COVID19 –  Seiring dengan melonjaknya pasien Positif Covid-19, Pemerintah menghimbau agar Masyarakat menggunakan masker jika keluar rumah. Dibandingkan dengan masker yang lain, penggunaan masker bedah dinilai lebih efektif dalam mencegah penularan terhadap virus Corona , Penyebab penyakit Covid-19 ini.

Namun, yang menjadi permasalahan adalah durasi penggunaan masker bedah yang hanya sekali pakai, sedangkan di pasaran harga masker bedah ini melonjak naik dan terbilang sangat langka.

Dilansir dari AsiaOne, pada konferensi pers di Taiwan minggu lalu (5 April 2020), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (FDA) Taiwan, Direktur Jenderal Wu Shou-Mei dan Menteri Kesehatan Chen Shih-Chung membagikan tips bagaimana mensterilkan dan memperpanjang umur masker bedah agar bisa digunakan kembali (reuse).

Well, tidak perlu teknologi yang sangat canggih, karena ternyata Rice Cooker atau Penanak Nasi yang biasanya dikenal nama Magic Com ini dapat memperpanjang umur masker bedah.

#COVID-19 : Cara Mencuci Masker Secara Steril Via Rice Cooker / Magic Com 1

Jika Anda memiliki Rice Cooker atau Penanak Nasi dengan saringan logam, perlu diingat untuk menempatkannya di bawah wadah terlebih dahulu. Di Indonesia, kebanyakan hanya memiliki Rice Cooker dengan panci bawah saja.

Tanpa menambahkan air, letakkan masker ke dalam wadah lalu segera tutup. Kemudian, tekan tombol “Cook” dan setelah 3 menit tombol akan naik kembali. Direktur Jenderal Wu Shou-Mei menyarankan untuk tidak menambahkan air, dikarenakan hal ini akan merusak lapisan tengah merujuk pada masker bedah tiga lapis yang membantu dalam filtrasi bahan gas dan cair.

Untuk Rice Cooker yang lebih canggih, atur timer dalam 3 menit dan tekan tombol “Cook”. Setelah selesai, biarkan agar masker  tetap di dalam Rice Cooker selama 5 menit agar panas yang ada dapat benar-benar mensterilkan masker.

Well, perlu digarisbawahi bahwa metode tersebut hanya dapat digunakan untuk satu masker saja. Apabila Anda ingin melakukan untuk lebih dari satu masker, maka tunggulah terlebih dahulu agar Rice Cooker menjadi dingin sebelum mengulangi langkah diatas.

“Sampai Berapa Lama Metode Rice Cooker Ini Efektif untuk Sterilisasi Masker?”

Setiap Masker Bedah dapat di sterilisasi menggunakan metode Rice Cooker sebanyak 4-5 kali sambil mempertahankan efisiensi filtrasi bakteri (BFE) di 99 persen. Setelah itu, masker bedah akan dianggap tidak efektif.

Direktur Jenderal Wu Shou-Mei juga menyarankan untuk membuang masker bedah dengan cara merobek dan untuk orang dengan penyakit pernapasan atau penyakit kronis dan mereka yang mengunjungi rumah sakit, masker harus dibuang setelah satu kali penggunaan.

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa virus flu dapat dibunuh dengan suhu di atas 75 derajat Celcius. Karena suhu mencapai hingga 100 derajat Celcius untuk air mendidih pada saat memasak nasi, metode disinfeksi menggunakan Rice Cooker seharusnya secara teori dinilai sangat efektif.

Tertarik untuk mencobanya?

 

 

Source : 

Info Lebih Lanjut:

Authorised Representative Office Surabaya (Perwakilan Resmi)
Alamat : Jl. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
Telp : 031 5020588

E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

 

 

Please rate this

Konsultasi Sekarang!