Saat kita mengonsumsi makanan, energi yang diperoleh digunakan untuk melakukan aktivitas harian. Standarnya, kita membutuhkan sekitar 2.000-2.500 kalori setiap harinya.

Kurang atau lebih dari itu bisa berpengaruh pada tubuh.

Apabila seseorang makan terlalu banyak setiap hari dan dalam jangka waktu panjang, kemungkinan menimbun lemak akan besar.

Efeknya, tubuh akan mengalami kelebihan berat badan sehingga berpotensi mengalami obesitas akibat jumlah lemak yang ada di tubuh lebih banyak.

Penanganan Terhadap Obesitas

Umumnya penanganan terhadap obesitas dilakukan dengan dua cara. Pertama, dilakukan dengan cara olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga, jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan defisit dan akhirnya mengurangi kadar lemak.

Olahraga yang dilakukan oleh pengidap obesitas bisa dalam bentuk angkat beban atau kardiovaskular. Dua olahraga ini akan mengurangi jumlah lemak di dalam tubuh perlahan-lahan.

Selain dengan melakukan olahraga, pengaturan makan juga sangat krusial. Pengaturan ini dilakukan dengan cara membatasi jumlah makanan yang masuk dengan jumlah yang tepat. Artinya tidak terlalu ekstrem.

Normalnya, dengan pengaturan makan saja, berat badan bisa dikurangi sampai 0,8-1 kg dalam seminggu. Standar ini bisa naik atau turun, tergantung dengan jenis diet yang dialami oleh pasien.

Operasi Bariatrik untuk Menangani Obesitas

Kalau dua cara di atas tidak bisa berjalan dengan baik atau tidak bekerja sama sekali, prosedur lain harus dilakukan. Cara ini wajib dipertimbangkan untuk mengatasi komplikasi yang berujung pada kematian.

Prosedur yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah obesitas yang sudah terlalu parah adalah operasi bariatrik atau sering disebut juga dengan nama gastric bypass. Prosedur ini dilakukan dengan melakukan modifikasi pada lambung.

Modifikasi yang dilakukan ini akan membuat penurunan berat badan berjalan dengan cepat. Penderita obesitas yang parah bisa membaik perlahan-lahan sampai kondisi tubuhnya normal.

Jenis Operasi Bariatrik

Operasi bariatrik yang akan dilakukan pada pasien secara umum terbagi menjadi tiga jenis. Masing-masing prosedur memiliki fungsi yang unik sehingga dokter akan melakukan prosedur yang sesuai dengan kebutuhan.

prosedur bypass untuk penderita obesitas

1. Roux-en-Y Gastric Bypass

Prosedur ini dilakukan dengan cara memberikan Bypass atau jalan pintas. Dengan membuat jalan pintas ini, proses pencernaan makanan akan berjalan dengan lebih cepat dan ukuran dari lambung atau perut jadi lebih kecil.

Cara ini dilakukan dengan memotong perut bagian atas dan membuat kantong baru. Kantong baru akan disambungkan ke usus halus. Selanjutnya, sambungan lain akan disambungkan ke lambung yang dipotong bagian atasnya.

Dengan prosedur ini, makanan yang masuk  melalui mulut akan masuk ke kantong kecil. Jadi, kemungkinan untuk mendapatkan rasa kenyang semakin lebih cepat. Jadi, konsumsi makanan yang masuk bisa ditekan.

Lebih lanjut, bagian dari lambung yang disambungkan lagi akan memberikan cairan pencernaan. Jadi, proses pengolahan makanan secara kimiawi bisa berjalan dengan lebih baik.

****

Kelebihan dari prosedur Roux-en-Y Gastric Bypass:

  • Mampu menurunkan kadar lemak di dalam tubuh secara signifikan. Setelah operasi berhasil dilakukan, sekitar 60-80 persen kelebihan berat badan akan hilang perlahan-lahan dari tubuh.
  • Membatasi jumlah makanan yang masuk. Jadi, kondisi emotional eating tidak akan terjadi. Begitu mau makan agak banyak, tubuh akan merespons dengan memberikan sinyal kenyang.
  • Meningkatkan jumlah energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Jadi, peluang mengalami surplus kalori akan kecil.
  • Mampu meningkatkan produksi hormon yang memicu rasa puas atau kenyang di perut.
Sleeve Gastrectomy

2. Sleeve Gastrectomy

Prosedur Sleeve Gastrectomy berbeda dengan bypass yang telah dibahas sebelumnya. Kalau bypass hanya memberikan saluran baru dan membiarkan lambung tetap utuh dan mengeluaran cairan pencernaan.

Kalau menggunakan prosedur ini, sekitar 80 persen bagian dari lambung yang melengkung itu akan dipotong. Jadi, dari bagian atas sampai ke bawah hanya bersisa saluran sempit bernama tubular pouch yang bentuknya mirip pisang.

