Saat bagian lutut mengalami gangguan, tekanan tubuh bagian atas akan menjadi sangat kuat. Gesekan antara dua tulang di lutut akan menjadi sangat kuat dan menyebabkan rasa sakit yang sangat intens pada seseorang.

Rasa sakit yang intens ini juga diikuti dengan penurunan mobilitas karena area lutut sulit digerakkan.

Kondisi ini akan menyiksa seseorang seumur hidup kalau operasi penggantian lutut total (total knee replacement) tidak segera dilakukan.

Apa sih Operasi Penggantian Lutut Total itu?

Operasi penggantian lutut total adalah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengganti sendi lutut. Hal ini dilakukan karena ada peradangan di sendi sehingga kaki terasa kaku serta sakit saat digerakkan.

Operasi penggantian dilakukan untuk mengembalikan fungsi sendi lutut. Umumnya sendiri buatan yang dipasangkan terbuat dari plastik atau logam. Bahan ini akan dipakai untuk sendi dan tempurung lutut.

Setelah prosedur dilakukan, lutut akan menjadi lebih mudah digerakkan serta rasa sakitnya hilang. Prosedur ini akan membuat seseorang bisa berjalan dengan normal seperti sedia kala.

Estimasi Biaya Operasi Penggantian Lutut Total

Operasi penggantian lutut total adalah salah satu operasi yang banyak dilakukan oleh mereka yang sudah lanjut usia. Prosedur ini bisa dilakukan di mana saja, tapi satu rumah sakit yang sangat direkomendasikan adalah Mahkota Medical Centre.

Rumah sakit yang berada di Melaka, Malaysia ini sudah menangani ribuan operasi secara sukses dan mayoritas dari Indonesia. Jadi, secara kualitas baik dokter atau alat sangat mumpuni, apalagi manajemen RS adalah orang Singapura.

Kalau Anda hendak melakukan prosedur penggantian lutut total di Mahkota Medical Centre, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 17.230-28.700 Ringgit. Harga ini hanya estimasi karena kondisi kesehatan pasien akan menentukan.

Kondisi Medis Pemicu Operasi Penggantian Lutut Total

Kondisi medis tertentu bisa menyebabkan seseorang harus mengalami operasi penggantian lutut. Berikut beberapa kondisi yang dimaksud:

1. Osteoartritis

Kondisi ini merupakan salah satu jenis peradangan sendiri yang umum pada orang tua dengan usia di atas 50 tahun. Radang sendi ini bisa terjadi pada siapa saja meski faktor keturunan juga sangat besar pengaruhnya.

Seseorang yang mengalami osteoarthritis umumnya akan mengalami peradangan yang memicu kerusakan dan penipisan pada bantalan di lutut. Kondisi ini menyebabkan gesekan antara dua tulang jadi sangat intens dan terasa sakit.

2. Arthritis rheumatoid

Berbeda dengan osteoarthritis yang mengalami penipisan pada bantalan di lutut. Kondisi ini justru sebaliknya. Malah terjadi penebalan yang memicu gangguan di lutut sampai memicu peradangan yang cukup hebat.

Penebalan yang terjadi di lutut bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup intens. Itulah kenapa operasi harus segera dilakukan agar tidak terjadi masalah yang jauh lebih parah dan membuat seseorang sulit untuk berjalan dengan normal.

3. Arthritis pasca trauma

Peradangan di lutut disebabkan adanya kerusakan yang terjadi akibat trauma. Misal saat seseorang mengalami kecelakaan dan menyebabkan bagian lututnya membentur benda keras dan akhirnya rusak secara struktur.

Penggantian sendiri dari kondisi ini harus segera dilakukan agar tidak mengalami masalah lebih parah. Apalagi area lutut sampai mengalami perdarahan dan terjadi kerusakan pada bagian tulang lainnya.

Kapan Harus Melakukan Operasi Penggantian Lutut Total

Gangguan yang terjadi pada lutut menyebabkan seseorang sulit berjalan. Namun, derajat gangguan tentu berbeda-beda pada setiap orang. Umumnya kalau sudah muncul kondisi ini, operasi harus segera dilakukan:

  • Nyeri atau kaku yang terjadi pada lutut menyebabkan gangguan pada aktivitas harian, misal saat berjalan, naik tangga, duduk, atau melakukan jongkok. Kalau hal ini sudah menyiksa artinya Anda sudah mengalami gangguan parah.
  • Nyeri lutut dengan intensitas sedang tapi terus berlanjut padahal sedang tidak beraktivitas. Bahkan, saat sedang tidur, rasa sakitnya terasa sangat hebat.
  • Adanya radang sendi di lutut dan tidak kunjung sembuh meski sudah mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Terjadi kondisi deformitas atau perubahan bentuk pada sendi yang ada di lutut. Umumnya perubahan yang terjadi adalah jadi bengkok.
  • Pasien yang sudah sampai mengalami depresi karena tidak bisa melakukan aktivitas lain.

