untuk mengatur detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan berat badan.

Kanker tiroid paling sering terjadi pada orang berusia 30-an dan usia 60 tahun ke atas. Wanita berpeluang 2 hingga 3 kali lebih mungkin untuk menderita kanker tiroid dibandingkan dengan pria. Kanker tiroid dapat disembuhkan

Pada beberapa kasus, kanker tiroid mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun pada awalnya. Namun, saat kanker mulai tumbuh/berkembang, penderitanya akan mengalami rasa sakit dan bengkak di leher. Meskipun begitu, kanker tiroid masih bisa disembuhkan jika mendapatkan pengobatan yang tepat.

Baca Juga :

Cara Dokter Malaysia Mengobati Hipertiroid

Prosedur Tiroidektomi Di Malaysia

Prosedur Berobat Ke Malaysia Saat Ini

Apa yang Anda Cari?

Gejala Kanker Tiroid

Gejala utama kanker tiroid meliputi :

  • Terdapat benjolan (biasanya tidak sakit) atau pembengkakan di bagian depan leher – meskipun hanya 1 dari 20 benjolan di leher yang merupakan kanker
  • Pembengkakan kalenjar di leher
  • Suara serak yang tidak dapat dijelaskan & tidak membaik setelah beberapa minggu
  • Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh
  • Kesulitan menelan makanan/minuman

Kapan Harus Jumpa Dokter?

Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis endokrin jika memiliki gejala kanker tiroid seperti diatas. Gejalanya mungkin disebabkan oleh kondisi yang kurang serius, seperti pembesaran tiroid (gondok), jadi penting untuk memeriksakannya.

Jika dokter mengira Anda mungkin menderita kanker tiroid atau mereka tidak yakin apa yang menyebabkan gejala Anda, Anda akan untuk melakukan beberapa pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosa Kanker Tiroid

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis kanker tiroid meliputi:

  • Pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa leher Anda untuk merasakan perubahan fisik pada tiroid Anda, seperti nodul tiroid.
  • Tes darah – untuk membantu menentukan apakah kelenjar tiroid berfungsi normal.
  • USG leher – untuk membantu dokter menentukan apakah nodul tiroid cenderung non-kanker (jinak) atau apakah ada risiko bahwa itu mungkin kanker.
  • Biopsi – untuk mengambil sampel jaringan tiroid yang mencurigakan
  • Tes pencitraan lainnya (CT scan, MRI, PET-scan) – untuk membantu dokter menentukan apakah kanker telah menyebar di luar tiroid.

Jenis Kanker Tiroid

Ada 4 jenis utama kanker tiroid:

  • Karsinoma Papiler – jenis yang paling umum, terhitung sekitar 8 dari 10 kasus; biasanya mempengaruhi orang di bawah usia 40 tahun, terutama wanita
  • Karsinoma folikular – menyumbang hingga 1 dari 10 kasus dan cenderung mempengaruhi orang dewasa paruh baya, terutama wanita
  • Karsinoma tiroid meduler – menyumbang kurang dari 1 dari 10 kasus; tidak seperti tipe lainnya, jenis ini lebih banyak disebabkan oleh faktor genetik
  • Karsinoma tiroid anaplastik – jenis yang paling langka dan paling serius, terhitung sekitar 1 dari 50 kasus; biasanya mempengaruhi orang di atas usia 60 tahunan

Karsinoma papiler dan folikular cenderung lebih mudah diobati daripada jenis lainnya.

Cara Dokter Malaysia Mengobati Kanker Tiroid

Pilihan pengobatan untuk kanker  tiroid tergantung pada lokasi kanker, stadium dan agresivitasnya. Dokter juga akan mempertimbangkan kesehatan pasien secara keseluruhan dan preferensi pasien saat membuat rencana perawatan.

