Pasang Ring Jantung Di Malaysia | Prosedur, Biaya, & Dokter Terbaik

Pasang ring jantung (stent jantung) adalah suatu prosedur pembedahan yang digunakan untuk membuka arteri koroner yang tersumbat. Paska pasien menjalani pasang ring jantung, aliran darah ke jantung akan mulai membaik.

Umumnya, pasien akan disarankan melakukan pasang ring jantung untuk mengobati gejala penyakit jantung koroner.  Pasang ring jantung juga dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung yang disebabkan oleh penyumbatan di arteri koroner. Penyumbatan tersebut biasanya disebabkan oleh bekuan darah yang berkembang di area di mana plak kolesterol terbentuk.

Baca Juga :

Prosedur Berobat Ke Malaysia Saat Ini

Mengapa harus pasang ring jantung?

Pasang ring jantung dapat menjadi opsi pengobatan untuk pasien jika :

  • Perubahan gaya hidup dan obat-obatan tidak dapat mengobati penyakit jantung koroner Anda
  • Anda mengalami nyeri dada (angina) yang memburuk.
  • Anda mengalami serangan jantung. Pasang ring jantung dapat dengan cepat membuka arteri yang tersumbat, sehingga mengurangi kerusakan pada jantung Anda.

Pasang ring jantung tidak disarankan untuk semua pasien jantung koroner. Dokter spesialis jantung akan merekomendasikan opsi pengobatan yang sesuai dengan tingkat penyakit jantung Anda dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Tidak menutup kemungkinan apabila dokter spesialis jantung Anda akan merekomendasikan operasi bypass jantung atau CABG jika pasien mengalami penyumbatan atau penyempitan arteri yang sifatnya kritikal/serius

Prosedur pasang ring jantung di Malaysia

Ring jantung atau stent adalah suatu alat berbentuk tabung berukuran kecil yang akan dimasukkan ke dalam area arteri yang mengalami penyumbatan untuk membantu menjaga arteri agar tidak menyempit atau menutup lagi. Ada dua jenis stent yang banyak digunakan pada prosedur ini, pertama yakni stent yang terbuat dari logam atau plastik, dan yang kedua adalah stent yang dilapisi oleh obat khusus untuk menjaga agar arteri tidak tersumbat kembali.

Sebelum menjalani prosedur pemasangan ring jantung, pasien akan diberikan anestesi lokal dan sayatan kecil akan dibuat di salah satu area dimana kateter akan dimasukkan, bisa di pergelangan tangan, leher, atau selangkangan pasien. Nantinya, kateter akan dimasukkan melalui salah satu sayatan tersebut ke dalam arteri dan sebuah kontras (pewarna khusus) akan disuntikkan ke dalam arteri melalui kateter untuk melihat letak penyumbatan arteri.

Selanjutnya, stent dimasukkan ke dalam kateter dengan balon diujungnya ke area arteri yang tersumbat. Ketika sudah berada di area tersumbat, balon secara perlahan akan dipompa agar arteri melebar dan memungkinkan aliran darah menjadi lancar

Setelah aliran darah pada arteri mulai lancar dan tidak ada penyumbatan, balon akan dikempiskan dan kateter akan dilepas. Meski kateter dilepas, stent tetap diletakkan pada area arteri yang sebelumnya mengalami penyumbatan untuk menjaga agar aliran darah tetap berjalan lancar.

Prosedur pemasangan ring jantung biasanya memakan waktu 1-2 jam dan membutuhkan rawat inap 1 hari di rumah sakit.

Persiapan sebelum pasang ring jantung di Malaysia

  • Pasien harus berhenti merokok
  • Tidak boleh makan atau minum apa pun selama sekitar empat jam sebelum operasi. Dokter mungkin meminta pasien untuk berhenti minum obat tertentu beberapa hari sebelum operasi
  • Pasien perlu menjalani pemeriksaan fisik dan beberapa tes darah dan urin sebelum operasi. Dokter juga dapat merekomendasikan elektrokardiogram dan rontgen dada sebelum menjalani pasang ring jantung

Pertanyaan seputar pasang ring jantung di Malaysia

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis jantung  di Malaysia mulai dari RM 100 - 300 atau sekitar Rp 300 ribuan - 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis jantung terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Ada beberapa dokter spesialis bedah jantung untuk operasi CABG terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya, diantaranya :

1. Dr Ang Choon Chin, spesialis jantung, RS Mahkota Medical Centre

Dr Ang Choon Chin

2. Dr Ang Eng Lip, spesialis jantung, RS Mahkota Medical Centre

Dr Ang Eng Lip

3. Dr Lim Boon Aik, spesialis jantung, RS Mahkota Medical Centre

Dr Lim Boon Aik

4. Dr Siaw Fook Soon, spesialis jantung, RS Mahkota Medical Centre

Dr Siaw Fook Soon

5. Dr Tee Heng Giap, spesialis jantung, RS Mahkota Medical Centre

Dr Tee Heng Giap

6. Dr Ang Kai Ping spesialis jantung, RS Regency Specialist Hospital

Spesialis Jantung (Kardiologi)

7. Dr Paul Ling Kah Hing, spesialis jantung, RS Regency Specialist Hospital

Dr Paul Ling Kah Hing Spesialis Jantung (Kardiologi)

8. Dr Lu Hou Tee, spesialis jantung, RS Regency Specialist Hospital

Spesialis Jantung (Kardiologi)

Catatan :

Tidak semua dokter spesialis di Malaysia dapat menerima case Anda, Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis bedah yang sesuai dengan kondisi medis Anda

Biaya pasang ring jantung di Malaysia mulai dari RM 20.000 - 25.000 atau sekitar Rp 70 jutaan - Rp 87,5 Juta untuk kali pertama pasang ring, sedangkan untuk pasang ring selanjutnya sekitar RM 10.000 atau sekitar Rp 35 jutaan.

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pasang ring jantung di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan