Pengobatan TBC Di Malaysia

Tuberkulosis atau yang biasa dikenal dengan TBC adalah penyakit menular yang berpotensi serius terutama dalam mempengaruhi paru-paru. Selain menyerang paru-paru, bakteri penyebab TBC juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti otak dan tulang belakang.

Baca Juga :

Langkah Mudah Berobat Ke Malaysia 2022

Penggunaan Asuransi Untuk Berobat Ke Malaysia

Bakteri penyebab TBC menyebar dari orang ke orang melalui droplet atau tetesan kecil yang dilepaskan ke udara melalui batuk dan bersin.

Daftar Isi

Jenis TBC

Jika terinfeksi TBC, maka tidak selalu bahwa pasiennya akan diindikasikan sakit atau mengalami gejala yang parah. Ada dua jenis penyakit TBC yakni :

TB Laten

Pasien TBC jenis ini memang terinfeksi oleh bakteri penyebab TBC, tetapi sistem kekebalan mencegahnya agar tidak menyebar. Oleh karena itu, pasiennya tidak akan mengalami gejala apa pun, dan akan menularkan kepada orang lain. Tetapi infeksinya masih hidup dan suatu hari nanti bisa menjadi aktif. Jika pasien berisiko tinggi untuk aktivasi ulang — misalnya, jika mengidap HIV, mengalami infeksi dalam 2 tahun terakhir, rontgen dada tidak normal, atau sistem kekebalan melemah — dokter spesialis respiratory/pernafasan akan memberi pasien obat untuk mencegah TBC aktif.

TB Aktif

Bakteri penyebab TBC berkembang biak dan membuat pasiennya menjadi sakit. Dan lagi, pasien bisa menyebarkan penyakit ini kepada orang lain. 90% kasus aktif pada orang dewasa berasal dari infeksi TBC laten.

Infeksi TB laten atau aktif juga bisa resisten terhadap obat, artinya obat tertentu tidak bekerja melawan bakteri penyebab TBC.

Gejala TBC

TB laten tidak memiliki gejala apapun. Tes kulit atau darah dapat mengetahui apakah pasien memilikinya.

Tanda-tanda penyakit TB aktif meliputi:

  • Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu
  • Nyeri dada
  • Batuk berdarah
  • Merasa lelah sepanjang waktu
  • Berkeringat saat malam hari
  • Demam
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan drastis

Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis respiratory. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami nyeri dada.

Diagnosis TBC

Ada dua jenis tes umum yang digunakan untuk mendiagnosis TBC, diantaranya :

  • Tes kulit. Ini juga dikenal sebagai tes kulit tuberkulin Mantoux. Jika hasilnya positif, pasien mungkin memiliki bakteri TBC. Tetapi pasien juga bisa mendapatkan hasil positif palsu. Jika Anda mendapatkan vaksin tuberkulosis yang disebut bacillus Calmette-Guerin (BCG), tes tersebut dapat mengatakan bahwa Anda menderita TB padahal sebenarnya tidak. Hasilnya juga bisa negatif palsu, mengatakan bahwa Anda tidak menderita TB ketika Anda benar-benar mengidapnya, jika Anda memiliki infeksi yang sangat baru. Anda mungkin mendapatkan tes ini lebih dari sekali.
  • Tes darah. Tes-tes ini, juga disebut interferon-gamma release assays (IGRA), mengukur respons ketika protein TB dicampur dengan sejumlah kecil darah pasien.

Tes-tes tersebut tidak menginfokan pasien apakah jenis pasien tersebut laten atau aktif. Jika pasien mendapatkan tes kulit atau darah yang positif, dokter akan mengetahui tipe TBC yang Anda miliki dengan:

  • Rontgen dada atau CT scan untuk mencari perubahan pada paru-paru
  • Tes basil tahan asam (AFB) untuk bakteri TB dalam dahak pasien, lendir yang muncul saat Anda batuk

Cara Dokter Malaysia Mengobati TBC

Perawatan TBC akan tergantung pada jenis yang diderita oleh pasien. Secara umum, berikut adalah cara dokter Malaysia dalam mengobati TBC :

  • Jika pasien menderita TB laten, dokter akan memberi obat untuk membunuh bakteri sehingga infeksi tidak menjadi aktif. Berikut beberapa antibiotik yang sering diresepkan oleh dokter diantaranya isoniazid, rifapentine, atau rifampisin, baik sendiri atau kombinasi. Pasien harus minum obat hingga 9 bulan. Jika pasien mengalami tanda-tanda TB aktif, segera hubungi dokter Anda
  • Kombinasi obat-obatan juga bisa mengobati TB aktif. Yang paling umum adalah etambutol, isoniazid, pirazinamid, dan rifampisin. Pasien akan meminumnya selama 6 hingga 12 bulan.
  • Jika pasien menderita TB yang resistan terhadap obat, dokter mungkin memberi pasien satu atau lebih obat yang berbeda. Pasien mungkin harus meminumnya lebih lama, hingga 30 bulan, dan mereka dapat menyebabkan lebih banyak efek samping.
Baca Juga :
 
 

Apa pun jenis infeksi yang pasien miliki, penting untuk menyelesaikan semua pengobatan, bahkan ketika pasien merasa lebih baik. Jika pasien berhenti terlalu cepat, bakteri bisa menjadi kebal terhadap obat.

Apa TBC Bisa Disembuhkan ?

Saat ini, sebagian besar kasus TBC bisa disembuhkan dengan antibiotik. Tapi butuh waktu lama. Pasien harus minum obat setidaknya selama 6 hingga 9 bulan.

Biaya Konsultasi & Pengobatan TBC Di Malaysia

Bagi pasien yang akan menjalani pengobatan TBC, Anda disarankan untuk jumpa dengan spesialis respiratory (pernafasan).

Biaya konsultasi dengan dokter spesialis respiratory di Malaysia mulai dari RM 100 – 300 atau sekitar Rp 300 ribuan – 900 ribuan.

Baca Juga : Syarat & Panduan Berobat Ke Malaysia Saat Ini

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan TBC di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Tinggalkan Balasan