79 / 100

*Update per 31 Agustus 2020:

Lockdown di Malaysia diperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2020.

Namun Anda masih dapat mengajukan permohonan pengobatan ke Malaysia ke Departemen Kesehatan Malaysia melalui Kantor Perwakilan Resmi Rumah Sakit kami di Indonesia. Untuk saat ini transportasi yang diijinkan memasuki Malaysia hanya bisa via  Air Ambulance & Pesawat Charter.

*Update Per 2 Oktober 2020:

Selain menggunakan Private Jet, Saat ini sudah tersedia opsi yang lebih “Hemat” untuk perjalanan Medis anda ke Malaysia via Private Ferry yang dapat anda booking hanya melalui kantor perwakilan rumah sakit kami di Indonesia.

START mulai dari Rp 16.500.000 (Sharing Triple) hanya berlaku untuk 1 Pasien, 1 Pendamping, dan 1 Ferry untuk sekali perjalanan dengan tujuan Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Johor Bahru. Sedangkan untuk tujuan Pelabuhan Dumai ke Pelabuhan Melaka start di Rp 29.000.000/keluarga (Sharing 5 Pasien).

Perjalanan akan dilakukan dengan Hanya tujuan Pelabuhan Johor (Stulang Laut) dan Pelabuhan Melaka (Melaka Harbour) via Batam.

Jika Anda berniat untuk melakukan perjalanan medis ke Malaysia Selama Masa Pandemi segera Hubungi kami untuk Konsultasi dengan Dokter Spesialis yang di tuju dan pengurusan ijin pemerintah Malaysia.

*Update Per 2 Januari 2021:

Lockdown di Malaysia diperpanjang hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. 

Pasien dari Indonesia masih bisa berobat ke Malaysia dengan SOP yang ditetapkan oleh Pemerintah Malaysia sebelumnya diantaranya yakni pengurusan ijin MHTC (dibantu kantor Perwakilan), menggunakan moda transportasi jet charter atau Ferry Charter, dan menjalani karantina 14 hari di Rumah Sakit.

Baca SOP Lengkap Berobat ke Malaysia di Masa Pandemi :

Jika akan melakukan perjalanan medis ke Malaysia selama masa Pandemi, segera Hubungi kami untuk mengetahui apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum berobat dan pengurusan ijin pemerintah Malaysia (MHTC)

Info lebih Lanjut & Tanya Jawab:

Sejak merebaknya virus corona (Covid-19), beberapa Negara memutuskan melakukan lockdown  untuk menekan penyerabaran virus, tak terkecuali Negara Malaysia

Padahal, sebagian besar warga Negara Indonesia saat ini sangat antusias untuk menjalani pengobatan di Malaysia khususnya di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre maupun Regency Specialist Hopsitals.

Lockdown yang dilakukan oleh Pemerintah Malaysia hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan ini (Mengacu pada Keputusan Pemerintah Malaysia per 2 Januari 2021), otomatis menghambat proses berobat ke Malaysia terutama bagi pasien yang berasal dari Indonesia.

Namun, kabar baiknya adalah pemerintah Malaysia per tanggal 1 Juli 2020, mulai melonggarkan aturan lockdown, khusus untuk Kepentingan Berobat.

Baca Juga: Cara Berobat ke Malaysia Saat Pandemi Covid-19

Jadi, bagi pasien dari Indonesia yang akan berobat atau mencari rawatan medis di Malaysia bisa memasuki Malaysia asalkan memenuhi persyaratan (SOP) yang diberlakukan oleh pemerintah Malaysia.

Berikut, kami rangkum pertanyaan yang sering ditanyakan terkait berobat ke Malaysia selama masa pemulihan lockdown.

1. Siapa yang Dapat Memasuki Negara Malaysia selama masa Pemulihan Lockdown?

Warga negara Asing, khususnya warga negara Indonesia yang membutuhkan rawatan medis untuk penyakit kritis atau penyakit lain yang membutuhkan penanganan darurat seperti operasi, dapat memasuki Malaysia selama masa Lockdown dengan beberapa syarat.

*Pasien dengan kasus evakuasi medis atau penyakit tertentu menggunakan air ambulance, chartered flight, jet pribadi, dan private ferry.

2. Bagaimana Caranya Agar Pasien dari Indonesia Bisa Mendapatkan Rawatan Medis di Malaysia Selama Pandemi?

‌Pasien dari Indonesia harus membuat appointment atau temu janji dengan melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan melalui perwakilan resmi rumah sakit Malaysia di Indonesia.

Untuk selanjutnya pihak perwakilan resmi akan menyampaikan/mengirimkan informasi dan dokumen tersebut untuk rumah sakit yang dituju untuk mendapatkan persetujuan dari Departemen Kesehatan Malaysia.

3. Kapan Pasien dari Indonesia Dapat Mengirimkan Aplikasi/dokumen Untuk Berobat ke Malaysia?

Pasien dari Indonesia yang akan berobat atau mencari rawatan medis di Malaysia sudah dapat mengirimkan aplikasi/dokumen permohonan mulai tanggal 1 Juli 2020 melalui perwakilan resmi rumah sakit Malaysia.

4. Apakah Pasien diperbolehkan Membawa Pendamping Ketika Berobat ke Malaysia Selama Pandemi? 

Hanya 1 orang pendamping yang diperkenankan untuk pasien dewasa. Untuk anak-anak dibawah usia 12 tahun & kasus pediatrik, diperbolehkan maksimal 2 orang pendamping.

5. Apakah Pasien dari Indonesia Perlu Menjalani tes PCR Covid-19 ?

Setelah aplikasi disetujui, pasien dan pendamping diwajibkan menjalani 3 kali tes PCR, dengan ketentuan sebagai berikut:

‌Tes I : Dilakukan 3 hari sebelum keberangkatan (kedatangan) & tes tersebut harus dilakukan di tempat yang telah disetujui oleh pihak Pemerintah Malaysia
‌Tes II : Dilakukan pada saat tiba di Rumah Sakit
‌Tes III : Dilakukan pada hari ke 13 karantina

6. Apakah Pasien dari Indonesia perlu Diisolasi atau Dikarantina Sebelum Mendapatkan Rawatan Medis?

Pasien dan pendamping yang masuk ke Malaysia harus diisolasi atau dikarantina di rumah sakit yang dituju, selama 14 hari dengan menerapkan protokol dari rumah sakit tersebut. Dikarantina dalam artian bahwa selama kurun waktu 14 hari tersebut, pasien masih mendapatkan rawatan dan tindakan daripada Dokter Spesialis yang dituju, hanya tidak boleh keluar dari area Rumah Sakit Malaysia.

7. Berapa Estimasi Biaya dan Waktu yang Harus disiapkan oleh Pasien Indonesia yang Akan Berobat atau Mencari Rawatan Medis ke Malaysia Selama Pandemi?

Silahkan untuk menghubungi kami melalui WA untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai estimasi biaya, waktu yang diperlukan, dan prosedur detail.

Pasien dapat menghubungi Kantor Perwakilan Rumah Sakit kami di Indonesia melalui Kontak yang dapat di hubungi bawah ini untuk mendapatkan info lanjut terkait prosedur Detail, Estimasi Waktu, dan Biaya saat akan berobat ke Malaysia selama masa pemulihan lockdown.

Kini, Warga Indonesia yang akan berobat ke Rumah Sakit Mahkota Medical Centre maupun Regency Specialist Hopsitals  sudah dapat menggunakan Private Ferry Charter dengan harga start mulai 24 jutaan Rupiah (Sudah termasuk 1 pasien dan 1 pendamping).

Booking dapat dilakukan melalui Kantor Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit kami di Indonesia.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Selain itu, jika sebelumnya Anda adalah pasien dari Rumah Sakit di Malaysia, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis yang Anda jumpai sebelumnya terkait pengobatan lanjutan, obat yang dikonsumsi apakah perlu dilanjutkan atau tidak, serta dosis obat yang dikonsumsi perlu diubah atau tidak.

Baca Juga: Cara Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis dari Malaysia

Apabila pasien disarankan untuk melanjutkan mengkonsumsi obat yang diberikan sebelumnya, Anda dapat melakukan pemesanan obat langsung dari Malaysia melalui Kantor Perwakilan Resmi kami.

Nantinya kami akan membantu dalam pengiriman Obat dari Farmasi Rumah Sakit ke alamat pasien langsung, dimana prosesnya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu setelah proses pembayaran dilakukan.

Berobat ke Malaysia Selama Pandemi

Meskipun terkesan kompleks & dipersulit karena adanya Pembatasan untuk pasien dari Indonesia, namun anda tidak perlu khawatir karena untuk melakukan pengobatan ke Malaysia saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui bantuan Kantor Perwakilan Resmi Rumah Sakit Malaysia di Indonesia.

Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pasien seperti:

Mengajukan Permohonan Pengobatan ke Malaysia

Untuk langkah pertama adalah pasien harus mengajukan permohonan dengan mengirimkan berkas medis / Medical Record (Hasil Medis) terbaru, Paspor, Kartu Keluarga dan KTP pasien dan pendamping.

Nantinya semua berkas dapat dikirim melalui Kantor Perwakilan rumah sakit kami yang ada di Indonesia atau bisa menghubungi nomor Whatsapp/ TLP berikut untuk Konsultasi: 0838-3002-8050

Selanjutnya setelah berkas di kirim, kami akan meneruskannya ke Dokter Spesialis dari Rumah Sakit yang dituju untuk mendapatkan persetujuan bahwa pihak Dokter dan Rumah Sakit menyetujui untuk menangani kasus pasien tersebut. Jika semua sudah oke, manajemen Rumah Sakit akan meneruskan permohonan pasien ke pihak MHTC.

Menunggu Persetujuan dari MHTC

Setelah dokter menyetujui untuk menerima kedatangan Pasien, selanjutnya pihak Rumah Sakit Malaysia akan mengirimkan berkas pasien kepada pihak Kementerian Kesehatan Malaysia yaitu MHTC untuk mendapatkan perijinan.

Hal yang mempengaruhi persetujuan MHTC ini salah satunya yakni terkait kondisi pasien itu sendiri apakah memang bersifat Urgent  atau mendesak untuk mendapatkan penanganan medis segera.

Nantinya proses perijinan  dengan pihak Malaysia & Rumah sakit Mahkota / Regency akan dibantu oleh Kantor Perwakilan Resmi kami, pasien hanya perlu menunggu info lebih lanjut terkait permohonan ini.

Menggunakan Pesawat & Ferry Charter

Setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian kesehatan Malaysia yaitu MHTC, selanjutnya adalah mengurus transportasi untuk pergi ke Malaysia.

Namun sekali lagi karena adanya Pembatasan akibat Covid-19, pasien hanya di izinkan untuk menggunakan Pesawat Charter dan Private Ferry saja.

Tidak perlu khawatir,  kantor Perwakilan Resmi kami menyediakan layanan keberangkatan ke Malaysia dengan harga hemat, untuk private charter flight harga start 12.000 USD bisa untuk maksimal 3 pasien dan 3 pendamping. Harga tersebut belum harga final jika berangkat ke Malaysia secara kolektif atau rombongan.

Kemudian kantor Perwakilan Resmi kami juga menyediakan layanan keberangkatan ke Malaysia menggunakan Private Charter Ferry yang berangkat dari Pelabuhan Batam ataupun pelabuhan Dumai, harga start di Rp 16.500.000/keluarga (Sharing Triple Tujuan Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Johor Bahru) , sedangkan tujuan Pelabuhan Dumai ke Pelabuhan Melaka start di Rp 29.000.000/keluarga (Sharing 5 Pasien).

Nah jika anda ingin berobat ke malaysia dikarenakan kondisi yang Urgent, Anda dapat menghubungi kantor perwakilan resmi kami segera.

Berobat ke Malaysia Selama Pandemi
Berobat ke Malaysia Selama Pandemi

Tes Swab PCR Sebelum Berangkat & Setelah di Malaysia

Sebelum keberangkatan, pasien dan Pendamping harus menjalani Tes PCR sebanyak 3x, yaitu 3 hari sebelum berangkat, setelah sampai di rumah sakit, dan hari ke 13 saat berada di Rumah Sakit Malaysia.

Nantinya prosedur dilakukan dengan protokol medis yang sangat ketat, pasien akan di jemput menggunakan ambulance dan petugas akan memakai perlengkapan APD lengkap setelah sampai bandara.

Baca Juga: Prosedur Pemesanan Obat dari Rumah Sakit Malaysia

Meskipun terkesan sangat sulit & membingungkan, namun anda tidak perlu khawatir karena kami siap membantu pasien mulai dari proses pengurusan ijin masuk Malaysia, keberangkatan hingga pengobatan selesai.

Perlu anda ketahui juga, kami merupakan Kantor Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia di Indonesia yang bertanggung jawab untuk membantu keberangkatan pasien.

Layanan kami 100% tanpa biaya apapun, nah jika anda ingin berkonsultasi sebelum berobat ke malaysia dapat menghubungi kontak yang ada di website MahkotaRegency.id.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit
  9. Bantuan Keberangkatan saat masa Lockdown untuk Pasien Kritis

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!