Prosedur Pengobatan Wasir (Ambeien) Di Malaysia : Rekomendasi RS & Dokter, Biaya, Cara Daftar

Wasir, atau juga dikenal sebagai ambeien atau hemoroid, adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah di daerah anus atau rektum. Wasir dapat terjadi baik di dalam dubur (hemoroid internal) maupun di luar dubur (hemoroid eksternal).

Gejala umum wasir meliputi rasa gatal, nyeri, pendarahan saat buang air besar, dan terasa benjolan di sekitar anus. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami wasir termasuk sembelit, kehamilan, duduk terlalu lama, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Daftar Isi

Tingkat Keparahan Wasir (Ambeien)

Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan tingkat keparahan gejalanya. Berikut adalah beberapa tingkatan atau stadium wasir:

1. Stadium 1 (wasir internal ringan). Wasir pada stadium ini biasanya tidak menimbulkan gejala yang signifikan. Kadang-kadang dapat terjadi pendarahan ringan saat buang air besar.

2. Stadium 2 (wasir internal sedang). Pada stadium ini, wasir mungkin mulai membesar dan keluar dari anus saat buang air besar, namun kemudian kembali ke dalam dengan sendirinya.

3. Stadium 3 (wasir internal berat). Wasir pada stadium ini cenderung lebih besar dan sering turun keluar saat buang air besar. Anda mungkin perlu mendorongnya kembali ke dalam dengan tangan.

4. Stadium 4 (wasir eksternal atau trombosis). Wasir pada stadium ini dapat menjadi sangat besar dan teraba seperti benjolan di sekitar anus. Wasir eksternal juga dapat terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan terisi darah, menyebabkan rasa nyeri yang parah.

Cara Dokter Malaysia Mengobati Wasir (Ambeien)

Pengobatan untuk wasir atau ambeien tergantung pada stadium atau tingkat keparahan yang dialami oleh pasien. Di Malaysia, pengobatan wasir atau ambeien akan dihandle oleh Dokter Spesialis Bedah Kolorektal.

Berikut adalah beberapa tindakan atau prosedur yang dilakukan oleh dokter Malaysia untuk mengobati wasir atau ambeien

Obat-Obatan

Dokter Spesialis Bedah Kolorektal mungkin meresepkan obat untuk mengurangi nyeri, peradangan, dan pembengkakan pada wasir. Contohnya adalah pemberian salep atau krim serta obat pencahar untuk membantu dalam proses buang air besar.

Prosedur Medis Tanpa Operasi

Berikut adalah beberapa prosedur medis tanpa operasi yang biasanya disarankan oleh Dokter Spesialis bedah Kolorektal di Malaysia untuk mengobati wasir atau ambeien.

1. Skleroterapi

Skleroterapi adalah prosedur non-operatif yang dilakukan untuk mengobati wasir internal. Selama skleroterapi, dokter akan menyuntikkan larutan kimia tertentu ke dalam wasir untuk menyebabkan penyusutan dan penghentian aliran darah ke jaringan wasir tersebut.

2. Ligasi hemoroid

Ligasi hemoroid (ligation therapy) adalah prosedur non-operatif di mana dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengikat pangkal wasir internal dengan cara mengikatnya dengan karet gelang elastis. Hal ini bertujuan untuk mencegah pasokan darah ke wasir sehingga membuatnya menyusut dan mengurangi gejala wasir.

3. Koagulasi dengan laser

Koagulasi dengan laser, atau laser coagulation, adalah salah satu metode pengobatan yang digunakan untuk mengatasi wasir. Prosedur ini melibatkan penggunaan sinar laser untuk menghentikan pendarahan pada wasir internal atau eksternal. Laser digunakan untuk merangsang koagulasi (pembekuan) pembuluh darah yang mengalir ke wasir, sehingga membantu mengurangi pendarahan, inflamasi, dan gejala lain yang terkait dengan wasir.

