Seseorang yang mengalami maag akut sering sekali sakit perut yang intens. Pada kondisi yang sudah parah, bahkan bisa mual dan memuntahkan asam lambung.

Kalau kondisi ini tidak diatasi, hal yang lebih parah bisa saja terjadi.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Kanker Serviks

Kunci dari penanganan maag adalah menjaga agar asam lambung tidak naik. Perut harus dijaga agar tidak bergejolak. Beberapa hal tidak boleh atau pantang dilakukan agar kondisi tidak semakin parah.

Pantangan untuk Penderita Maag Akut

Penderita maag tidak boleh sembarangan dalam beraktivitas dan juga makan. Kalau hal itu dilakukan, gejalanya yang sangat mengganggu bisa muncul dengan cepat. Untuk itu, coba lakukan beberapa pantangan di bawah ini dengan baik.

1. Makanan yang terlalu pedas

Makanan yang sangat pedas mengandung kadar capsaicin yang sangat banyak. Kondisi ini menyebabkan lambung semakin sensitif dan perut jadi semakin sakit. Tidak berselang lama, gejala maag akut  akan muncul.

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Kalau tidak tahan untuk memakannya, atau tingkat kepedasannya agar tidak berlebihan. Begitu terasa tidak nyaman bisa mengonsumsi susu atau yoghurt.

2. Makanan yang berlemak tinggi

Kalau Anda sudah ada “bakat” mengalami maag, ada baiknya untuk menghindari makanan yang berlemak seperti daging sampai gorengan. Mengapa makanan yang berlemak harus dihindari? Karena lemak lama dicerna.

Lemak yang lama dicerna akan membebani lambung. Efeknya, kondisi maag akan kambuh dan memicu rasa sakit yang cukup intens.

3. Mengonsumsi alkohol

Alkohol tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang mengalami gangguan lambung. Minuman ini menyebabkan masalah pada lambung karena akan merangsang produksi asam lambung secara berlebihan.

4. Makanan yang terlalu asam

Mengonsumsi makanan yang terlalu asam khususnya saat perut sedang kosong akan menyebabkan kondisi maag akut kambuh. Makanan yang asam akan menyuplai banyak acid ke lambung dan memicu rasa sakit yang intens.

Kalau ingin makan yang ada kandungan asam besar, ada baiknya untuk makan dahulu. Dengan begitu kandungan asamnya bisa menurun dan efeknya tidak terlalu besar.

5. Minum kopi terlalu banyak

Disadari atau tidak kalau kopi itu mengandung asam yang cukup banyak di beberapa jenis. Selain itu, kandungan kafeinnya juga sangat tinggi juga bisa memicu sakit perut dan kadang mual serta pusing dengan intensitas yang bervariasi.

6. Sering telat makan atau makan terlalu banyak

Sering telat makan akan menyebabkan produksi asam lambung di tubuh mengalami peningkatan. Efeknya, perut akan nyeri cukup intens. Lebih lanjut, perut yang  jarang diisi juga bisa mengalami luka akibat kadar asam yang terlalu tinggi.

Kondisi ini akan semakin buruk kalau Anda mendadak makan dalam jumlah banyak. Perut yang sedang kosong sangat sensitif dan tidak bisa diisi banyak dalam sekali waktu. Ada baiknya untuk diisi sedikit demi sedikit saja.

7. Merokok secara rutin

Dengan merokok, zat berbahaya di dalam tembakau racikan akan masuk ke dalam tubuh. Kalau merokok, peradangan akan terjadi di lambung. Efeknya, gejala maag akan muncul dan menyebabkan gangguan.

Dengan melakukan pantangan di atas, Anda bisa dengan mudah mencegah penyakit maag akut untuk kambuh. Bahkan, meski sebelumnya sudah parah dan mengalami gastritis, Anda bisa sehat bugar dan melakukan aktivitas apa pun.

Terpenting dari semua, Anda harus melakukan terapi yang mampu meningkatkan kesehatan dan kekuatan lambung. Dengan begitu, organ bisa kembali sehat dan tidak sensitif dengan beberapa jenis makanan yang masuk ke tubuh.

***

Maag akut yang dibiarkan berkepanjangan akan membuat kondisi perut mengalami gangguan yang dapat semakin parah jika tidak ditangani segera. Bahkan kondisi seperti gastritis atau yang lebih buruk bisa terjadi.

Baca Juga: Cara Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis dari Malaysia

Untuk mendapatkan rawatan & diagnosis yang tepat seputar penyakit Maag akut, anda dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, hati, usus, dan pencernaan.

Di rumah sakit Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia sendiri kami memiliki 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang berpengalaman dalam menanganani berbagai keluhan penyakit pada organ dalam tubuh manusia mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang kompleks.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorized Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan Berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit Terbaik di Malaysia
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!