Memiliki kanker adalah hal paling buruk yang dialami oleh banyak orang. Apalagi jenis kanker yang dialami sangat berbahaya dan stadiumnya lanjut. Pengobatan yang berat akan dijalani hingga gejala membaik dan kankernya hilang.

Baca Juga: Gejala Kanker Nasofaring dan Pengobatannya

Dalam prosedur penanganan kanker, biasanya sel sekecil apa pun akan diangkat atau dibunuh agar tidak tumbuh lagi. Sayangnya, pada kondisi tertentu, kanker yang harusnya sudah hilang dari tubuh mulai muncul lagi dan membesar.

Mengapa Kanker Bisa Kembali Lagi?

Jawaban paling mudah dari pertanyaan ini adalah adanya sel yang tersisa di lokasi kanker. Sel ini tidak terdeteksi dan lambat laun membesar dan jadi tumor yang memiliki sifat kanker. Dari sini, penyakit yang berbahaya itu muncul kembali.

Munculnya kembali kanker bukan berarti prosedur yang Anda jalankan salah atau tidak efektif. Terkadang ada sel kanker yang memang dikenal bandel dan memiliki daya tahan tinggi terhadap obat kimia atau prosedur lain.

Itulah kenapa kanker bisa muncul kembali meski selnya yang tersisa hanya sedikit atau beberapa saja. Sel ini bisa tumbuh diam-diam karena tidak akan dirasakan secara langsung oleh tubuh.

Jenis Kanker yang Muncul Kembali

Setiap kanker yang muncul di organ tubuh memiliki keunikan sendiri-sendiri. Semua bisa diatasi dengan operasi, kemoterapi, atau terapi lain yang difungsikan untuk membunuh sel atau mengecilkannya.

Hingga sekarang dokter masih tidak tahu jenis kanker apa saja yang bisa muncul atau kambuh kembali. Namun, dari beberapa kasus yang sering terjadi, kanker berikut ini dikenal sering kambuh.

  • Kanker ovarium. Dari beberapa kasus yang sudah terjadi, sekitar 7 dari 10 orang yang sudah sembuh dari kanker bisa mengalaminya kembali.
  • Kanker kolorektal atau kanker di usus besar dan rektum. Sekitar separuh dari pasien yang dinyatakan sembuh ternyata bisa kambuh. Kondisi ini bisa muncul di tiga tahun pertama setelah dinyatakan sembuh.

Kalau memiliki jenis kanker ini, ada baiknya untuk secara rutin memeriksakan diri. Misal setahun sekali melakukan medical checkup. Dengan begitu, dokter akan tahu apakah ada kanker yang muncul kembali atau tidak.

Lokasi Kanker Kembali Setelah Sembuh

Sel kanker yang ada di tubuh bisa berada di satu tempat atau menyebar cukup jauh ke banyak tempat. Nah, kalau kanker yang dialami oleh tubuh kambuh, berikut beberapa lokasinya.

  • Dekat dengan kanker awal. Misal kanker yang muncul di sekitar serviks, maka kanker baru akan berada di dekat tempat pertama munculnya.
  • Area sekitar organ. Kanker bisa muncul di area agak luas dari organ yang pertama kena karena sel yang berbahaya sudah terlanjur menyebar ke kelenjar getah bening atau jaringan lain.
  • Organ atau area yang agak jauh. Apabila kanker sudah mengalami metastasis, sel bisa menyebar ke banyak tempat. Misal kanker bermula di sekitar usus, bisa menyebar ke area paru-paru.

Dokter yang mencurigai adanya kanker di tubuh entah di mana posisinya akan meminta pasien untuk melakukan pemeriksaan yang lebih akurat. Dengan pemeriksaan ini akan diketahui lokasi dari kanker secara akurat.

Salah satu jenis tes yang cukup direkomendasikan untuk dipakai adalah PET Scan. Kalau pakai alat ini, lokasi, ukuran, dan juga stadium dari kanker yang muncul kembali bisa diketahui lebih akurat.

Pengobatan Kanker yang Bisa Dilakukan

Pengobatan kanker terhadap kondisi “kambuh” ini sebenarnya sama dengan prosedur lain. Semua ditentukan dengan lokasi, ukuran, dan stadium dari kanker itu sendiri.

