Selama ini kita sering mendengar kanker terjadi di beberapa bagian tubuh seperti paru-paru, serviks, ovarium, sampai ke payudara.

Namun, kanker yang terjadi di area mulut khususnya lidah jarang sekali terdengar meski ada dan berbahaya.

Kanker lidah biasanya muncul dari abnormalitas di sel lidah. Lambat laun sel berubah menjadi tumor ganas dan akhirnya membesar. Kalau kanker terus membesar, seseorang akan sulit makan dan juga menelan sesuatu.

Tanda Kanker Lidah

Tanda dari kanker lidah biasanya mudah sekali dilihat atau dirasakan oleh penderitanya. Bahkan, saat stadium awal muncul, pengidap bisa curiga dan akhirnya melakukan pemeriksaan. Berikut beberapa tanda selengkapnya:

  • Saat sedang mengunyah sesuatu, lidah dan beberapa bagian dari mulut terasa sangat nyeri dan mengganggu. Kadang ada gangguan saat mengunyah sehingga proses makan sering terganggu.
  • Rahang dan juga tenggorokan terasa nyeri saat digerakkan, jadi saat makan akan terasa sangat menyiksa.
  • Rahang dan lidah terasa kaku dan sulit sekali untuk digerakkan.
  • Terasa ada sesuatu yang menempel atau tersangkut di tenggorokan padahal sudah diberi minum berkali-kali.
  • Bulatan merah atau putih yang mirip dengan sariawan sering terjadi di lidah dan juga rongga mulut.
  • Kalau ada sariawan atau luka terjadi di lidah, proses penyembuhannya lama atau tidak bisa sembuh sama sekali.
  • Terjadi perdarahan di lidah padahal tidak ada gejala apa pun.
  • Muncul benjolan di lidah yang sulit sembuh atau mudah muncul kembali.

Penyebab Kanker Lidah

Kanker lidah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Yang paling sering memicu kanker umumnya terdiri dari:

  • Sering merokok setiap hari dan intensitasnya sangat tinggi. Selain merokok, kebiasaan mengunyah tembakau yang dilakukan oleh beberapa orang juga bisa menyebabkan kanker di lidah dan mulut.
  • Konsumsi alkohol yang sangat berlebihan, apalagi sampai memicu kondisi yang bernama kecanduan.
  • Terkena infeksi virus HPV saat melakukan aktivitas seks. Virus ini bisa menyebar ke banyak tempat termasuk di mulut. Kalau sudah masuk, virus bisa menyebabkan sel kanker muncul atau memicu munculnya kutil.
  • Mengunyah jambe atau tumbuhan sejenis. Di beberapa suku atau ras di Asia Tenggara ada yang memiliki kebiasaan ini. Biasanya setelah mengunyah, ludahnya jadi kemerahan.
  • Ada riwayat keluarga yang memiliki kanker di mulut atau jenis kanker lainnya. Selain itu seseorang yang pernah mengalami kanker sebelumnya juga lebih berisiko mengalami kanker lidah.
  • Kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan dari lidah dan mulut secara umum. Iritasi yang terjadi di lidah dan terjadi terus-menerus.
  • Konsumsi buah dan sayuran yang terlalu sedikit. Kalau seseorang lebih banyak menjalankan diet dengan mengonsumsi daging merah, risiko terkena kankernya akan lebih tinggi.

Diagnosis Kanker Lidah

Diagnosis kanker lidah bisa dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini. Dokter akan melakukan semua prosedurnya atau beberapa saja untuk menentukan ada atau tidaknya sel kanker.

1. Melakukan Wawancara

Untuk melakukan diagnosis, dokter akan menanyakan beberapa hal pada pasien. pertanyaan yang ditanyakan biasanya berkaitan dengan kebiasaan merokok yang dilakukan dan kebiasaan mengunyah bahan tertentu seperti jambe/tembakau.

Selanjutnya ada kebiasaan lain seperti minum alkohol secara berlebihan. Tes HPV juga akan ditanyakan apakah Anda memiliki sel itu di tubuh atau tidak. Kalau ada sel HPV, risiko terkena kanker lidah akan besar.

2. Pemeriksaan Langsung ke Mulut

Dokter bisa langsung melakukan pemeriksaan di mulut. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan seperti sariawan atau bisul yang tidak kunjung sembuh, dokter akan langsung mencurigainya dan langsung melakukan pemeriksaan lanjutan.

3. Melakukan Biopsi

Kalau ada hal mencurigakan seperti lesi atau tumor di sekitar lidah, dokter akan melakukan biopsi. Mereka akan mengambil sampel dari lidah dan mengirimnya ke laboratorium untuk melihat ada atau tidaknya kanker.

Biopsi yang dilakukan bukan jenis irisan yang mengambil bagian tumor. Biasanya dilakukan dengan menggosok dengan sikat di bagian dari tumor. Selanjutnya, sampel langsung dikumpulkan untuk diperiksa.

4. Melakukan Scan

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melakukan diagnosis adalah menggunakan MRI atau CT scan. Cara ini dilakukan untuk melihat ada tidaknya sel kanker yang ada di lidah dan organ di sekitarnya.

Pengobatan Kanker Lidah

Pengobatan kanker lidah bisa diobati dengan beberapa cara berikut:

1. Operasi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kanker lidah adalah dengan operasi. Cara ini dilakukan dengan membuang tumor atau lesi yang berada di lidah serta beberapa bagian lidah di dekatnya.

Terkadang operasi juga dilakukan dengan membuang jaringan sehat yang berada di dekat kelenjar getah bening. Hal ini dilakukan untuk membuang semua sel kanker yang tersisa.

2. Terapi Radiasi

Apabila kanker yang ada di lidah lokasinya berada di belakang, dokter tidak akan langsung melakukan operasi. Terapi radiasi ini biasanya dilakukan untuk membunuh sel kanker dan mengecilkan ukuran dari tumornya.

3. Kemoterapi

Kalau dikhawatirkan terjadi masalah dengan sel kanker yang menyebar ke banyak tempat, kemoterapi bisa dilakukan. Dokter akan memasukkan obat kimia ke dalam tubuh dan langsung membunuh kanker dengan maksimal di semua sel.

Langkah Men

Kanker lidah adalah salah satu jenis penyakit yang mudah sekali diatasi dan juga dicegah. Agar Anda tidak mengalami kondisi ini, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Melakukan vaksinasi HPV untuk mereka yang masih aktif secara seksual.
  • Saat melakukan aktivitas seks jenis apa pun ada baiknya menggunakan pengaman baik jenis kondom atau dental dam.
  • Ada baiknya untuk tidak menggunakan tembakau secara berlebihan baik yang digunakan untuk rokok atau dikunyah.
  • Melakukan diet yang sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan juga sayuran.
  • Tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan atau berhenti mengonsumsi minuman  ini.
  • Selalu menjaga kesehatan dari mulut dan gigi setiap hari. Bila perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin.

***

Kanker di lidah atau mulut secara umum memang jarang terjadi. Namun, Anda juga tidak boleh menyepelekannya. Apalagi sudah ada beberapa faktor risiko yang dialami atau dilakukan seperti rutin merokok dan terkena infeksi HPV.

Gejala dari kanker yang terjadi di mulut mudah sekali dirasakan. Kalau sudah merasakan masalah di lidah dan gangguan makan yang terus-menerus, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis.

Untuk penanganan yang maksimal anda dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospitals Malaysia.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!