Operasi

Kebanyakan orang dengan kanker tiroid menjalani operasi untuk mengangkat tiroid, baik untuk mengangkat sebagian tiroid (hemitiroidektomi) ataupun seluruhnya (tiroidektomi). Operasi mana yang mungkin direkomendasikan dokter, semuanya bergantung pada jenis kanker tiroid, ukuran kanker, apakah kanker telah menyebar di luar tiroid dan hasil pemeriksaan ultrasound pada seluruh kalenjar tiroid.

Kemoterapi

Kemoterapi tidak umum digunakan pada pengobatan kanker tiroid, tetapi bisa digunakan dalam kondisi tertentu di mana pilihan pengobatan lain tidak merespons. Kemoterapi bisanya lebih direkomendasikan pada kasus kanker tiroid stadium lanjut.

Radioterapi

Radioterapi diberikan baik sebagai yodium radioaktif atau radioterapi sinar eksternal.

Terapi yodium radioaktif diberikan setelah operasi untuk mengangkat jaringan tiroid yang tersisa setelah tiroidektomi. Terapi ini diberikan setelah beberapa minggu operasi untuk mengurangi risiko kekambuhan. Yodium radioaktif diberikan ke dalam aliran darah yang kemudian masuk ke tiroid dan menghancurkan sel-sel kanker.

Sedangkan, Radioterapi sinar eksternal digunakan pada kanker tiroid tertentu. Terapi ini digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker setelah operasi dan mencegah kekambuhan.

Di Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia, telah tersedia alat tercanggih untuk terapi radiasi yakni Tomotheraphy Radixact . Tomotheraphy Radixact generasi terbaru ini memiliki tingkat presisi penyinaran yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga radiasi yang dipancarkan sangat minimum mengenai jaringan sehat yang berdekatan dengan tumor/kanker dan durasi prosesnya jauh lebih singkat sehingga dinilai lebih efisien, lebih efektif, hasil penyinaran lebih memuaskan, dan lebih nyaman bagi pasien penderita tumor/kanker.

Tomotheraphy Radixact : Sistem Radiasi Rawatan Kanker Ter-Update & Pertama di Malaysia

Terapi Hormon

Terapi hormon membantu mengobati kanker tiroid atau mengganti hormon tiroid setelah operasi. Ini termasuk hormon T3 dan T4, yang menghambat sekresi hormon TSH. Penurunan kadar TSH membatasi pertumbuhan kanker. Hormon tiroid yang diganti mencegah perkembangan gejala kanker tiroid.

Pertanyaan Seputar Berobat Kanker Tiroid Di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis di Malaysia mulai dari RM 100 - 300 atau sekitar Rp 300 ribuan - 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis bedah terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Catatan : Untuk case kanker tiroid Anda disarankan untuk jumpa dengan spesialis endokrin, spesialis bedah umum (jika diperlukan operasi) & spesialis onkologi/kanker. Silahkan menghubungi MahkotaRegency.id sebelumnya karena tidak semua dokter mau menerima pasien

Ada beberapa dokter spesialis pengobatan kanker tiroid terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya, diantaranya :

1. Dr Lim Siang Chin, Spesialis Endokrin, RS Mahkota Medical Centre

Spesialis Endokrin

2. Dr Chong Kwang Jeat, spesialis onkologi/kanker, RS Mahkota Medical Centre

Dokter Chong Kwang Jeat

3.Dr Hayani Binti Abdul Wahid, spesialis kanker/onkologi RS Mahkota Medical Centre

Dr Hayani Binti Abdul Wahid​

4. Dr Shum Weng Yoon, Spesialis onkologi/kanker RS Mahkota Medical Centre

Dr Shum Weng Yoon

5. Dr Sanjeev Chandra Joshi, Spesialis onkologi/kanker RS Mahkota Medical Centre

Dr Sanjeev Chandra Joshi

Catatan :

Tidak semua dokter spesialis di Malaysia dapat menerima case Anda, Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis bedah yang sesuai dengan kondisi medis Anda

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan kanker tiroid di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest
Leave a comment
Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan