Nyeri punggung adalah salah satu gangguan yang paling umum terjadi pada orang di seluruh dunia. Kondisi ini bisa bersifat ringan sampai berat sehingga tubuh sulit digerakkan yang dapat mengganggu produktivitas kerja.

Beberapa kondisi penyakit punggung ini bisa diatasi dengan mudah memakai kompres, salep, atau penggunaan obat nyeri. Namun, pada kondisi yang cukup berlebihan butuh penanganan khusus dan sesegera mungkin.

Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung bisa terjadi karena beberapa faktor baik itu yang ringan sampai yang parah. Untuk mempercepat penyembuhan, pemicu nyeri punggung harus diketahui terlebih dahulu.

1. Terjadi Regangan

Otot memiliki batas sendiri saat digunakan secara berlebihan. Misal saat Anda melakukan angkat beban dengan berlebihan, otot di area punggung akan mengalami peregangan yang sangat intens dan kadang mengalami cedera.

Regangan atau strain ini menyebabkan nyeri yang sangat intens pada tubuh, kadang saat dipakai berdiri dan berjalan, rasa sakitnya semakin intens.

Rasa sakit ini biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa hari atau butuh penanganan khusus.

2. Ada Masalah Struktural

Tulang yang dimiliki oleh manusia umumnya tersambung satu dengan lain melalui sendi. Hal itu juga berlaku pada bagian tulang belakang.

Sendi yang berjajar akan membuat pergerakan berjalan dengan lancar dan flekibel.

Sayangnya, pada kondisi tertentu seperti saat melakukan aktivitas dengan posisi yang sama selama berjam-jam, misal tidur dengan posisi yang salah, nyeri bisa saja muncul.

Sendiri bisa mengalami kaku atau malah ada bagian yang terjepit.

3. Osteoporosis

Tubuh membutuhkan kalsium setiap hari untuk membuat kinerja organ berjalan lancar. Kalau tubuh tidak bisa mencukupinya, mau tidak mau kalsium yang ada di tulang harus diambil sedikit demi sedikit.

Pengeroposan akhirnya terjadi di sebagian besar tulang khususnya tulang belakang. Akibatnya, kondisi osteoporosis terjadi dan menyebabkan nyeri yang sangat intens kalau sampai ada patah.

4. Arthritis

Berbeda dengan osteoporosis yang menyebabkan tulang keropos perlahan-lahan, kondisi bernama arthritis ini menyerang persendirian. Sambungan antar tulang kemerosotan dan agak keluar dari jalur yang sudah ada.

Merosotnya masalah persendian ini menyebabkan tulang belakang menjadi kaku. Nah, kekakuan inilah yang memicu rasa sakit cukup besar pada bagian punggung. Kondisi ini harus segera diatasi agar seseorang bisa berjalan.

5. Tumor atau Kanker

Adanya kanker atau tumor di tulang belakang menyebabkan benjolan yang cukup besar. Semakin besar benjolan yang dimiliki, semakin parah juga nyeri yang dialami oleh penderita.

nyeri punggung

Tanda Nyeri Punggung

Dengan penanganan yang tepat, nyeri punggung akan sembuh seiring dengan berjalannya waktu. Namun, tidak segera ditangani dengan baik, beberapa gejala atau tanda di bawah ini akan muncul.

  • Nyeri yang dialami turun sampai ke kaki kiri dan kanan
  • Nyeri juga menjalar sampai ke belakang leher
  • Mengalami penurunan berat badan yang cepat
  • Ada peradangan di punggung dan kadang kulitnya sampai berwarna merah
  • Mengalami gangguan berkemih seperti inkontinensia
  • Nyeri yang terus muncul padahal sudah beristirahat cukup maksimal
  • Kehilangan kontrol pada kemampuan buang air besar
  • Nyeri yang menyebar di kemaluan, anus, dan bokong
  • Terkadang mengalami demam

Diagnosis Nyeri Punggung

Umumnya nyeri punggung yang tidak disebabkan oleh masalah serius akan sembuh dengan sendirinya. Bahkan, dengan tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, rasa sakitnya akan menghilang.

Namun, kalau rasa sakit yang terjadi sangat intens dan berbagai cara dilakukan tidak berhasil, pemeriksaan harus dilakukan. Dokter akan memberikan diagnosis dengan melakukan beberapa cara ini.

  • Pemindaian tulang. Cara ini dilakukan untuk mengetahui seberapa parah masalah tulang terjadi. Biasanya seseorang yang dicurigai mengalami osteoporosis akan diminta melakukan pengecekan jenis ini.
  • Sinar X. Dengan menggunakan sinar X, berbagai gejala seperti arthritis, tulang parah, kerusakan di otot, sampai ke saraf sekalipun akan dideteksi sehingga penanganan yang tepat bisa dilakukan.
  • CT Scan dan MRI. Prosedur ini juga bisa dipakai untuk melihat ada atau tidaknya masalah pada jaringan otot, tulang, persendian, dan saraf khususnya di punggung.
  • Cek darah dan urine. Untuk melihat ada tidaknya kondisi medis lain yang memicu rasa sakit di punggung.
  • EMG. Dipakai untuk melihat adanya saraf terjepit atau tidak.

Cara Menangani Nyeri Punggung

Pengobatan nyeri punggung bervariasi mulai dari yang dilakukan di fasilitas kesehatan atau di rumah. 

Pengobatan di Rumah Sakit

1. Menggunakan Obat

Salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah nyeri punggung adalah obat anti inflamasi atau nyeri. Obat ini akan mengurangi rasa sakit yang terlalu berlebihan.

Selain menggunakan obat untuk mengatasi nyeri, obat topikal seperti salep atau balsem yang memberikan rasa hangat juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit.

 Pada kondisi tertentu dokter juga akan memberikan obat jenis antidepresan yang membantu merilekskan saraf punggung. Terakhir adalah suntikan steroid, cara dilakukan kalau rasa nyeri yang dialami sudah berlebihan.

2. Operasi

Operasi adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri yang terlalu berlebihan. Operasi dilakukan kalau penderita sudah mengalami rasa sakit yang membuatnya tidak bisa melakukan apapun dengan baik.

Selain itu, operasi juga bisa dilakukan kalau terjadi masalah saraf terjepit. Saraf yang terjepit akan menyebabkan penderita tidak bisa berjalan dan kadang sulit menggerakkan anggota tubuhnya. Tulang punggung juga jadi kaku.

Prosedur pembedahan tulang belakang harus dilakukan kalau sampai ada masalah dengan saraf. Jika tidak, penderita akan terus menderita dan mengalami komplikasi baik fisik maupun psikis.

Pengobatan di Rumah

Terapi atau pengobatan di rumah bisa dilakukan dengan cara:

  • kompres bagian punggung dengan air panas atau air dingin untuk mengurangi rasa sakit dan inflamasi
  • melakukan olahraga secara rutin dengan intensitas ringan sampai sedang, cara ini dilakukan untuk memperbaiki postur dan struktur tulang
  • mandi atau berendam dengan air garam, cara ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan pada area punggung

Penanganan yang dilakukan di rumah hanya akan membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit. Tidak untuk menyembuhkan, kecuali kasusnya cukup ringan.

Penyakit nyeri punggung ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang. Barulah saat kondisinya kronis baru dibawa ke dokter.

Padahal, kalau segera ditangani, rasa nyeri tidak akan semakin intens dan Anda bisa beraktivitas dengan baik.

Apabila Anda mengalami masalah dengan nyeri tulang belakang  yang intens, segera lakukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Tulang Belakang, di Mahkota Medical Centre dan Regency Specialist Hospital.

Spesialisasi dari Dokter Bedah Tulang Belakang yaitu melayani pasien yang perlu perbaikan beberapa masalah pada tulang belakang, diantaranya adalah syaraf terjepit (HnP), arthritis, skoliosis, dll.

Dr Lee Chee Kean merupakan Dokter Spesialis Bedah Tulang Belakang terkemuka di RS. Mahkota Medical Centre.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia untuk beberapa kasus terutama yang berkaitan dengan Tulang Belakang

Dr Lee Chee Kean

Spesialis Bedah Tulang Belakang (Spine)

Dokter Teo Beng Tiong merupakan Dokter Spesialis Sendi (Ortopedi) dan Tulang Belakang (Spine) di RS. Regency Specialist Hospitals.

Banyak rujukan pasien dari Indonesia untuk beberapa kasus yang berkaitan dengan sistem saraf, saraf tepi, dan saraf tulang belakang.

Dr Teo Beng Tiong

Spesialis Bedah Syaraf & Otak (Neurosurgery)

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Konsultasi Sekarang!