Apabila sudah diketahui sejak dini, prosedur kemoterapi mungkin bisa dilakukan agar sel yang baru saja tumbuh bisa segera mati. Namun, kalau sudah membesar, radiasi bisa dilakukan agar mengecil baru dilakukan operasi.

Lakukan prosedur yang kurang lebih sama dengan prosedur saat awal terkena kanker. Jadi, secara umum pasien akan terbiasa sehingga tidak akan ada masalah meski rasa lelah, jenuh, dan marah bisa saja muncul.

Cara Mengatasi Efek Kemunculan Kanker

Efek dari kemunculan dari kanker tidak akan menyerang secara fisik saja. Mereka juga akan menyerang secara mental dan hal ini bisa sangat berbahaya. Berikut beberapa cara untuk mengatasi efek kemunculan kanker.

  • Stres yang berlebihan

Saat pertama kali didiagnosis kanker, beberapa orang merasa hancur. Nah, pada diagnosis kedua ini, rasa hancurnya bisa lebih besar. Apalagi sudah sembuh sebelumnya dan tidak mengalami masalah selama bertahun-tahun.

Cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan membaginya ke keluarga atau teman terdekat. Tidak masalah Anda mau mengeluh, yang penting beban yang dialami akan reda.

  • Marah

Marah pada diri sendiri adalah hal wajar. Apalagi sudah banyak rencana dibuat, tapi terpaksa gagal karena harus mendapatkan perawatan kanker. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

  • Mulai ragu dengan penanganan

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan prosedur kesehatannya. Karena kanker memiliki sifat “bertahan” pada pengobatan yang berbeda. Lebih baik meyakinkan diri dan menjalankan pengobatan dengan baik.

  • Lelah

Bolak-balik rumah sakit, keluar banyak uang, dan banyak rencana jadi berantakan membuat beberapa orang akhirnya lelah baik fisik atau mental. Coba kuatkan support system agar banyak orang bisa memberikan semangat.

Mencegah Kemunculan Kanker

Kanker bisa muncul karena ada sel yang tumbuh kembali. Selain itu, penyakit juga bisa muncul karena gaya hidup kita yang sangat buruk. Untuk itu, coba lakukan beberapa cara pencegahan di bawah ini.

  • Melakukan diet yang tepat setelah sembuh. Anda tidak boleh makan sembarangan dan berfokus pada buah, sayur, menghindari gula dan makanan olahan yang berasal dari daging merah.
  • Mengonsumsi suplemen untuk menyuplai vitamin dan mineral.
  • Berusaha menjaga tekanan darah dan kesehatan sistem kardiovaskular secara menyeluruh.
  • Menjaga berat badan dengan baik dan menghindari terjadinya obesitas.
  • Melakukan olahraga secara rutin dan menghindari duduk terlalu lama untuk bekerja. 
  • Lakukan medical checkup secara rutin.

***

Munculnya kanker yang seharusnya sudah sembuh akan memberikan guncangan yang besar pada banyak orang. Apalagi sudah ada banyak rencana dilakukan setelah terbebas dari kanker yang mematikan ini.

Meski melelahkan, kanker tetap harus dilawan dan tidak boleh menyerah. Kalau pasrah, kanker bisa menyebar dari lokasi awal muncul ke banyak tempat. Efeknya, penyembuhan akan sulit sekali dilakukan.

Baca Juga: Kanker Sumsum Tulang: Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Apabila dokter spesialis kanker atau onkologi mengatakan kanker tubuh, Anda atau saudara yang mengalaminya harus tetap semangat. Kalau butuh second opinion, kami sarankan untuk datang ke Mahkota Medical Centre.

Rumah sakit terbaik di Malaysia ini memiliki Cancer Centre yang jadi rujukan banyak warga lokal dan Indonesia. Alat untuk mendiagnosis dan penangannya juga sangat canggih dan terbaru. Jadi, peluang Anda sembuh akan besar.

Yang perlu disiapkan sekarang adalah mental untuk menjalani semua dengan baik. Kami selaku perwakilan resmi Mahkota juga siap membantu Anda dari pemilihan dokter, temu janji, sampai keberangkatan ke Malaysia.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!