Persiapan Operasi Penggantian Lutut Total

Prosedur operasi penggantian lutut total tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Untuk itu, persiapan di bawah ini akan dilakukan agar prosedur bisa berjalan dengan lancar.

  • Dokter yang akan menangani operasi umumnya akan menjelaskan prosedur dengan rinci termasuk kemungkinan risiko. Pasien diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan kalau merasa ada yang tidak jelas.
  • Prosedur ini cukup radikal dan tergolong operasi besar. Biasanya pasien atau wali akan menandatangani persetujuan untuk segera melakukan prosedur penggantian lutut total.
  • Dokter akan bertanya berkaitan dengan alergi atau sensitivitas pada bahan tertentu. Beberapa pasien juga alergi dengan beberapa jenis obat.
  • Memberi tahu dokter kalau ada riwayat medis tertentu yang akan berbahaya saat operasi. Misal ada gangguan peredaran kalau tubuh mengalami luka.
  • Kondisi hamil juga harus diberitahukan pada dokter.
  • Pasien yang akan menjalani operasi disarankan untuk puasa baik makan atau minum selama 8 jam.
  • Pasien bertemu dengan terapis untuk menjelaskan rehabilitasi.
  • Dokter akan melakukan bius dan proses operasi bisa dilakukan.

Risiko Operasi Penggantian Lutut Total

Operasi penggantian lutut total butuh penanganan ekstra setelah dilakukan. Kalau tidak bisa dirawat dengan baik, risiko di bawah ini bisa terjadi.

  • Perdarahan yang terjadi di lutut akibat banyak aktivitas berat yang dilakukan atau gangguan lain saat operasi.
  • Terjadi infeksi pada luka pasca operasi. Infeksi ini terjadi akibat ada luka terbuka yang tidak terawat dengan baik. Akibatnya bakteri atau virus bisa menyebar dengan cepat.
  • Terjadinya penggumpalan yang terjadi di kaki dan paru. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan lain yang lebih parah.
  • Sendi yang sering digunakan akan mengalami longgar karena sering digunakan. Kondisi ini sangat wajar karena bahan tiruan tetap tidak bisa sama dengan yang asli.
  • Mengalami patah pada tulang di sekitar lutut akibat kesalahan prosedur atau kesalahan pasien pasca operasi.
  • Terjadi nyeri yang sangat intens dan menetap.
  • Kaku di kaku tidak bisa ditangani.

Perawatan Pasca Operasi Penggantian Lutut Total

Setelah prosedur operasi dilakukan, seorang pasien akan diminta untuk melakukan istirahat secara total selama 3-5 hari. Kakinya tidak boleh digunakan untuk bergerak terlebih dahulu. Selanjutnya beberapa hal di bawah ini bisa dilakukan:

  • Pasien menggunakan alat bantu jalan setelah pulang dari rumah sakit. Biasanya akan dibutuhkan waktu selama 6 minggu.
  • Setelah 6 minggu, pasien disarankan untuk mulai bergerak tanpa menggunakan alat lagi, tapi pergerakan yang dilakukan harus perlahan-lahan.
  • Jangan melakukan aktivitas berat seperti olahraga yang banyak menggunakan kaki seperti lari atau bermain sepak bola.
  • Rutin mengalami rehabilitasi sesuai dengan saran dokter.
  • Penyembuhan total akan terjadi selama 2 tahun. Tetap lakukan olahraga untuk melatih kaki, tapi jangan berlebihan.

***

Untuk menangani gangguan tulang, tindakan yang cepat dan tepat sasaran harus dilakukan.

Anda dapat Konsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Ortopedi di Rumah Sakit terbaik Malaysia untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Pengalaman & keahlian dari Spesialis Bedah Ortopedi di RS Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospitals telah menjadikan kami menjadi salah satu pusat rujukan di Malaysia terutama dalam penanganan gangguan tulang dan sendi.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Pemesanan akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!