Asam lambung adalah cairan dengan sifat asam yang ada di dalam lambung. Normalnya, cairan ini digunakan untuk membantu pencernaan.

Apa yang masuk ke dalam tubuh akan dihancurkan di sana lalu diserap nutrisinya yang bermanfaat.

Sayangnya, pada kondisi tertentu, asam lambung bisa mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kalau di dalam lambung ada makanan, efek ke tubuh mungkin tidak akan terlalu besar.

Baca Juga: Tanda Gangguan Saraf yang Terjadi pada Tubuh

Namun, kalau tidak ada makanan, efeknya akan berbahaya.

Asam lambung banyak bisa naik sampai ke kerongkongan dan menyebabkan kerusakan di sana. Selain itu, dinding dari lambung juga bisa mengalami luka akibat banyaknya cairan asam yang tidak segera digunakan.

Bahaya Asam Lambung yang Naik

Asam lambung yang sedang naik cukup berbahaya untuk tubuh. Itulah kenapa kita disarankan untuk segera mengatasinya. Kalau tidak, gangguan di bawah ini bisa saja terjadi.

1. GERD

Komplikasi GERD ini menyebabkan gangguan pada tubuh seperti sensasi terbakar, nyeri di area dada yang cukup intens, dan sulit sekali saat akan makan.

Begitu ada makanan masuk, rasa sakitnya intens dan kemungkinan besar menyebabkan seseorang mengalami mual lalu muntah.

2. Ulkus Esofagus

Ulkus esofagus adalah luka yang terjadi di area esofagus akibat banyaknya terkena asam lambung yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami mual, sulit makan, batuk kering, dan nyeri dada.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengontrol asam lambung. Jadi, area luka yang terjadi di esofagus bisa segera sembuh dan penderita bisa makan kembali.

3. Asma

Saat asam lambung mengalami kenaikan, kemungkinan cairan masuk ke paru-paru semakin besar. Karena hal ini akan berbahaya, tubuh akan memiliki mekanisme perlindungan berupa katup sehingga cairan tidak bisa melukai organ paru.

Sayangnya, mekanisme penutupan yang terjadi secara otomatis ini menyebabkan gangguan yang besar pada saluran napas. Anda bisa mengalami asma dan penderita asma akan kian parah kondisinya.

4. Kerusakan pada Gigi

Kalau cairan asam lambung sering masuk ke area mulut, kemungkinan besar akan memicu masalah pada kerusakan enamel. Kalau hal ini terus dilakukan, kerusakan pada gigi bisa saja terjadi dan tidak bisa dihindari.

5. Asam Lambung Masuk Paru

Asam lambung yang jumlah berlebihan bisa menerobos masuk ke dalam paru-paru. Kondisi ini menyebabkan masalah yang besar kalau tidak segera diatasi. Penderita bisa mengalami sesak napas parah sampai pneumonia.

6. Radang Selaput Lendir

Kalau saat asam lambung kambuh, Anda sedang berbaring di atas kasur, kemungkinan besar asam lambung bisa naik ke selaput lendir. Selaput lendir letaknya berada di dalam hidung dan hal ini bisa memicu kondisi sinusitis.

7. Risiko Terkena Kanker Esofagus

Cairan asam yang sering naik sampai ke area tenggorokan, kemungkinan besar memicu terjadinya kanker. Kondisi ini memang tidak selalu terjadi, tapi risikonya akan besar kalau seseorang memiliki kebiasaan buruk pemicu kanker lain.

Gejala dari kanker esofagus adalah perasaan terbakar, nyeri di area dada, sulit menelan, dan penurunan berat badan yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Mencegah Kanker Serviks

Jika dilihat dari dampak di atas, rasanya sangat ngeri kalau kondisi asam lambung ini tidak segera diatasi. Anda akan mengalami banyak masalah dan risiko mengalami gangguan yang cukup kronis juga sangat besar.

Kalau sudah sering mengalami maag dan sakit perut akibat salah makan atau makan sesuatu yang pedas, segera periksakan diri ke dokter.

Lebih penting dari itu, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit 8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!