Menjalani Prosedur CABG | Operasi ByPass Jantung Di Malaysia

CABG atau Coronary Artery Bypass Graft merupakan prosedur pembedahan dimana Dokter Spesialis Bedah Jantung akan mengambil vena atau arteri dari dada, kaki atau lengan pasien dan mencangkoknya ke arteri yang tersumbat untuk memperlancar aliran darah ke otot jantung.

Baca Juga: Pacemaker Solusi untuk Mencegah Kematian Jantung Mendadak

Prosedur CABG Ini dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung dan masalah jantung lainnya. Beberapa pasien yang mengalami penyumbatan atau penyempitan arteri yang sifatnya kritikal/serius, akan sangat disarankan oleh dokter untuk menjalani operasi CABG.

Siapa yang berisiko menjalani operasi CABG?

Operasi CABG atau bypass jantung dapat mengobati gejala penyakit arteri koroner (aterosklerosis). Penyakit aterosklerosis terjadi ketika adanya plak kolesterol yang menumpuk di dalam arteri jantung sehingga menghalangi darah dan oksigen untuk mencapainya.

Dokter spesialis bedah jantung akan menyarankan operasi CABG atau bypass jantung jika:

  • Pasien mengalami nyeri dada parah akibat adanya penyumbatan pada beberapa arteri yang memasok darah ke jantung
  • Ada salah satu arteri koroner yang memiliki gangguan/masalah sehingga menyebabkan ventrikel kiri tidak dapat bekerja secara optimal
  • Pasien menderita penyakit aterosklerosis
  • Arteri mengalami penyempitan atau penyumbatan baru

Jenis operasi CABG di Malaysia

Di Malaysia, ada dua jenis operasi by pass jantung atau CABG yang akan disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kondisi medis pasien. Dokter spesialis bedah jantung Anda akan merekomendasikan operasi terbaik untuk Anda.

Minimal Invasive Coronary Artery Bypass Surgery (CABG)

Untuk beberapa pasien, operasi CABG atau bypass jantung invasif minimal dapat menjadi pilihan terbaik. Selama menjalani operasi ini, sayatan pengangkatan dada dan cangkok yang lebih kecil akan digunakan. Pada jenis operasi ini,  tingkat pemulihan akan lebih cepat dan dapat mengurangi risiko infeksi.

Off-pump Bypass Surgery

Jenis operasi ini juga dikenal sebagai ‘operasi jantung berdetak’, karena dilakukan saat jantung masih berdetak. Dokter spesialis bedah jantung akan menggunakan peralatan canggih untuk menstabilkan bagian jantung dan arteri yang tersumbat, sementara bagian jantung lainnya melanjutkan fungsi normalnya.

Operasi bypass jantung atau CABG biasanya memakan waktu 3 sampai 5 jam. Rata-rata, masa inap di rumah sakit setelah operasi CABG adalah antara lima sampai tujuh hari.

Setelah perawatan, sayatan harus dijaga tetap kering dan bersih serta terlindung dari benturan dan goresan. Pembengkakan atau nyeri di kaki mungkin dialami. Stoking pendukung mungkin perlu dipakai untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Pasien juga disarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup seperti :

  • Berhenti merokok,
  • Mengendalikan berat badan
  • Perubahan pola makan
  • Melakukan olahraga rutin

Pemulihan paska operasi CABG di Malaysia

Waktu pemulihan antara satu pasien dengan yang lain bervariasi . Namun, biasanya pasien membutuhkan waktu sekitar 6 – 12 minggu untuk pemulihan total. Namun, jika pasien menjalani operasi CABG minimal invasif atau off bump CABG, waktu pemulihan yang dibutuhkan jauh lebih cepat.

Baca Juga: Pasang Ring Jantung Di Malaysia | Prosedur, Biaya, & Dokter Terbaik

Selama empat minggu pertama, pasien akan disarankan untuk tidak mengemudi dan menghindari beberapa aktivitas berat. Pasien dapat melanjutkan aktivitas seksual normal, tetapi harus menahan diri dari posisi yang dapat membuat banyak tekanan pada dada atau lengan bagian atas. Biasanya, pasien sudah dapat kembali bekerja dan beraktivitas secara normal sekitar enam minggu setelah pemulihan atau lebih cepat jika pekerjaan Anda tidak berat.

Pertanyaan seputar operasi CABG di Malaysia

Berapa biaya konsultasi dengan dokter spesialis bedah jantung di Malaysia ?

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis bedah jantung  di Malaysia mulai dari RM 100 – 300 atau sekitar Rp 300 ribuan – 900 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis bedah jantung terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda. Silahkan menghubungi kami disini untuk membuat temu janji dan cek biaya telekonsultasi, dikarenakan setiap dokter spesialis memiliki range biaya yang berbeda-beda.

Siapa dokter bedah jantung terbaik di Malaysia untuk operasi CABG?

Ada beberapa dokter spesialis bedah jantung untuk operasi CABG terbaik Malaysia yang menjadi rujukan banyak pasien Indonesia dan sangat berpengalaman di bidangnya, diantaranya :

1. Dr Kenny Cheng Keng Peng, spesialis bedah jantung dewasa & anak, RS Mahkota Medical Centre

Dr Kenny Cheng Keng Peng merupakan spesialis bedah toraks dan jantung yang berpraktik di Mahkota Medical Centre, Melaka, Malaysia dan menjadi salah satu dokter bedah jantung terbaik di malaysia

2. Dr Lee Yew Ming, spesialis bedah jantung dewasa, RS Mahkota Medical Centre

dokter lee yew ming

3. Dr Ho Chon Hoo spesialis bedah jantung dewasa, RS Regency Specialist Hospital

Dr Ho Chon Hoo

Catatan :

Tidak semua dokter spesialis di Malaysia dapat menerima case Anda, Silahkan hubungi kami disini untuk membuat temu janji dengan dokter spesialis bedah yang sesuai dengan kondisi medis Anda

Berapa biaya pengobatan operasi CABG di Malaysia ?

Biaya operasi CABG di Malaysia start from RM 50.000.

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya operasi CABG di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan