Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Di Malaysia

Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom lorong karpal adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan di area tangan dan lengan. Kondisi ini terjadi ketika salah satu saraf utama pergelangan tangan (saraf median) terhimpit atau tertekan.

Pada kebanyakan pasien, carpal tunnel syndrome memburuk dari waktu ke waktu, sehingga diagnosis dan pengobatan sejak dini sangat penting dilakukan. Pada awalnya, gejalanya sering kali dapat dikurangi dengan tindakan sederhana seperti mengenakan penyangga pada pergelangan tangan (wrist supports) atau menghindari aktivitas tertentu.

Namun, jika tekanan pada saraf median terus berlanjut, hal itu dapat menyebabkan kerusakan saraf dan gejala yang memburuk. Untuk mencegah kerusakan permanen, operasi untuk menghilangkan tekanan dari saraf median mungkin direkomendasikan untuk beberapa pasien.

Apa saja penyebab carpal tunnel syndrome?

Carpal tunnel syndrome disebabkan oleh tekanan pada saraf pergelangan tangan. Ada beberapa hal yang menyebabkan carpal tunnel syndrome diantaranya adalah Fraktur pergelangan tangan. Hal ini dapat mempersempit terowongan karpal dan mengiritasi saraf, seperti halnya pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis.

Apa saja gejala carpal tunnel syndrome?

Gejala carpal tunnel syndrome biasanya mulai secara bertahap, meliputi:

  • Kesemutan atau mati rasa. Anda mungkin akan merasakan kesemutan dan mati rasa di area jari atau tangan. Biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari dan telunjuk, jari tengah atau jari manis, tidak termasuk jari kelingking. Anda mungkin juga akan merasakan sensasi seperti sengatan listrik di jari-jari ini. Sensasinya mungkin menjalar dari pergelangan tangan ke lengan Anda. Gejala ini sering terjadi saat memegang setir, HP, koran, atau mungkin saat Anda bangun tidur.
  • Kelemahan pada otot tangan. Anda mungkin mengalami kelemahan di tangan Anda dan seringkalimenjatuhkan benda saat memegangnya.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi (tulang) jika memiliki tanda dan gejala carpal tunnel syndrome yang mengganggu aktivitas normal dan pola tidur Anda. Kerusakan saraf dan otot permanen dapat terjadi tanpa pengobatan.

Selama konsultasi, dokter spesialis ortopedi akan menanyakan tentang riwayat medis Anda dan gejala carpal tunnel syndrome yang Anda alami. Setelah itu dokter akan memeriksa tangan Anda dan menyarankan untuk melakukan screening/pemeriksaan penunjangn seperti pemindaian (ultrasounds, MRI, scan dll), elektromiografi, dan tes darah.

Bagaimana prosedur pengobatan carpal tunnel syndrome di Malaysia?

Meskipun prosesnya bertahap, bagi kebanyakan orang carpal tunnel syndromel akan memburuk seiring waktu jika tidak diobati. Untuk itu, penting berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi sejak dini. Pada tahap awal, dimungkinkan untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit.

#1 Pengobatan Tanpa Operasi

Jika didiagnosis dan diobati lebih awal, gejala carpal tunnel syndrome seringkali dapat dihilangkan tanpa operasi. Jika diagnosis Anda tidak pasti atau jika gejala Anda ringan, dokter Anda akan merekomendasikan perawatan non-bedah terlebih dahulu. Perawatan non bedah diantaranya adalah menggunakan penyangga pergelangan tangan (wrist supports) dan mengkonsumsi obat anti inflamasi non steroid.

#2 Pengobatan dengan Operasi

Jika perawatan non-bedah tidak meredakan gejala carpal tunnel syndrome setelah jangka waktu tertentu, dokter spesialis ortopedi mungkin akan merekomendasikan operasi.

Operasi carpal tunnel syndrome, juga dikenal sebagai carpal tunnel release, yakni suatu prosedur yang dapat membantu meringankan tekanan pada saraf pergelangan tangan untuk memperbaiki gejala carpal tunnel syndrome

Ada dua jenis operasi carpal tunnel syndrome, yakni :

  • Open Release Surgery yakni prosedur operasi yang dilakukan secara konvensional/tradisional yang digunakan untuk memperbaiki carpal tunnel syndrome.
    Prosedurnya dilakukan dengan membuat sayatan hingga 2 inci di pergelangan tangan dan kemudian memotong ligamen karpal untuk memperbesar terowongan karpal.
  • Endoscopic Surgeries.
    Pembedahan endoskopi memungkinkan pemulihan lebih cepat dan meminimkan ketidaknyamanan pascaoperasi dibandingkan dengan operasi secara konvensional.
    Dokter spesialis bedah ortopedi akan membuat dua sayatan di pergelangan tangan dan telapak tangan, memasukkan kamera yang terpasang pada tabung, mengamati jaringan di layar, dan memotong ligamen karpal (jaringan yang menyatukan sendi).

Berapa lama operasi carpal tunnel dilakukan?

Operasi carpal tunnel syndrome setidaknya membutuhkan waktu 10-20 menit.

Paska operasi carpal tunnel syndrome , pasien sudah bisa rawat jalan, yang berarti pasien kemungkinan akan pulang pada hari yang sama setelah menjalani operasi.

Berapa biaya operasi carpal tunnel di Malaysia?

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya operasi carpal tunnel di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan