Infeksi yang terjadi pada ginjal bisa memicu gangguan yang cukup intens pada tubuh. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja baik pria atau wanita.

Namun, risiko penyakit pada wanita cenderung lebih besar, 3-4 kali daripada pria.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Berpotensi Merusak Ginjal

Penyebab mengapa wanita lebih rentan mengalami infeksi ginjal adalah bentuk kemaluannya yang terbuka. Akibatnya, bakteri lebih mudah masuk dan akhirnya bergerak sampai ke ginjal.

Penyebab Infeksi pada Ginjal

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami infeksi ginjal. Penyebab itu terdiri dari:

1. Kebersihan toilet yang buruk

Tidak semua toilet yang digunakan bersih dan terbebas dari bakteri khususnya E. coli. Nah, pada toilet khususnya bagian dudukan sering sekali kotor sehingga saat diduduki bakteri akan menempel di area paha dan masuk ke kemaluan.

Kalau Anda terpaksa menggunakan toilet umum untuk buang air, selalu gunakan sabun untuk membersihkan area bokong dan kemaluan.

Selanjutnya gunakan tisu untuk mengeringkannya supaya tidak ada bakteri yang menempel.

2. Fisiologi genital

Seperti yang sudah dikatakan di atas, fisiologi dari kemaluan menentukan mudah atau tidaknya bakteri masuk. Pada wanita, fisiologinya lebih terbuka dari pria sehingga peluang bakteri masuk sangat besar.

3. Adanya batu ginjal

Seseorang yang memiliki batu ginjal lebih mudah mengalami infeksi di ginjal dari yang lain. Kondisi ini terjadi karena batu ginjal membuat jeroan dari penyaring ini lebih mudah terluka dan mengalami infeksi dari kotoran yang masuk.

Batu ginjal muncul akibat air yang disaring di ginjal membawa partikel berbahaya yang mengendap. Cepat atau lambat, pengendapan ini membesar dan menyebabkan rasa sakit yang besar.

4. Pakai atau tidaknya kateter

Pada kondisi tertentu, seseorang akan dipasang kateter di kemaluannya untuk membantu berkemih. Sayangnya, pemasangan kateter ini bisa memicu infeksi karena ada tandon urine yang terus tersambung.

5. Infeksi saluran kemih

Seseorang yang mengalami ISK dan tidak mendapatkan penanganan yang baik bisa mengalami masalah pada kandung kemihnya. Kelenjar itu bisa terinfeksi dan menyebabkan penyebaran sampai ke ginjal.

6. Aktivitas seksual berlebihan

Aktivitas yang berlebihan dan tidak dibarengi dengan sanitasi yang baik bisa menyebabkan terjadinya masalah di saluran kemih. Infeksi bisa terjadi dan akhirnya menyebar ke ginjal kalau terlalu parah.

7. Penurunan sistem imun

Penurunan imunitas khususnya yang terjadi pada wanita menyebabkan gangguan pada kemaluan. Infeksi mudah sekali terjadi dan penyebarannya sangat cepat dibandingkan kondisi normal.

Penanganan Infeksi Ginjal

Penangan infeksi pada ginjal bisa dilakukan sesuai dengan derajat keparahan yang dialami penderita. Namun, umumnya beberapa hal di bawah ini yang sering dilakukan.

  • Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak agar bakteri mudah dikeluarkan.
  • Menggunakan obat yang bisa menghilangkan nyeri atau perasaan tidak nyaman di tubuh bagian bawah.
  • Menggunakan obat berupa antibiotik agar bakteri yang memicu infeksi bisa segera dibunuh. Dokter umumnya memberikan resep terapi antibiotik yang harus dihabiskan.
  • Seseorang dengan kondisi medis tertentu harus dirawat di RS dan mendapatkan infus agar terhindar dari dehidrasi.

Infeksi ginjal bisa menjadi sangat berbahaya kalau tidak segera ditangani dengan baik.

Baca Juga: Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Ginjal Tidak Optimal

Itulah kenapa kalau sudah merasakan tidak nyaman di area perut bagian bawah baik kiri atau kanan ada baiknya segera memeriksakan diri.

Selain itu, kita juga harus bisa menjaga kebersihan dari kemaluan. Dengan menjaga kebersihan dari kemaluan, peluang terjadi infeksi pada bladder atau saluran kemih akan besar dan bakteri menyebar sampai ke ginjal.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penanganan Infeksi Ginjal anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Ginjal (Nefrologi) di rumah sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!