Prosedur Pengobatan Kista Ginjal Di Malaysia

Ginjal – Kista ginjal adalah gangguan pada ginjal yang disebabkan oleh adanya kantong bulat berisi cairan yang terbentuk di dalam jaringan ginjal. Biasanya kista ginjal muncul pada permukaan ginjal, tetapi beberapa kista tersebut dapat mempengaruhi satu atau kedua ginjal.

Kista ginjal dapat dikaitkan dengan gangguan serius yang dapat mengganggu fungsi ginjal. Namun, pada umumnya kista pada ginjal bersifat non kanker (jinak), tidak berbahaya, dan jarang menyebabkan komplikasi.

Sampai saat ini, belum diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan kista ginjal, namun penyakit kista ginjal lebih sering menyerang pria dan prevalensinya meningkat seiring bertambahnya usia.

Bagimana Gejala Kista Ginjal ?

Kista ginjal biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala tertentu. Namun, jika kista ginjal berkembang semakin besar, penderitanya mungkin akan merasakan beberapa gejala berikut :

  • Sering buang air kecil
  • Urin berwarna lebih pekat atau mengandung darah
  • Ukuran perut bertambah lebih besar
  • Nyeri di area perut bagian atas
  • Nyeri di bagian punggung belakang atau samping

Apa saja Faktor Risiko Kista Ginjal ?

Risiko memiliki kista ginjal meningkat seiring bertambahnya usia, meskipun hal ini juga dapat terjadi pada usia berapa pun. Kista ginjal lebih sering terjadi pada pria.

Apa Saja Komplikasi yang Disebabkan Oleh Kista Ginjal?

Kista ginjal terkadang dapat menyebabkan komplikasi, termasuk:

  • Kista ginjal yang terinfeksi dapat menyebabkan demam dan nyeri.
  • Kista ginjal yang pecah menyebabkan nyeri hebat di punggung bagian belakang atau samping.
  • Kista ginjal yang menghalangi aliran normal urin dapat menyebabkan pembengkakan ginjal (hidronefrosis).

Kapan Harus Jumpa Dokter?

Segera buat janji dengan dokter spesialis nefrologi (ginjal) jika Anda memiliki tanda atau gejala kista ginjal seperti diatas.

Kista ginjal seringkali terdeteksi selama pemeriksaan rutin (medical check up) karena beberapa penderitanya tidak merasakan gejalanya. Kista ginjal yang tidak menimbulkan tanda atau gejala biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus, namun penderitanya perlu melakukan kontrol rutin ke dokter spesialis nefrologi (ginjal) untuk memantau apakah ukuran kista tetap, mengecil, atau membesar.

Bagaimana Diagnosis Kista Ginjal ?

Beberapa metode pemeriksaan dapat digunakan untuk mendeteksi ukuran dan jumlah kista ginjal yang ada, diantaranya yakni :

  • Tes pencitraan. Tes pencitraan, seperti ultrasound (USG), computerized tomography (CT) scan dan magnetic resonance imaging (MRI), sering digunakan untuk menentukan apakah masa ginjal adalah kista atau tumor.
  • Tes fungsi ginjal. Menguji sampel darah untuk mengetahui apakah kista ginjal mengganggu fungsi ginjal penderitanya atau tidak.

Bagaimana Pengobatan Kista Ginjal Di Malaysia ?

Jika kista ginjal tidak menimbulkan tanda atau gejala dan tidak mengganggu fungsi ginjal, penderitanya mungkin tidak memerlukan pengobatan khusus. Sebagai gantinya, dokter spesialis nefrologi (ginjal) akan menyarankan agar Anda menjalani tes pencitraan secara berkala, seperti ultrasound, untuk melihat apakah kista ginjal Anda telah bertambah ukuran, tetap, atau mengecil. Jika kista ginjal  semakin membesar dan menyebabkan tanda dan gejala, Anda dapat memilih untuk menjalani pengobatan pada saat itu. Terkadang kista ginjal yang tidak menimbulkan gejala hilang dengan sendirinya.

Perawatan untuk kista ginjal yang menyebabkan tanda dan gejala

Jika kista ginjal menyebabkan tanda dan gejala, dokter spesialis nefrologi (ginjal) dapat merekomendasikan beberapa teknik pengobatan diantaranya :

  • Sclerotherapy . Jika kista ginjal menimbulkan gejala, dokter akan merekomendasikan penderitanya untuk menjalani Sclerotherapy . Pada prosedur ini, dokter akan akan memasukkan jarum panjang dan tipis melalui kulit Anda dan melalui dinding kista ginjal untuk mengeluarkan cairan dari dalam kista. Selanjutnya, dokter akan mengisi kista dengan larutan alkohol untuk mencegahnya terbentuk kembali
  • Pembedahan atau operasi. Jika kista ginjal berukuran besar, dokter akan merekomendasikan penderitanya untuk menjalani pembedahan atau operasi. Untuk mengakses kista, dokter spesialis urologi akan membuat beberapa sayatan kecil di kulit Anda untuk mengalirkan/mengeluarkan cairan dari dalam kista. Kemudian, dinding kista yang terdapat di dalam dinding ginjal akan dipotong atau dibakar.

Berapa Biaya Pengobatan Kista Ginjal Di Malaysia ?

Dikarenakan kondisi medis pasien yang berbeda-beda , silahkan menghubungi kami disini untuk cek biaya pengobatan kista ginjal di Malaysia berdasarkan hasil medis ter-update Anda.

Anda juga bisa menggunakan layanan telekonsultasi berbayar berbasis video call dengan dokter spesialis terbaik Malaysia untuk mendapatkan saranan terbaik berdasarkan kondisi medis Anda.

perwakilan rumah sakit mahkota medical centre malaysia di surabaya

Layanan Kami

MahkotaRegency.ID merupakan Website Resmi Kantor Perwakilan Rumah Sakit Mahkota Medical Centre & Regency Specialist Hospital di Indonesia.

Berikut Adalah Layanan yang Dapat Kami Berikan:

  1. Informasi lengkap tentang Rumah Sakit
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis & Jadwal Dokter
  3. Informasi Estimasi Biaya untuk berbagai tindakan medis
  4. Pengurusan temu janji (Appointment)
  5. Pengurusan akomodasi & transportasi
  6. Pengurusan klaim (Medical Record, Keperluan asuransi, dll)
  7. Telekonsultasi dengan Dokter Spesialis Terbaik Malaysia
  8. Pemesanan Obat di Farmasi Rumah Sakit Malaysia
  9. Evakuasi Medis
  10. Pengaturan dan pemesan transportasi selama situasi Covid-19 sepert jet charter, air ambulance, dan ferry charter
  11. Pengurusan ijin MHTC

Info Lebih Lanjut:

Perwakilan Resmi (ARO) Rumah Sakit Malaysia
Alamat : JL. Baratajaya XIX No.31C, Gubeng, Kota Surabaya
24 hours Call Centre : 0838-3002-8050
E-mail : mmcsurabayaoffice@gmail.com 

Website: www.mahkotaregency.id

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest

Leave a comment

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan