Polip Hidung : Gejala, Penyebab, & Pengobatannya Di Malaysia

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan yang sifatnya non-kanker pada bagian dalam saluran hidung. Bentuk polip hidung menyerupai tetesan air mata atau anggur yang menggantung di bagian dalam saluran hidung.

Baca Juga : Prosedur Tonsilektomi Di Malaysia

Polip hidung dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun dan dua kali lebih mungkin menyerang pria daripada wanita. Anak-anak di bawah usia 10 tahun jarang mendapatkannya.

Daftar Isi

Penyebab Polip Hidung

Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang menyebabkan polip hidung, namun diduga disebakan oleh reaksi alergi tertentu. Polip hidung ini terbentuk ketika membran mukosa atau selaput lendir dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan kronis dan berhubungan dengan asma, infeksi berulang, alergi, sensitivitas obat atau gangguan kekebalan tertentu

Pengobatan Polip Hidung Di Malaysia

Gejala Polip Hidung

Polip hidung berhubungan dengan iritasi dan peradangan pada lapisan saluran hidung dan sinus yang berlangsung lebih dari 12 minggu (sinusitis kronis).

Baca Juga: Bengkak Pada Kepala & Leher, Kapan Memeriksanya?

Polip hidung itu sendiri merupakan jaringan yang lunak dan tidak menimbulkan nyeri, jadi jika ukurannya kecil, pasien mungkin tidak menyadarinya. Namun, pertumbuhan ganda atau polip besar dapat menghalangi saluran hidung dan sinus pasien. Gejala umum yang dialami pun menyerupai saat pasien sakit pilek, namun tidak kunjung sembuh.

Kapan Harus Jumpa Dokter

Segera berkonsultasi dengan spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) jika gejala pasien bertahan lebih dari 10 hari. Gejala sinusitis kronis dan polip hidung mirip dengan banyak kondisi lain, termasuk flu biasa.

Cari perawatan medis jika pasien mengalami :

  • Kesulitan bernapas yang serius
  • Memburuknya gejala secara tiba-tiba
  • Penglihatan ganda, penglihatan berkurang atau kemampuan terbatas untuk menggerakkan mata
  • Pembengkakan parah di sekitar mata
  • Sakit kepala yang semakin parah disertai dengan demam tinggi atau ketidakmampuan untuk mengarahkan kepala ke depan

Diagnosis Polip Hidung

Tes diagnostik polip hidung meliputi:

  • Endoskopi hidung. Untuk memungkinkan dokter spesialis THT untuk melakukan pemeriksaan rinci di dalam hidung dan sinus Anda.
  • CT Scan. Untuk menentukan ukuran dan lokasi polip di daerah yang lebih dalam dari sinus pasien dan mengevaluasi tingkat pembengkakan dan iritasi (peradangan).
  • Tes alergi. Dokter spesialis THT mungkin akan menyarankan pasien untuk menjalani tes kulit untuk menentukan apakah alergi berkontribusi terhadap peradangan kronis. Jika tes kulit tidak dapat dilakukan, dokter Anda mungkin memesan tes darah yang menyaring antibodi spesifik terhadap berbagai alergen.
  • Tes untuk cystic fibrosis. Jika Anda memiliki anak yang didiagnosis dengan polip hidung, dokter mungkin menyarankan pengujian untuk cystic fibrosis, suatu kondisi bawaan yang mempengaruhi kelenjar yang menghasilkan lendir, air mata, keringat, air liur dan cairan pencernaan.
  • Tes darah. Dokter akan menguji darah pasien untuk mengetahui apakah kadar vitamin D rendah, berhubungan dengan polip hidung.

Pengobatan Polip Hidung Di Malaysia

Sinusitis kronis, dengan atau tanpa polip, adalah kondisi medis yang perlu untuk dibersihkan sepenuhnya. Tujuan pengobatan polip hidung adalah untuk mengurangi ukurannya atau menghilangkannya. 

Dokter spesialis THT di Malaysia akan mengembangkan rencana perawatan jangka panjang yang tepat untuk mengelola gejala polip hidung dan untuk mengobati faktor-faktor, seperti alergi, yang dapat menyebabkan pembengkakan kronis (peradangan).

Dokter Spesialis THT Di Melaka

Dokter Spesialis THT Di Johor

Secara umum, dokter di Malaysia akan merekomendasikan beberapa opsi rawatan berikut kepada pasien polip hidung:

Obat-Obatan

Pengobatan polip hidung biasanya dimulai dengan obat-obatan, yang bahkan bisa membuat polip yang besar bisa mengecil atau bahkan menghilang. Jenis obat disesuaikan berdasarkan berdasarkan usia , kondisi fisik, penyebab dan tingkat keparahan penyakit.

Operasi

Jika obat-obatan tidak bisa mengecilkan atau menghilangkan polip hidung, dokter spesialis THT akan merekomendasikan pasien untuk menjalani operasi endoskopi untuk menghilangkan polip dan untuk memperbaiki masalah akibat sinus yang membuatnya rentan terhadap peradangan dan perkembangan polip.

Dalam operasi endoskopi, dokter spesialis THT akan memasukkan tabung kecil dengan lensa pembesar yang menyala atau kamera kecil (endoskop) ke dalam lubang hidung pasien dan mengarahkannya ke rongga sinus. Selanjutnya, dokter akan menggunakan instrumen kecil untuk menghilangkan polip dan zat lain yang menghalangi aliran cairan dari sinus.

Dokter juga dapat memperbesar bukaan yang mengarah dari sinus ke saluran hidung pasien. Operasi endoskopi biasanya dilakukan sebagai prosedur rawat jalan.

Biaya Konsultasi & Pengobatan Polip Hidung Di Malaysia

Bagi pasien yang akan menjalani pengobatan polip hidung, Anda disarankan untuk jumpa dengan spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis THT di Malaysia mulai dari RM 100 – 300 atau sekitar Rp 300 ribuan – 900 ribuan.

Baca Juga : Syarat & Panduan Berobat Ke Malaysia Saat Ini

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan polip hidung di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Balasan