87 / 100

Komplikasi kanker paru adalah salah satu penyebab kematian yang besar di seluruh dunia. Dibandingkan dengan jenis kanker lain, kanker jenis ini sering sekali sulit untuk diatasi sehingga peluang sembuh dan bertahannya sangat kecil.

Memahami gejala kanker paru sangat penting untuk mencegah terjadinya metastasis atau kondisi yang parah lain. Terlebih kalau sampai mengalami komplikasi. Risiko mengalami kematian akan sangat besar.

Komplikasi Kanker Paru

Kanker paru adalah penyakit yang sering sekali dialami oleh pria. Kalau kondisi kanker tidak segera ditangani dengan baik, beberapa komplikasi di bawah ini bisa muncul.

1. Nyeri yang sangat intens

Kalau kanker sudah menyebar dengan cukup masif dan tidak dicegah lagi, rasa nyeri akan sering terjadi di dada. Nyeri yang terjadi ini sering tidak bisa ditangani dengan menggunakan obat pereda nyeri yang sudah diberikan oleh dokter.

Efeknya, Anda akan sering merasa tidak nyaman saat sedang melakukan apa pun. Bahkan, saat sedang tidur di malam hari sekalipun, rasa sakit bisa muncul dan menyebabkan Anda jadi terjaga berkali-kali.

2. Napas jadi pendek

Saat kanker yang ada di paru mulai menyebar dan membesar, beberapa saluran udara di paru akan tersumbat. Efeknya, udara segar yang banyak mengandung oksigen tidak akan bisa masuk dengan baik.

Kalau tubuh tidak mendapatkan oksigen dengan jumlah cukup, rasa lelah dan lemas akan sering terjadi. Saat pasien melakukan aktivitas agar intens, napas yang dimiliki akan jadi pendek-pendek.

3. Batuk dan mengeluarkan darah

Saat kanker tumbuh cukup masif dan menyebar ke beberapa bagian dari paru, kemungkinan besar memicu perdarahan. Pembuluh darah di saluran udara bisa pecah dan menyebabkan cairan itu keluar saat batuk.

Perdarahan yang terjadi saat kanker paru adalah tanda dari kondisi yang parah. Kalau hal ini tidak segera mendapatkan penanganan yang baik, kemungkinan besar memicu infeksi yang parah dan risiko kerusakan semakin tidak terkontrol.

4. Kemungkinan kanker menyebar

Penyebaran atau metastasis dari kanker bisa saja terjadi kalau penanganan dilakukan dengan telat. Sel kanker yang awalnya hanya ada di paru bisa menyebar ke organ sekitarnya seperti tulang, lambung, sampai ke pankreas.

Kalau kanker sudah mengalami metastasis dan menyebar ke banyak tempat, kemungkinan besar akan memicu masalah yang serius. Penanganan terhadap kanker jadi lebih kompleks dan risiko mengancam nyawa jadi besar.

5. Penumpukan cairan di paru

Seiring dengan semakin memburuknya kondisi paru-paru, penumpukan cairan bisa saja terjadi. Kondisi ini menyebabkan ruang di paru untuk menerima udara bersih jadi menyempit cukup signifikan.

Penanganan yang serius harus dilakukan pada kondisi ini. Kalau tidak, gangguan napas akan lebih sering terjadi. Bahkan, membuat penderita butuh alat bantu.

Tanda Kanker Paru

Seseorang yang mengalami kanker paru biasanya memiliki beberapa tanda atau gejala di bawah ini:

  • batuk yang dialami semakin parah seiring dengan berjalannya waktu
  • saat batu, dahak yang keluar sering berisi darah
  • napas jadi sangat pendek-pendek
  • tubuh mendadak lemas dan tidak bertenaga, selain itu rasa lelah juga lebih sering muncul
  • saat mengalami batuk intens, nyeri di dada terasa intens
  • nafsu makan menurun dan memicu penurunan berat badan cukup cepat 
  • kadang-kadang mengalami sakit kepala
  • sakit di tulang sekitar dada dan punggung

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Paru

Penyebab utama dari kanker paru adalah merokok. Saat seseorang merokok, racun akan ikut masuk ke dalam darah dan akhirnya masuk ke paru. Efeknya, sel kanker akan muncul dengan sendirinya.

Orang yang berisiko terkena kanker paru adalah mereka yang merokok secara aktif. Selain itu, mereka yang menjadi perokok pasif juga memiliki kemungkinan besar untuk mengalaminya juga.

Selain merokok, ada faktor risiko lain yang membuat seseorang lebih mudah terkena kanker paru:

  • Ada riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker paru sebelumnya.
  • Terpapar zat berbahaya yang bisa memicu kanker seperti arsenik, nikel, kromium, dan lainnya. Zat ini terdapat di kawasan proyek
  • Terpapar zat radon, zat ini bisa menyebabkan kanker kalau akumulasinya di udara cukup tinggi.
  • Pernah mengalami kanker jenis lain dan mengalami terapi radiasi.

Pengobatan Kanker Paru

Pengobatan kanker paru biasanya disesuaikan dengan stadium dan ukuran dari kankernya. Namun, secara umum prosedur ini harus dilakukan:

  • Operasi

Operasi dilakukan untuk mengangkat beberapa bagian paru. Hal ini dilakukan untuk membuang bagian paru yang terkena kanker agar tidak menyebar ke banyak sel dan organ.

  • Terapi radiasi

Radiasi dilakukan untuk mengecilkan ukuran dari sel kanker yang ada di paru. Kalau ukurannya masih besar, kemungkinan untuk dilakukan operasi sangat kecil.

Dengan radiasi, beberapa kanker yang ukurannya kecil bisa segera mati. Jadi, tindakan invasif tidak perlu dilakukan.

  • Kemoterapi

Kemoterapi diberikan untuk membunuh sel kanker dengan cukup cepat dan di seluruh tubuh. Jadi, kalau ada sel kanker yang terlanjur menyebar ke organ lain, kemungkinan dibasmi akan besar.

  • Terapi Tertarget

Terapi ini dilakukan langsung ke pusat dari kankernya. Terapi langsung dilakukan ke paru. Jadi, kemungkinan menyebabkan efek samping sangat kecil. Berbeda dengan kemoterapi yang akan menyebar ke seluruh tubuh.

Komplikasi kanker paru yang parah seperti batuk dan mengeluarkan darah bisa berbahaya. Bahkan, risiko menyebabkan kematian akan besar kalau sampai mengalami metastasis ke organ lain yang ada di sekitarnya.

Apabila gejala kanker paru terlihat dan ada riwayat merokok yang cukup aktif sebelumnya, lebih baik segera melakukan konsultasi ke Dokter Spesialis Paru / Respiratori serta Radiologi & Onkologi.

Dokter terbaik di Mahkota Medical Centre akan membantu Anda dalam menangani masalah kanker dari mulai skrining sampai ke penanganan secara medis. Di Mahkota juga ada Cancer Centre yang membuat penanganan kanker lebih baik.

Maksud dari penanganan yang lebih baik adalah adanya pusat bantuan untuk masalah yang mengiringi kanker. Misal ada gangguan psikis dan masalah rasa sakit yang kadang mengganggu. Biasanya pengobatan dengan basis paliatif juga diberikan.

Informasi lain seputar kanker paru, dokter yang menangani, hingga metode untuk konsultasi dan pengobatan, hubungi kami ya. Sebagai perwakilan resmi, kami siap membantu Anda untuk konsultasi secara gratis.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!