Penyebab kanker serviks yang sangat meresahkan wanita hingga saat ini belum diketahui penyebab jelasnya.

Namun, beberapa yang dianggap memiliki peran besar dalam memunculkan sel karsinogen adalah infeksi HPV di area kemaluan.

Baca Juga: Fakta & Mitos Kanker Payudara yang Sering Dialami Oleh Wanita

Selain infeksi dari human papillomavirus, kanker serviks yang dialami oleh wanita juga sering terjadi akibat makanan dan minuman. Apa saja yang dikonsumsi oleh wanita bisa memicu masalah di organ reproduksinya.

Makanan dan Minuman Penyebab Kanker Serviks

Salah mengonsumsi makanan dan minuman akan membuat wanita mudah mengalami gangguan di organ kewanitaan dan reproduksinya. Supaya penyakit berbahaya seperti kanker serviks tidak terjadi, hindari makanan berikut.

1. Makanan cepat saji dan olahan

Makanan cepat saji dan olahan seperti yang banyak tersebar di Indonesia dan dunia jadi pemicu obesitas. Banyaknya kandungan lemak trans dan jenuh pada makanan itu membuat tubuh mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan.

Obesitas akan menyebabkan daya tahan tubuh mengalami penurunan. Menurut American Cancer Society, kondisi ini bisa meningkatkan peluang terjadinya kanker serviks pada wanita.

2. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi dan kambing mengandung kolesterol dan lemak dalam jumlah banyak. Kalau Anda mengonsumsinya secara rutin tanpa dibarengi dengan gaya hidup sehat, risiko kanker serviks akan terjadi.

Daging merah adalah salah satu sumber protein yang baik. Apalagi Anda sedang membentuk otot di tubuh. Sayangnya, kalau lemak tidak dihilangkan, efek jangka panjangnya menyeramkan.

3. Makanan dengan lemak jahat

Makanan dengan kandungan lemak jahat seperti lemak trans dan lemak jenuh bisa memicu adanya kanker serviks pada tubuh wanita. Lemak trans dan lemak jenuh akan memicu hadirnya sel karsinogen ke seluruh tubuh termasuk di serviks.

Lemak trans umumnya terdapat pada makanan yang digoreng dengan minyak banyak atau deep fried. Selanjutnya lemak jenuh terdapat pada makanan yang yang jadi sumber protein seperti daging ayam dan daging sapi yang berlemak.

4. Alkohol

Alkohol memang tidak secara spesifik menjadi penyebab kanker serviks. Namun, penyebab kanker secara umum dan gangguan penyakit lain yang berbahaya seperti jantung dan gangguan pada hati serta ginjal.

Mengonsumsi alkohol secara berkala dan dalam jumlah banyak akan menurunkan daya tahan tubuh. Apalagi mereka yang mengonsumsi berada di daerah tropis dan tidak membutuhkan efek hangat dari minuman keras ini.

5. Minimnya asupan buah dan sayur

Kalau makanan lain akan berdampak buruk jika sampai kelebihan, sayuran dan buah justru disarankan. Konsumsi sebanyak-banyaknya dalam diet sangat direkomendasikan. Apalagi banyak kandungan vitamin dan antioksidan.

Menurut American Cancer Society, kurangnya asupan buah dan sayuran akan menyebabkan risiko terkena kanker serviks mengalami kenaikan. Untuk itu, buah dan sayur harus ada di setiap menu makan yang Anda santap.

Menghindari konsumsi makanan dan minuman tertentu serta menambah buah serta sayur akan menurunkan risiko kanker serviks. Selain itu, Anda juga disarankan memiliki gaya hidup sehat seperti rutin olahraga.

Selain itu, praktikan aktivitas seksual yang aman. HPV yang bisa jadi Penyebab Kanker Serviks mudah sekali menular melalui seks yang tidak sehat. Misal tidak menggunakan pengaman atau gonta-ganti pasangan.

***

Tidak ada wanita di dunia ini yang ingin mengalami kanker serviks. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga pola hidup agar meminimalisir hal-hal buruk yang bisa saja terjadi.

Baca Juga: Mengenal Istilah Stadium pada Kanker dan Faktor Pemicunya

Nah, untuk mengetahui kondisi medis anda terkait kanker, anda dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Radiologi & Oncologi untuk melakukan pemeriksaan & perawatan pada pasien yang didiagnosis menderita kanker.

di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre sendiri kami memiliki 4 dokter yang berpengalaman di bidangnya, seperti Dr Chong Kwang Jeat, Dr Hayani Binti Abdul Wahid, Dr Sanjeev Chandra Joshi dan Dr Shum Weng Yoon.

Tentu dengan perawatan yang tepat dari dokter terbaik di Rumah Sakit Malaysia, kanker serviks bisa ditangani dengan sangat baik.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!