Prosedur Medis Dengan Operasi

Untuk beberapa kasus wasir yang parah atau tidak merespons terhadap pengobatan non-operatif, dokter spesialis dapat merekomendasikan prosedur bedah seperti berikut.

1. Hemoroidectomy

Hemoroidectomy adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk mengangkat wasir secara fisik. Prosedur ini biasanya direkomendasikan untuk kasus wasir yang parah dan tidak merespons terhadap pengobatan non-bedah. Selama hemoroidectomy, dokter akan mengangkat wasir dengan melakukan sayatan pada jaringan wasir atau sekitarnya.

2. Hemorrhoidopexy (Stapled Hemorrhoidopexy)

Hemorrhoidopexy (juga dikenal sebagai stapled hemorrhoidopexy atau procedure for prolapse and hemorrhoids) adalah prosedur bedah yang digunakan untuk mengobati wasir internal berprolaps (keluar dari lubang anus). Selama prosedur ini, dokter akan menjepit jaringan wasir ke atas menggunakan alat yang disebut stapler, dengan tujuan menarik wasir kembali ke tempatnya yang semula.

Jenis pengobatan spesifik yang direkomendasikan akan bergantung pada stadium tingkat keparahan wasir dan kondisi medis masing-masing pasien. 

Untuk case wasir atau ambeien akan dihandle oleh Dokter Spesialis Bedah Kolorektal. Penting untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Kolorektal untuk menentukan pendekatan rawatan medis yang paling tepat untuk kondisi spesifik Anda. Bila berencana untuk mencari second opinion atau melakukan pengobatan wasir di Malaysia, silahkan menghubungi kami disini. Harap dicatat bahwa tidak semua dokter Malaysia menerima kasus wasir atau ambeien.

Dokter Spesialis Bedah Kolorektal Di Melaka

Dokter Spesialis Bedah Kolorektal Di Johor

Biaya Pengobatan Wasir (Ambeien) Di Malaysia

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya rawatan wasir di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Rekomendasi Rumah Sakit Terbaik Malaysia Untuk Pengobatan Wasir (Ambeien)

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mencari second opinion atau menjalani pengobatan wasir di Malaysia, ada 2 Rumah sakit dengan service terbaik yang bisa anda pilih atau jadikan rekomendasi anda & Keluarga…

Karena berdasarkan informasi dari orang yang sering berobat ke Malaysia, mereka merasa puas setelah selesai menjalani pengobatan.

Mahkota Medical Centre (MMC) merupakan salah satu rumah sakit terbaik di semenanjung Melaka, Malaysia, yang telah beroperasi selama 20 tahun lebih dan menjadi Rumah Sakit paling populer tujuan Berobat di Melaka.

Rumah sakit ini merupakan salah satu pelopor utama Health Tourism atau Wisata Medis di Malaysia yang secara statistik lebih dari 100.000 pasien asing yang datang untuk perawatan medis setiap tahunnya.

Klik Disini untuk lebih lengkapnya

Regency Specialist Hospital

Regency Specialist Hospital (Regency) yang berbasis di Johor, Malaysia pertama kali didirikan pada tahun 2009 dan telah menjadi Rujukan Wisata Medis di Johor Baru terutama bagi pasien dari Indonesia.

Saat ini Regency Hospital telah memiliki 218 kapasitas tempat tidur yang melayani sekitar 170.000 pasien setiap tahunnya dan Memiliki lebih dari 70 spesialis di berbagai disiplin ilmu kedokteran dan bedah.

Regency Specialist Hospital merupakan satu-satunya rumah sakit swasta di Malaysia yang memiliki Pusat Darurat & Trauma 24 jam dengan spesialis kedaruratan yang bertugas sepanjang waktu.

Klik disini untuk lebih lengkapnya

*****

Mau Berobat Ke malaysia atau tanya lebih lanjut mengenai pengobatan Wasir & Biayanya di Rumah Sakit malaysia?

Silahkan isi form berikut jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan penyakit terkait berobat ke Malaysia. MahkotaRegency.id akan segera menghubungi Anda kembali.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Balasan