87 / 100

*Update Per  Februari 2021:

Karantina di Rumah Sakit diperpendek menjadi 7 hari* , bergantung dengan kondisi medis dan screening yang dilakukan sewaktu di Rumah Sakit Malaysia, karena beberapa tetap ada yang harus dikarantina 10-14 hari.

*Update Per  2 Januari 2021:

Lockdown di Malaysia diperpanjang hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. 

Pasien dari Indonesia masih bisa berobat ke Malaysia dengan SOP yang ditetapkan oleh Pemerintah Malaysia sebelumnya diantaranya yakni pengurusan ijin MHTC (dibantu kantor Perwakilan), menggunakan moda transportasi jet charter atau Ferry Charter, dan menjalani karantina 14 hari di Rumah Sakit.

Jika akan melakukan perjalanan medis ke Malaysia selama masa Pandemi, segera Hubungi kami untuk mengetahui apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum berobat dan pengurusan ijin pemerintah Malaysia (MHTC)

*Update Per 2 Oktober 2020:

Saat ini perjalanan berobat ke Malaysia SUDAH BISA dilakukan kembali loh melalui jalur laut via Private Ferry/Kapal dengan harga yang sangat HEMAT.

START mulai dari Rp 16.500.000/keluarga (sharing Triple) dengan tujuan Pelabuhan Batam – Pelabuhan Johor Bahru,*S&K berlaku.

Perjalanan akan dilakukan dengan Hanya tujuan Pelabuhan Johor (Pasir Gudang) dan Pelabuhan Melaka (Melaka Harbour).

Jika Tertarik untuk melakukan perjalanan medis ke Malaysia segera Hubungi kami untuk mengetahui apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum berobat dan pengurusan ijin pemerintah Malaysia.

Info lebih Lanjut & Tanya Jawab:

Berobat ke Malaysia menjadi tujuan banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan second opinion. Mereka rela datang jauh-jauh agar ditangani oleh dokter yang kompeten dan berpengalaman.

Sayangnya, sejak pandemi Covid-19 menghantam dunia khususnya kawasan Asia Tenggara, aturan berobat ke Malaysia jadi berubah total dan sedikit dipersulit untuk menekan penyebaran virus.

Apalagi Indonesia saat ini telah masih masuk zona merah dengan kasus tertinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Prosedur Berobat ke Malaysia saat Masa-Masa Pandemi

Larangan diberlakukan oleh pemerintah Negeri Jiran selama masa lockdown. Sejak saat itu praktis tidak ada pasien dari Indonesia yang bisa dibawa ke sana. Namun, sejak 1 Juli 2020 ada relaksasi aturan.

Relaksasi Aturan Berobat ke Malaysia

Larangan pasien dari Indonesia untuk berobat ke Malaysia mengalami relaksasi. Setelah awalnya distop, kini ada sedikit kelonggaran untuk kriteria tertentu.

  1. Pasien dengan kondisi penyakit kritis atau tertentu yang membutuhkan penanganan darurat seperti operasi, dimana hanya ada 2 transportasi yang diijinkan memasuki Malaysia :
  • Pasien menggunakan air ambulance atau charter flight
  • Pasien menggunakan private ferry charter (jalur laut)

Apabila pasien masuk kategori di atas,  berobat ke Malaysia bisa dilakukan. Namun, tetap harus mengikuti langkah atau prosedur yang memang telah ditetapkan oleh MHTC (Malaysia Health Tourism Council)

Dokter Spesialis Reumatologi

Langkah Berobat ke Malaysia Saat Pandemi

Untuk bisa berobat ke Malaysia ada beberapa langkah atau urutan yang bisa dilakukan. Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan seluruhnya.

1. Mengirimkan Berkas Medis dan Paspor

Anda bisa mengirimkan berkas berupa resume medis dan juga paspor (pasien dan pendamping) ke Kantor Pelayanan & Informasi Resmi Mahkota Medical Centre, Surabaya.

Kami akan membantu Anda untuk mengirimkan resume medis ke dokter spesialis Rumah Sakit Mahkota Medical Centre atau Regency Specialist Hospital.

Dokter akan melihat kasus yang dialami oleh pasien dan membuat keputusan.

2. Rumah Sakit Mengirim Berkas ke MHTC

Rumah sakit tempat dokter spesialis bekerja akan mengirimkan berkas resmi ke MHTC. Kalau otoritas Malaysia itu mengizinkan, pasien bisa berangkat untuk berobat ke sana.

MHTC akan menyetujui pasien masuk dengan satu pendamping saja. Selain itu untuk kasus pada anak-anak di bawah 12 tahun, pendamping yang ikut bisa sampai dua orang.

3. Memesan Air Ambulance / Private Charter ataupun Private Ferry Charter

Anda bisa memesan air ambulance/ charter flight ataupun menggunakan private ferry charter untuk perjalanan ke Malaysia.  Perwakilan Resmi Rumah Sakit Mahkota Medical Center dan Regency Specialist Hospital siap membantu.

4. Melakukan PCR/SWAB Test

Sebelum berangkat ke Malaysia setelah pesawat didapatkan, PCR harus dilakukan maksimal 3 hari sebelum lepas landas. Selanjutnya saat sampai di Malaysia, akan ada PCR kembali untuk memastikan pasien negatif Covid-19.

5. Karantina Sebelum Penanganan

Setelah tiba di Malaysia, karantina akan dilakukan di rumah sakit selama 7-14 hari. Mahkota Medical Centre dan Regency Specialist Hospital menyediakan ruang karantina di rumah sakit sehingga keamanan pasien terjaga. Yang dimaksud karantina adalah dalam kurun waktu 7-14 hari, pasien tetap mendapatkan rawatan atau treatment dari Dokter Spesialis, hanya saja tidak diperkenankan untuk meninggalkan area Rumah Sakit.

Baca Juga: Hotel Dekat Mahkota Medical Centre, Malaysia

Memilih Transportasi yang Tepat

Beberapa orang mungkin akan bertanya: memang berapa harga air ambulance / pesawat charter ataupun private ferry ke Malaysia? Nah, untuk menjawab itu, coba simak ulasan di bawah ini.

Cara Berobat ke Malaysia Saat Pandemi Covid-19 1

1. Menggunakan Air Ambulance atau Charter Flight

Tarif air ambulance atau charter flight start dari 12.000 USD sekali jalan. Harga ini tentu sangat besar sehingga tidak banyak orang memilih ini sebagai opsi pertama.

Namun, jika anda berminat untuk melakukan pemesanan Air Ambulance atau charter flight kami siap membantu dalam melakukan pengurusan sebelum keberangkatan hingga setelah pengobatan selesai.

Untuk informasi lebih mengenai Air Ambulance bisa anda lihat Disini.

2. Menggunakan Private Ferry Charter

Saat ini ferry dengan tujuan Pelabuhan Melaka dan Pelabuhan Johor (Melaka Harbour dan Stulang Laut) sudah bisa melakukan perjalanan dari Indonesia ke Malaysia. Sayangnya, masih belum terbuka untuk umum dan harus melalui Perwakilan Resmi Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Untuk saat ini, perjalanan ke Malaysia via Ferry hanya bisa dilakukan dengan tujuan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital dan akan ada penjemputan menggunakan Ambulance dari Rumah sakit dengan APD Lengkap.

Untuk mendapatkan info ter-update seputar pengobatan ke malaysia anda dapat menghubungi kantor perwakilan resmi rumah sakit kami di Indonesia atau follow instagram kami di @MahkotaRegency.id

Berobat ke Malaysia Selama Pandemi
Berobat ke Malaysia Selama Pandemi

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!