Tujuan prosedur ini adalah untuk menurunkan ukuran dari perut sehingga makanan yang masuk ke perut jadi tidak banyak. Prosedur ini akan memengaruhi jumlah hormon yang berhubungan dengan lapar dan kepuasan.

Sleeve Gastrectomy memiliki efektivitas yang sama dengan Roux-en-Y Gastric Bypass. Biasanya yang melakukan prosedur ini juga memiliki penyakit diabetes tipe 2 sehingga kontrol gula darah bisa dilakukan dengan baik.

****

Kelebihan dari prosedur Sleeve Gastrectomy :

  • Jadi mudah kenyang saat makan karena jumlah makanan yang bisa ditampung oleh lambung menurun. Terlebih operasi pembuangan bagian lambung bisa sampai 80 persen.
  • Penurunan berat badan berlebih bisa sampai lebih dari 50% selama 3-5 tahun. Artinya tidak akan instan meski ada percepatan setiap bulannya. Selain itu ada pemeliharaan berat badan agar tidak kurus berlebihan.
  • Tidak membutuhkan objek khusus seperti saluran untuk melakukan bypass atau pita untuk mengikat beberapa bagian lambung.
  • Prosedur untuk melakukan operasi ini cukup cepat. Selanjutnya proses penyembuhan juga cepat. Pasien hanya butuh 2 hari perawatan saja.
Adjustable Band

3. Mengaplikasikan Pita Lambung (Adjustable Band)

Cara terakhir yang berhubungan dengan prosedur bariatrik adalah dengan memasangan alat yang bentuknya mirip pita. Nantinya alat ini akan diikatkan ke lambung sehingga terbentuk cincin di sana.

Cincin yang terbentuk akan membuat jalan masuk ke lambung bagian lebih kecil. Efeknya, makanan yang diolah oleh lambung mengalami penurunan. Pasien juga lebih kenyang dan jarang merasa lapar secara berlebihan.

Ukuran lubang pada cincin bisa diatur atau adjustable. Pengaturan ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan garam steril ke pita yang memiliki lubang di tengahnya. Sedikit atau banyaknya cairan akan membuat lubang di lambung berubah.

Saluran dari pita biasanya diletakkan di bawah kulit. Pasien dengan bantuan tenaga medis bisa mengubah-ubah sendiri bukaan cincin sesuai dengan kondisi medis yang dimiliki.

****

Kelebihan dari prosedur Pita Lambung :

  • Menurunkan jumlah makanan yang bisa ditampung.
  • Mampu menurunkan berat badan berlebih sebanyak 40-50% dari total.
  • Tidak dilakukan prosedur pemotongan seperti dua sebelumnya. Kalau memang kondisi sudah membaik, alat bisa saja dilepas dari lambung.
  • Prosedur pemasangan alat biasanya cepat dan pasien hanya butuh sehari saja berada di rumah sakit sebelum pulang.
  • Memiliki risiko rendah pada defisiensi mineral dan protein.

Operasi bariatrik adalah salah satu prosedur yang bisa diandalkan untuk mereka yang sulit untuk mengatasi obesitas. Padahal ada risiko lain yang akan dihadapi seperti masalah dengan jantung, paru-paru, ginjal, dan juga hati.

Kalau Anda mengalami masalah dengan obesitas, diet dan olahraga bisa dilakukan dahulu. Namun, kalau tidak ada perubahan sama sekali dan kondisi tubuh sudah semakin buruk, opsi yang bisa dipertimbangkan adalah operasi bariatrik.

Operasi yang dilakukan dengan memodifikasi lambung ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Butuh Dokter Spesialis Bedah Bariatrik & Pencernaan ahli agar proses bisa berjalan dengan baik serta minim risiko.

Selain itu peralatan yang modern juga dibutuhkan untuk meningkatkan keberhasilan operasi. Perpaduan antara alat modern dan dokter yang kompeten akan mempercepat operasi dan penyembuhan.

Jika Anda atau keluarga berpikir untuk menjalani operasi bariatrik, segera booking appointment dengan Dr Lim Huay Cheen, spesialis bedah bariatrik dan pencernaan Rumah Sakit Regency Specialist Hospital, Johor Bahru, Malaysia, untuk membahas opsi terbaik untuk Anda. Dr Lim Huay Cheen merupakan dokter terbaik yang melakukan layanan operasi bariatrik metabolik – bariatrik komprehensif di Malaysia.

Dr Lim Huay Cheen merupakan Spesialis Bedah Bariatrik & Pencernaan terkemuka di Rumah Sakit Regency Specialist Hospital.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia untuk kasus yang berkaitan dengan obesitas, gangguan pencernaan, lambung dan usus.

Dr. Lim Huay Cheen

Spesialis Bedah Bariatrik & Pencernaan

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!