Operasi Bariatrik di Malaysia

Operasi Bariatrik Di Malaysia

Operasi bariatrik menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah obesitas yang sudah terlalu parah. Prosedur ini dilakukan dengan melakukan modifikasi pada lambung sehingga membuat penurunan berat badan berjalan dengan cepat.

Jenis Operasi Bariatrik

prosedur bypass untuk penderita obesitas

1. Operasi Gastric ByPass

Prosedur ini dilakukan dengan cara memberikan Bypass atau jalan pintas. Dengan membuat jalan pintas ini, proses pencernaan makanan akan berjalan dengan lebih cepat dan ukuran dari lambung atau perut jadi lebih kecil.

Cara ini dilakukan dengan memotong perut bagian atas dan membuat kantong baru. Kantong baru akan disambungkan ke usus halus. Selanjutnya, sambungan lain akan disambungkan ke lambung yang dipotong bagian atasnya.

Dengan prosedur ini, makanan yang masuk melalui mulut akan masuk ke kantong kecil. Jadi, kemungkinan untuk mendapatkan rasa kenyang semakin lebih cepat.

Operasi Gastric ByPass cocok untuk pasien dengan BMI 35-40 atau lebih, dan diikuti kondisi medis terkait obesitas seperti diabetes atau penyakit jantung.

Pasien yang menjalani operasi Gastric ByPass dapat kehilangan sekitar sepertiga dari kelebihan berat badan mereka dalam satu sampai empat tahun. Berat badan hilang lebih cepat setelah operasi dan menurun seiring waktu. Tetapi, meskipun telah menjalani operasi, Berpegang teguh diet sehat dan berolahraga rutin dapat meningkatkan peluang keberhasilan menjadi lebih besar.

Di Regency Specialist Hospital, Johor Bahru Malaysia, biaya operasi Gastric ByPass mulai dari RM 36.560 atau sekitar Rp 124 Jutaan

Operasi Bariatrik di Malaysia 1

2. Operasi Sleeve Gastrectomy

Operasi Sleeve Gastrectocmy merupakan prosedur penurunan berat badan untuk menurunkan ukuran dari perut sehingga makanan yang masuk ke perut jadi tidak banyak. Prosedur ini akan memengaruhi jumlah hormon yang berhubungan dengan lapar dan kepuasan.

Jika menggunakan prosedur operasi Sleeve Gastrectomy, sekitar 80 persen bagian dari lambung yang melengkung itu akan dipotong. Jadi, dari bagian atas sampai ke bawah hanya bersisa saluran sempit bernama tubular pouch yang bentuknya mirip pisang.

OperasiSleeve Gastrectomy cocok untuk pasien yang mengalami obesitas. Namun, pasien yang sangat gemuk mungkin bukan kandidat yang cocok. Namun, biasanya yang melakukan prosedur ini juga memiliki penyakit diabetes tipe 2 sehingga kontrol gula darah bisa dilakukan dengan baik.

Banyak pasien kehilangan antara 30 -50% dari kelebihan berat badan mereka pada tahun pertama setelah melakukan operasi Sleeve Gastrectomy

Di Regency Specialist Hospital, Johor Bahru Malaysia, biaya operasi Sleeve Gastrectomy mulai dari RM 31.560 atau sekitar Rp 100 Jutaan

Intragastric Balloon

3. Operasi Intragastric Balloon

Operasi Intragastric Balloon merupakan prosedur penurunan berat badan yang melibatkan penempatan balon silikon berisi larutan garam di  dalam perut. Hal ini membantu untuk menurunkan berat badan dengan membatasi seberapa banyak makanan yang dikonsumsi dan membuat perut lebih cepat kenyang.

Prosedur operasi Intragastric Balloon dilakukan dengan metode minimal invasif dan tidak membutuhkan pembedahan. Anda akan dibius selama prosedur ini berlangsung. Dokter akan memasukkan kateter yang diisi dengan balon intragastrik dalam keadaan kempis ke dalam perut Anda melalui kerongkongan. Selanjutnya, dokter akan memasukkan gastroskop (kamera endoskopi) melalui kerongkongan dan masuk ke perut. Kamera endoskopi tersebut memungkinkan dokter untuk bisa melihat Balon intragastrik saat dia mengisinya dengan larutan garam steril melalui tabung pengisi kecil yang melekat pada balon. Setelah balon terisi, tabung dikeluarkan dengan tarikan lembut di ujung luar dan balon dibiarkan di dalam perut. Prosedur ini biasanya berlangsung selama kurang lebih setengah jam.

Operasi Intragastric Balloon sangat cocok jika Anda :

  • Memiliki indeks massa tubuh (BMI)  antara 30 dan 40

  • Anda bersedia berkomitmen untuk perubahan gaya hidup sehat

  • Anda belum pernah menjalani operasi perut atau kerongkongan sebelumnya

Pasien yang menjalani operasi Intragastric Balloon dapat kehilangan sekitar 7% – 15% dari berat badan sebelumnya. Biasanya terjadi selama enam bulan setelah operasi dilakukan.

Di Regency Specialist Hospital, Johor Bahru Malaysia, biaya operasi Intragastric Balloon mulai dari RM 14.560 atau sekitar Rp 49 Jutaan

Regency Specialist Hospital

Regency Specialist Hospital (Regency) merupakan salah satu Rumah Sakit terbaik di Malaysia yang berbasis di Johor Bahru. Rumah Sakit Regency Specialist Hospital dilengkapi dengan fasilitas canggih dan tenaga kesehatan profesional yang mengkhususkan diri dalam berbagai bidang medis. Menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien Indonesia yang akan menjalani operasi bariatrik.

Johor Bahru, Malaysia

Spesialis Bedah Bariatrik Di Malaysia

Dokter Spesialis Bedah Umum, Saluran Pencernaan operasi bariatrik

Dr Lim Huay Cheen merupakan Spesialis Bedah Bariatrik & Pencernaan terkemuka di Rumah Sakit Regency Specialist Hospital.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia untuk kasus yang berkaitan dengan obesitas, gangguan pencernaan, lambung dan usus.

Dr Lim Huay Cheen, Spesialis Bedah Bariatrik

Memiliki Masalah Kesehatan Atau Ingin Cari Second Opini?

Gunakan Layanan Konsultasi Online (Telekonsultasi) Dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia Sekarang !

Tinggalkan Balasan