Sejak Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, banyak negara memberlakukan lockdown atau pembatasan. Orang dari negara lain seperti dari Indonesia ke Malaysia sulit menyeberang untuk melakukan pelesir atau mendapatkan tindakan medis.

Solusi dari permasalahan ini ada dua, pertama menunggu, kedua melakukan evakuasi medis.

Apa Itu Evakuasi Medis?

Evakuasi medis adalah memindahkan seorang pasien yang memiliki kondisi kronis dari satu tempat ke rumah sakit atau pusat medis lain. Evakuasi dilakukan agar pasien segera mendapatkan perawatan yang sesuai prosedur.

Dalam evakuasi, pasien akan didampingi oleh tenaga medis yang ahli dan dibarengi dengan peralatan medis yang canggih.

Selama melakukan evakuasi, kondisi pasien benar-benar diperhatikan dengan baik. Apalagi saat berada di dalam kendaraan khususnya saat di Pesawat akan rawan sekali terjadi guncangan.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Liburan ke Luar Negeri Pasca Pandemi Covid-19

Evakuasi ini umumnya digunakan untuk mengevakuasi korban kecelakaan, korban perang, atau pasien dengan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Jika tidak segera ditolong, kondisi pasien akan memburuk dan membahayakan nyawa.

Jenis Evakuasi Medis

Evakuasi medis umumnya terdiri dari dua jenis:

  • Evakuasi darat dengan menggunakan ambulance atau kendaraan medis lain. Kendaraan yang dipakai untuk evakuasi harus cepat dan memberikan rasa nyaman.
  • Evakuasi udara dengan air ambulance atau chartered flight. Cara ini dipilih untuk pengiriman pasien ke luar pulau atau luar negeri yang memiliki rumah sakit yang lebih canggih perlengkapan medisnya.

Mengapa Evakuasi Medis Harus Dilakukan?

Evakuasi untuk tujuan medis harus dilakukan karena beberapa alasan:

  • Kondisi pasien yang sudah parah sehingga penanganan yang cepat harus segera dilakukan. Jika tidak, pasien akan mengalami masalah lebih parah dan nyawanya dalam bahaya. Korban perang atau kecelakaan biasanya membutuhkan evakuasi ini.
  • Lokasi dari pasien yang jauh dari rumah sakit rujukan terdekat. Selain itu, kalau menggunakan alat transportasi tertentu juga tidak memungkinkan. Evakuasi medis bisa dilakukan menggunakan pesawat.
  • Tidak adanya rumah sakit rujukan yang bisa menangani atau tidak ada dokter yang bisa menangani penyakit tersebut. Jadi, mau tidak mau harus pergi ke luar daerah atau luar negeri.

Evakuasi Medis ke Luar Negeri Saat Pandemi

Evakuasi saat kondisi normal mungkin mudah dilakukan baik melalui darat atau udara. Namun, karena kondisi saat ini sedang dibayang-bayangi dengan Covid-19, berbagai pembatasan tentu harus dilakukan.

Sejak Juli 2020, Pemerintah Malaysia sudah memperbolehkan pasien dari Indonesia untuk melakukan pengobatan di sana. Sayangnya, proses untuk berobat ke sana sangat ketat. Berikut beberapa persyaratannya:

  • Hanya boleh membawa satu pendamping saja. Kecuali kasus pediatric atau anak usia di bawah 12 tahun, pendamping bisa 2 orang
  • Mengirimkan informasi dan dokumen dahulu ke rumah sakit yang ada di Malaysia untuk mendapatkan persetujuan
  • Setelah mendapatkan persetujuan, pasien dan pendamping wajib melakukan tes PCR ke laboratorium atau fasilitas yang diakui Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM)
  • Apabila hasilnya negatif, pasien dan pendamping baru boleh masuk ke Malaysia menggunakan chartered flight atau air ambulance.
  • Setelah tiba di Malaysia, pasien dan pendamping harus melakukan isolasi di rumah sakit selama 14 hari. Selanjutnya akan ada tes PCR kembali.

Evakuasi medis khususnya yang berjenis air ambulance atau pesawat sewa memang jadi solusi untuk melakukan perjalanan ke Malaysia.

Namun, melakukan tindakan ini juga membutuhkan banyak dukungan finansial mengingat tingginya biaya yang harus dikeluarkan.

Kalau Anda hendak melakukan perjalanan Berobat ke Malaysia dan kondisinya cukup mendesak atau urgent, kami bisa membantu Anda untuk mengurus transportasi udara dari Indonesia ke Malaysia dengan aman.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa datang ke Kantor Pelayanan & Informasi Resmi Mahkota Medical Centre, Surabaya. Lokasinya di Jalan Barata Jaya XIX No. 31 C, Gubeng, Kota Surabaya.

Nomor kontak untuk konsultasi online 083830028050.

Cek Jadwal Dokter & Konsultasi

Konsultasi Gratis dengan Dokter Spesialis kami di Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital Sekarang!

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi dari Authorised Representative Office (ARO) Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital yang berkantor pusat di Jl. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Kami dapat memberikan kisaran biaya dan tindakan berdasarkan kondisi medis pasien sebelum memutuskan berobat ke Luar Negeri khususnya Malaysia.

Team kami juga akan membantu pasien dalam Pengaturan Temu Janji / Appointment dengan dokter spesialis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi pelayanan medis dan Fasilitas kesehatan yang tersedia di Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Paket Medical Check Up yang sesuai dengan kebutuhan & keluhan anda
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis (Konsultasi, Dokter, Rawat Inap, Tes kesehatan & pembedahan)
  4. Pengurusan temu janji (Appointment) ke dokter spesialis ataupun medical Check Up
  5. Koordinasi akomodasi & transportasi (Tiket pesawat, Sarana transportasi menuju Rumah Sakit, Hotel / Penginapan)
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Informasi tempat wisata di sekitar Rumah Sakit
  8. 8. Informasi lain yang dibutuhkan

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Barata Jaya XIX No.31C, Baratajaya, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60284
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id 

Konsultasi Sekarang!