Bagaimana HIFU Bisa Membantu Pasien Hamil, Jika Pasien Memiliki Adenomiosis ?

Adenomiosis seringkali dialami oleh sebagian besar wanita di Indonesia, baik yang sudah menikah ataupun yang belum. Adenomiosis sendiri merupakan suatu kondisi dimana endometrium (lapisan dalam rahim) menembus miometrium (dinding otot rahim). 

Meskipun adenomiosis dianggap tidak membahayakan, rasa sakit yang sering dan pendarahan hebat selama periode menstruasi dapat berdampak negatif pada kualitas hidup wanita.

Selain menyebabkan kram menstruasi, tekanan perut bagian bawah, dan kembung sebelum periode menstruasi, banyak pasien dengan adenomiosis juga mengalami kesulitan untuk hamil.

Daftar Isi

Sebagai contohnya adalah salah satu pasien wanita kami yang berusia 35 tahun dan telah menikah selama 5 tahun dengan adenomiosis yang serius dan belum memiliki anak. Pada tahun 2020, pasien tersebut menjalani rawatan IVF (bayi tabung) dan belum berhasil hamil. Selama periode menstruasi, pasien mengalami rasa sakit yang berat dan haid yang sangat banyak. Rahim pasien tersebut membesar seperti hamil 16 minggu (4 bulan). Ultrasound menunjukkan adenomiosis yang sangat besar dan sangat buruk berukuran 9,63 x 10,84 x 8,56 cm .

Bagaimana HIFU boleh membantu pasien Hamil Jika Memiliki Adenomiosis?

Kemudian, pada September 2021, Dr S. Selva, spesialis kandungan & kebidanan, Mahkota Medical Centre, menyarankan agar pasien menjalani HIFU. Tiga bulan selepas HIFU, Dr S. Selva menyarankan agar pasien melakukan MRI Scan ulang. Isi pada rahim pasien sebelum menjalani HIFU adalah 940 cm3 dan 6 bulan selepas HIFU, isi pada rahim tersebut berkurang 72% menjadi 265 cm3 .

Kemudian, pada Juni 2022, pasien menjalani pemindahan embrio (IVF) , dan akhirnya berhasil hamil dan melahirkan bayi yang sehat pada Maret 2023. Saat ini, Dr S. Selva telah merawat sekitar 5 pasien yang sebelum ini gagal dalam IVF dan selepas pasien menjalani rawatan HIFU berhasil hamil.

Jika Anda memiliki adenomiosis dan kesulitan untuk hamil, Anda bisa mempertimbangkan HIFU untuk mengecilkan adenomiosis tanpa operasi.

Apa Itu HIFU ?

High intensity focused ultrasound (HIFU) atau juga dikenal sebagai operasi ultrasound terfokus, yakni suatu teknologi yang menggunakan energi suara terfokus untuk memanaskan dan menghancurkan jaringan dalam pengobatan berbagai kondisi medis. Di bawah panduan pencitraan yang tepat, sel jaringan yang difokuskan (fibroid & adenomiosis) akan terbunuh tanpa merusak jaringan yang ada di sekitarnya .  HIFU ini juga merupakan prosedur medis non-invasif yang memilih pemusnahan sasaran jaringan lapisan terdalam tanpa meninggalkan efek di tubuh atau mengakibatkan kerusakan pada jaringan sekelilingnya .

HIFU untuk rawatan fibroid & adenomiosis
perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest

Mau Berobat Ke Malaysia, Kontrol, atau Medical Check Up ? - Update 2023

Silahkan isi form berikut jika Anda memiliki pertanyaan   atau keluhan penyakit terkait berobat ke Malaysia. MahkotaRegency.id akan segera menghubungi Anda kembali.

Tinggalkan Balasan